Liburan di Bali Saat Nyepi? Tenang 8 Tips Ini Bakal Menolong Kamu Kok

09 Maret 2018
|Ojik
168SHARES

Bali atau Pulau Dewata termasuk salah satu destinasi wisata favorit bagi masyrakat Indonesia bahkan mancanegara. Selain dengan pantainya, Bali juga dikenal dengan adat dan budaya dan hal unik lainnya. Jadi jika ada kota yang mungkin hanya terkenal dengan pantai atau gunungnya saja, di Bali kamu bisa mendapatkan semuanya. Terlebih hal ini juga didukung dengan fasilitas yang lengkap dengan akses yang nyaman, inilah yang kemudian membuat Bali menjadi destinasi favorit untuk liburan.

Lalu bagaimana ketika Hari Raya Nyepi? Hari raya umat Hindu ini membuat semua aktivitas di Bali harus diberhentikan terlebih dahulu, termasuk pelayanan umum seperti Bandara dan lainnya. Tapi khusus untuk rumah sakit aktivitas masih dilakukan seperti biasa.

Lantas jika tidak ada aktivitas untuk apa kita ke Bali? Mungkin sebagian orang akan bertanya seperti itu. Tenang, Bali selalu menggoda untuk dikunjungi termasuk saat upacara Nyepi. Pada saat Nyepi, kamu bisa merasakan syahdunya Pulau Dewata ini tanpa aktivitas tidak seperti biasanya yang penuh dengan hiruk pikuk.

Nah buat kamu yang ingin ke Bali, atau sudah terjebak di Bali saat Nyepi, 8 tips ini akan menolong kamu kok.

1. Jangan berangkat saat H-1 Nyepi

Seperti yang dijelaskan diatas, saat Nyepi semua aktivitas pelayanan umum kecuali rumah sakit akan menghentikan aktivitasnya, pun ini kemudian berlaku untuk bandara. Jika kamu berangkat H-1 menuju Bali, sudah dipastikan semua orang akan sibuk mempersiapkan Hari Raya Nyepi ini. Jalan-jalan akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh. Daripada kamu terjebak di Bandara, dan harus jalan kaki karena jalan ditutup lebih baik kamu datang jauh-jauh hari sebelum Nyepi.

2. Bawa obat-obatan

Ini ngga kalah penting, buat kamu yang punya sakit kamu harus siapkan obat-obatan kamu sendiri. Karena selama upacara Nyepi, seluruh apotik akan tutup. Walaupun rumah sakit tetap buka 24 jam, namun tetap saja akses kamu untuk mendapatkan obat-obatan akan susah. Belum lagi cara untuk sampai ke rumah sakit, belum tentu mudah juga karena tak ada transportasi yang beroperasi. Untuk itu, selain menjaga kesehatan kamu harus tetap membawa obat-obatan kamu pribadi ya.

3. Sediakan makanan ringan dan minuman

Untuk kamu yang suka ngemil makanan ringan, kamu harus siapkan banyak makanan ringan sebelum upacara adat Nyepi dimulai. Minimarket di Bali sendiri akan buka sampai dengan jam 22.00 WITA sebelum Nyepi dimulai. Nah, biar kamu nggak bingung, lebih baik kamu siapakan makanan ringan dan minuman sebelumnya, jadi kamu bisa nyantai di kamar deh.

4. Membawa perlengkapan renang, dan sediakan buku atau atau laptop

Selama Nyepi fasilitas hotel seperti kolam renang masih bisa digunakan kok, ya walaupun cuma sampai sore. Jadi kamu bisa menghabiskan hari dengan berenang, atau sambil baca-baca buku dan mainan laptop deh.

5. Bertanya pada pihak hotel.

Ini sih penting, ibarat pepatah lebih baik bertanya dari pada sesat di jalan. Khusus Nyepi kamu wajib nanya ke pihak hotel tentang pelayanan mereka selama Nyepi. Jangan sampai nih pas kamu kesana pihak hotel tidak menyediakan layanan selama Nyepi, bisa sia-sia deh liburan kamu.

6. Sediakan uang tunai sebelum hari Nyepi

Sebelum Nyepi mesin ATM akan dimatikan pada pukul 18:00 WITA. Daripada kamu kehabisan uang dan nggak bisa beli makan atau jajan, lebih baik kamu siapkan dulu uang yang akan kamu gunakan.

7. Coba keluar kamar hotel saat malam hari

Pada saat Nyepi Bali akan terkesan gelap karena penerangan akan dimatikan. Bali yang baisanya penuh dengan kerlap-kerlip lampu, hanya akan disinari oleh sinar bintang dan cahaya bulan. Langit Bali yang biasanya terkena polusi cahaya akan jadi sangat cerah, momen ini sangat pas untuk kamu nikmati.

8. Jangan bikin gaduh di hotel

Karena Nyepi adalah tentang perenungan dan butuh kesunyian, kamu wajib menjaga tingkah laku. Jangan sampai gara-gara kamu, ibadah umat Hindu terganggu dan kamu ditegur oleh petugas hotel, atau pecalang.

Inilah tips-tips yang harus kamu perhatikan atau dapat kamu terapkan ketika ingin liburan atau sedang terjebak liburan ketika Nyepi di Bali. Selain kamu yang ingin liburan, jangan lupa untuk menjaga ketertiban untuk ibadah orang lain ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
168SHARES