Liburan ke Tempat yang Berpotensi Bencana? Ikuti 7 Tips Cermat Ini, Biar Selamat!

22 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Akhir-akhir ini, publik ramai memperbincangkan tentang Gunung Agung yang masih berstatus awas. Katanya, pengunjung wisata Bali terutama di sekitar wilayah Karangasem jadi menurun akibat aktivitas gunung berapi tersebut. Tapi bagi kamu yang memang berencana liburan ke tempat-tempat yang berpotensi bencana, harus tahu dulu nih tips dan trik sebelum berangkat agar selamat. Kuy, kepoin!

1. Pastikan semua rencana dan jadwal liburanmu

Sebenarnya mau liburan ke manapun kamu harus menyusun rencana sedetil mungkin, mulai dari menginap di mana, transportasi apa aja yang digunakan, sampai tempat wisata mana aja yang akan kamu kunjungi. Dengan menuliskan secara detil serta memastikan semua aman terkendali, kamu bisa lebih mudah mencari bala bantuan terdekat, misalnya kantor polisi atau rumah sakit di sekitar tempat liburanmu. Jadi penting banget nih bikin itinerary yang lengkap!

2. Mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan

Kayaknya, nggak penting banget ya punya asuransi perjalanan? But hey, kalau akan mendatangi tempat yang berpotensi bencana, kamu wajib punya asuransi perjalanan untuk melindungimu, kalau-kalau terjadi apa-apa. Pastikan asuransi perjalananmu sesuai dengan yang kamu butuhkan, terutama mengenai biaya perawatan kesehatan. Misalnya kalau kamu harus dirawat di rumah sakit atau mengalami kecelakaan, asuransi perjalanan bisa kamu klaim.

3. Selalu update dengan kondisi wilayah liburanmu

Jika kamu udah tahu kalau kondisi liburanmu berpotensi bencana, kamu nggak boleh cuek begitu aja. Kamu harus selalu update dengan kondisi wilayah di tempat-tempat yang akan kamu tinggali atau kunjungi. Kamu bisa memantau melalui informasi setempat atau di internet. Apalagi kalau sampai ada travel warning di wilayah tersebut, kamu harus patuhi dan pantau terus. Jangan keasyikan liburan kamu jadi lupa bahwa kamu lagi dibayang-bayangi bencana.

4. Ketahui gimana cara keluar dari tempat tersebut

Kamu juga harus memikirkan cara tercepat dan aman untuk meninggal tempat tersebut jikalau bencana sedang kejadian. Misalnya kamu ke Bali, dan cara paling umum menuju dan keluar dari Bali adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Tapi kamu harus pikirkan cara lain untuk melarikan diri dari bencana, misalnya dengan naik kapal menuju pulau Jawa di sebelah barat atau menuju Pulau Lombok di Timur. Ketahui juga jadwal keberangkatan pesawat setiap harinya, agar kamu lebih mudah menyelamatkan diri ketika ada bencana.

5. Kirimkan jadwal perjalananmu pada orang terdekat

Selain membuat jadwal yang pasti, kamu juga harus mengirimkan jadwal perjalananmu pada orang terdekat dan selalu memberikan kabar tiap harinya. Ini agar kamu lebih mudah dilacak dan diketahui keberadaannya. Back-up juga data-data dan dokumen pentingmu ke Google Drive atau Drop Box yang bisa diakses oleh keluargamu. Misalnya paspor, data asuransi, nomor telepon penginapan, hingga nomor booking pesawat.

6. Selalu menghemat baterai alat komunikasi

Memang nggak ada yang tahu kapan terjadinya bencana. Maka dari itu, sebaiknya kamu menghemat baterai handphone. Yang paling umum sih menyediakan powerbank saat traveling. Pastikan juga handphone-mu berisi pulsa yang cukup. Ini dimaksudkan agar ketika terjadi bencana kamu masih bisa menghubungi dan dihubungi. Dengan baterai handphone yang cukup, kamu juga bisa mencari bantuan atau survival tips.

7. Sediakan uang tunai kalau-kalau terdesak

Di zaman modern yang apa-apa serba virtual, tak ayal banyak yang menyepelekan uang tunai. Nah, ketika kamu liburan ke daerah yang berpotensi bencana, kamu wajib menyediakan uang tunai di dompetmu. Nggak perlu banyak-banyak, setidaknya 10-25% dari budget liburanmu. Uang tunai ini akan berguna banget kalau kamu harus cepat-cepat nyegat taksi atau membeli tiket pesawat dadakan. Biar aman, selalu sediakan di dompet dan saku celana ya!

Nggak perlu ciut duluan sebelum liburan, kamu hanya perlu paham tentang kondisi daerahnya dan selalu siap kalau harus pulang mendadak untuk menyelamatkan diri saat bencana benar-benar terjadi. Stay safe and sound!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES