Liburan Nggak Selalu Harus Mahal. 8 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Hemat

11 April 2018
|Mega Fitriyani
237SHARES

Liburan yang menyenangkan bikin kantong jebol? Nggak lagi, dong. Ada tips dan trik yang bisa bikin kamu liburan dengan harga miring. Liburan tetap asyik, tapi tabungan tetap terjaga. Yuk, simak tipsnya.

1. Menginap di hostel atau rumah

Kamu bisa mendapatkan harga murah dengan menginap di hostel. Hostel adalah hotel yang budget-oriented banget. Kamu bisa mendapatkan harga super murah dengan menginap di hostel karena satu kamar memang ditempati oleh beberapa orang, dan sistemnya berbagi kamar mandi. Kalau kurang nyaman dengan hostel, mengapa tidak coba tukar rumah? Ada beberapa situs yang menyediakan jasa tukar rumah antarwisatawan. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan penginapan secara gratis.

2. Menggunakan strategi untuk mendapatkan tiket murah

Tiket pesawat atau kereta api biasanya memiliki diskon khusus. Misalnya, kereta api memberikan diskon khusus weekdays holiday, untuk keberangkatan tiap hari Selasa dan Rabu. Sementara, harga pesawat biasanya lebih murah pada hari Selasa. Jika ingin membeli tiket pesawat untuk dua orang atau lebih, sebaiknya pesan secara terpisah. Jika pesan bersama-sama, pembeli akan diarahkan untuk membeli tempat duduk berderet, dan hal tersebut kadang membuat tiket lebih mahal.

3. Kunjungi destinasi wisata yang memiliki promo

Destinasi wisata baru biasanya memberikan diskon khusus bagi pengunjungnya. Selain itu, promo juga biasanya diberikan pada saat menyambut hari tertentu, misalnya pada hari Kartini, banyak tempat wisata yang memberikan diskon khusus perempuan. Jangan sungkan-sungkan untuk mencari voucher di website-website rekanan untuk mendapatkan harga masuk destinasi wisata yang lebih murah.

4. Cobalah makan di pinggiran jalan, jangan ke restoran terus

Membeli makanan di restoran biasanya bakal membuatmu merogoh kocek lebih dalam. Nggak ada salahnya kan, makan di pedagang kaki lima atau pinggiran jalan? Makanannya nggak kalah enak, kok. Kamu hanya perlu selektif, mencari lokasi makan yang higienis dan memiliki harga murah.
5. Biasakan untuk melihat harga di daftar menu
Tempat makannya sih biasa aja, tapi harganya selangit? Pernah menemukan yang seperti itu? Nah, hati-hati. Terkadang, ada pedagang nakal yang sengaja menyembunyikan harga makanannya sehingga ia bisa menaikkan harga makanannya secara bebas. Jika pedagang nggak mencantumkan harga, nggak ada salahnya, kok, untuk menanyakan harga.
6. Ikut loyalty program
Jika kamu biasa traveling atau sering jalan-jalan, kamu bisa pesan tiket maupun penginapan di satu website yang kamu percaya. Biasanya website-website itu memiliki program loyalty program seperti diskon yang pastinya bakal menghemat biaya jalan-jalanmu.

7. Gunakan diskon kartu kredit

Biasanya, kartu kredit memberikan diskon khusus bagi para penggunanya. Pakailah kartu kredit yang sering memberikan diskon perjalanan

8. Gunakan paket penerbangan dan penginapan sekaligus

Cara ini bisa membuatmu mendapatkan fasilitas penerbangan dan penginapan jauh lebih murah daripada membeli satu-satu. Saat ini, ada banyak vendor yang menyediakan paket ini.

Nah, ada banyak tips untuk mendapatkan liburan yang murah, kan? Pada intinya, jangan bosan-bosan untuk mencari informasi, dan membandingkan berbagai pilihan perjalanan. Kamu bisa sering-sering mengunjungi website, agen perjalanan, untuk mendapatkan diskon khusus.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
237SHARES