Liburan Nggak Nginap di Hotel? Siapkan 7 Hal Ini Biar Tidurmu Tetap Nyenyak!

12 November 2017
|Olphi Disya
Travel
0SHARES

Ada banyak pilihan menginap saat liburan. Kalau kamu memilih akomodasi yang aman, nyaman, dan privasi terjaga, kamu bisa memilih hotel. Tapi kalau kamu mau liburan dengan cara kemah yang nggak mungkin di hotel atau lagi meminimalisir budget dengan memilih menginap di homestay rame-rame dengan temanmu, kamu harus persiapan ekstra. Terutama perihal tidur, karena mungkin nggak akan senyaman di hotel, kamu harus siapkan hal-hal berikut ini biar tidurmu tetap nyenyak.

1. Sleeping bag

Bagi kamu yang akan kemah di alam bebas, kamu wajib banget nih bawa sleeping bag. Pilih sleeping bag yang ukurannya pas untukmu dan dengan bahan yang nggak begitu panas. Beberapa sleeping bag memiliki fitur anti air sehingga kamu nggak perlu khawatir kalau saat tidur pas lagi kemah akan kehujanan. Pilih juga yang ada bantalannya sehingga kamu bisa tidur dengan nyaman dan tetap merasa empuk.

2. Bantal leher

Perjalanan yang jauh dengan kendaraan seperti mobil, bus, kereta, kapal, atau pesawat bikin tidurmu jadi nggak separipurna ketika tidur di kasur. Apalagi kalau kamu dituntut untuk tidur dengan cara duduk, pasti pegal banget kan? Kamu harus bekal bantal leher agar lehermu nggak pegal saat tidur dengan posisi duduk. Setidaknya kepalamu pun aman dari kejedot teman di sebelahmu. Jadi, untuk perjalanan yang butuh waktu semalaman, jangan lupa bantal lehernya!

3. Alas tidur

Kalau kamu tidurnya nggak di kasur alias harus di lantai atau di tenda saat kemah, kamu juga harus siapkan alas tidur. Sebenarnya kalau kamu menginap di homestay yang kasurnya nggak begitu bersih pun kamu bisa gunakan alas tidur biar kamu nggak gampang diserang kutu kasur. Pilih yang bahannya agak tebal namun mudah digulung. Serta pilih juga bahan yang anti air dan mudah kering. Alas tidur ini juga bisa kamu gunakan untuk alas duduk di pantai!

4. Kain Bali

Gimana dengan selimut ketika tidur di penginapan non hotel? Nggak mungkin dong kamu bawa-bawa selimut di rumah yang tebal seperti bed cover? Jadi, sediakan kain yang nyaman dijadikan pelindung saat tidur. Misalnya kain Bali atau kain yang bahannya adem tapi nggak terlalu tipis juga. Kain Bali juga bisa digunakan untuk membersihkan kasur, dijadikan selimut atau syal kalau kedinginan. Lagipula kain semacam ini akan lebih cepat kering ketika dijemur.

5. Sleeping eye cover

Untuk kamu golongan orang yang nggak bisa tidur kalau nggak dalam kondisi gelap, kamu harus bawa sleeping eye cover atau penutup mata ketika tidur. Eye cover ini juga akan membantumu untuk lebih rileks saat tidur dan mengurangi efek mata lelah. Pilih eye cover yang di dalamnya terdapat air agar matamu serasa dipijat dengan lembut. Atau juga bisa bekal eye cover dari bahan kain yang halus agar matamu tetap dimanjakan.

6. Headset

Susah tidur karena berisik? Jangan lupa untuk selalu bawa headset untuk meminimalisir gangguan polusi suara yang ada di sekitarmu. Biar makin cihuy, siapkan playlist terbaik untuk pengantar tidurmu. Headset juga bisa dijadikan alat untuk menghindari serangga masuk ke lubang telingamu. Tapi, jangan terus-terusan menyalakan lagu semalaman hingga kamu bangun besok pagi karena akan mengganggu kesehatan telingamu.

7. Losion anti nyamuk

Nah, kalau yang ini nggak boleh ketinggalan, nih. Di manapun kamu menginap, apalagi kalau bukan di hotel, kamu harus selalu sedia losion anti nyamuk. Nyamuk atau serangga nakal yang ada di sekitarmu bakalan jadi pengganggu tidur nomor satu. Pilih losion anti nyamuk yang juga bisa melembabkan kulit dan nggak terdapat efek panas setelah dipakai. Nggak mau kan kalau bangun pagi langsung bentol-bentol?

Jadi bagi kamu yang akan liburan tapi nggak menginap di hotel, jangan lupa siapkan hal-hal tadi ya. Biar tidurmu tetap nyenyak dan siap lanjut liburan lagi, deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES