Ketahui Dulu Bedanya England, Great Britain, dan United Kingdom Sebelum Traveling ke Inggris

31 Juli 2017
|Olphi Disya
4SHARES

Kamu pasti tahu ada sebuah negara bernama Inggris. Tapi, ada juga istilah Inggris Raya (Great Britain), Negara Inggris (England), dan juga Kerajaan Inggris (United Kingdom) yang sering bikin bingung. Banyak orang yang mengira bahwa ketiga nama wilayah tersebut adalah satu, yaitu Inggris. Padahal, ketika tiga nama wilayah itu berbeda, maka lokasi wilayahnya pun akan ikut berbeda. Nah, sebelum traveling ke sana dan biar kamu nggak kebingungan, yuk kenali dulu istilah nama wilayah di Kepulauan Inggris berikut ini biar nggak malu-maluin. 

Peta di atas menunjukkan perbedaan antara Kepulauan Inggris, Great Britain, England, dan United Kingdom. Kepulauan Inggris (British Isle) merupakan sebutan untuk wilayah kepulauan yang terletak di sebelah barat laut benua Eropa. Namun, Republik Irlandia yang termasuk di dalamnya nggak menyebutnya demikian. Mereka menyebutnya sebagai Kepulauan Inggris-Irlandia atau menyebutnya hanya sebagai "pulau-pulau ini" (“these islands”). Apa pun namanya, kepulauan tersebut terdiri atas pulau-pulau di Inggris Raya, Irlandia, dan lebih dari enam ribu pulau kecil (termasuk Bailiwicks of Jersey dan Guernsey, serta Isle of Man). Secara total, area ini mencakup 315.159 kilometer persegi dan secara kolektif memiliki populasi lebih dari 67 juta orang.

Inggris Raya (Great Britain):

Sebenarnya, Inggris Raya merupakan sebuah negara yang terdiri atas beberapa negara bagian. Daratannya merupakan pulau terbesar dari dua pulau utama di Kepulauan Inggris yang mencakup 73% dari luas daratan (229.848 km persegi) dan 90% dari total populasi (60,8 juta). Inggris Raya terbagi menjadi tiga negara yang semuanya merupakan bagian dari Kerajaan Inggris (United Kingdom).

1. England (Negara Inggris) yang beribu kota di London adalah negara bagian terbesar di Inggris yang menyumbang 57% dari luas wilayah dan 86% populasi (53 juta).

2. Negara Skotlandia adalah negara bagian terbesar kedua di Inggris yang menyumbang 34% dari luas wilayah dan 9% populasi (5,3 juta)

3. Negara Wales adalah negara bagian terkecil di Inggris yang menyumbang 9% dari luas wilayah dan 5% dari populasi (3 juta)

Irlandia:

Merupakan daratan yang lebih kecil dari kedua pulau besar di British Isle tersebut yang mencakup 27% dari luas daratan (84.421 km2), namun populasinya hanya di bawah 10% dari total populasi (6,4 juta). Terbagi menjadi dua negara berdaulat, yaitu Republik Irlandia dan Irlandia Utara yang merupakan satu dari empat negara di Inggris.

1. Republik Irlandia adalah negara yang menyumbang 83% dari wilayah Irlandia dan 72% dari populasi (4,6 juta).

2. Irlandia Utara adalah negara yang hanya sebesar 17% dari luas area dan 28% dari populasi (1,8 juta) Pulau Irlandia.

Kerajaan Inggris (United Kingdom):

United Kingdom adalah sebutan untuk negara berdaulat yang sepenuhnya independen yang terdiri atas tiga negara di Inggris Raya dan Irlandia Utara. Makanya, nggak heran kalau dinamakan Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). 

Jadi, sebenarnya sih kamu bisa melihat pada diagram venn di atas di mana ada perbedaan penyebutan tiap wilayahnya. Memang agak memusingkan sih, tapi kalau mau coba dipahami pasti bisa, kok! Jadi, nggak perlu bingung-bingung lagi ya kalau ditanya mau liburan ke Inggris, ke bagian Inggris mananya dulu nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
4SHARES