Keren, Inilah 6 Gunung dengan Jalur Pendakian Padang Sabana di Indonesia

phinemo.com

Mendaki adalah sebuah tren yang sangat menjamur dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari yang muda hingga yang tua melakukan kegiatan yang satu ini. Ada yang memang sudah menjadi hobi sejak dulu, ada pula yang baru pertama kali melakukannya. Namun, di balik itu semua, kegiatan hiking memang asyik untuk dilakukan karena kita bisa melihat keindangan alam Indonesia secara jelas melalui mata kepala kita sendiri. Selain itu, gunung yang umumnya hanya terdiri atas pepohonan nyatanya memiliki kekayaan yang lebih dari itu.

Hal tersebut dapat kamu rasakan ketika proses pendakian. Pada saat itu, kamu akan mendapati berbagai jalur yang isinya gak melulu dengan pohon, tetapi juga pemandangan lainnya seperti padang rumput misalnya. Nah, berkaitan dengan itu, YuKepo akan ngasih tau nih jalur pendakian gunung mana aja yang punya padang rumput atau sabana yang keren di Indonesia. Penasaran? Yuk, kita kepoin!

1. Jalur Lawang Gunung Arjuno

www.yukpiknik.com

Untuk mencapai puncak, ada beberapa jalur yang dapat ditempuh oleh para pendaki. Salah satunya adalah jalur Lawang. Di jalur ini, kamu bisa mendapatkan pemandangan sabana dari Gunung Arjuno yang keren abis. Setelah melewati pos 2, kamu akan menemui pertigaan. Dua belokan ini sebetulnya sama-sama menuju ke puncak Arjuna. Hanya saja jika kamu memilih belokan ke kanan, kamu akan lebih cepat sampai ke pos 3. Tapi, ya kondisi jalannya lebih curam, terjal, dan menanjak.

Nah, kalau kamu ambil jalur kiri, kamu meman akan lebih lama sampainya. Tapi, kamu bakalan mendapatkan pemandangan yang keren abis karena kamu akan melihat pemandangan sabana yang cantiknya sungguh luar biasa.

2. Jalur Candi Cetho Gunung Lawu

ryancrb.blogspot.co.id

Nggak banyak orang yang tahu jika Gunung Lawu memiliki padang sabana yang keren. Untuk dapat mencapai tempat ini, kamu harus melalui jalur Candi Cetho ketika mendaki Gunung Lawu. Padang sabana ini akan kamu temui dalam perjalanan dari pos 5 menuju Pasar Dieng.

Padang sabana yang terdapat di Gunung Lawu ini dinamakan Bulak Peperangan. Mitosnya, padang sabana ini dulu menjadi tempat peperangan antara Kerajaan Majapahit pimpinan Brawijaya V dengan Kerajaan Demak pimpinan Raden Patah. Kononnya, ketika kamu mendaki padang sabana ini, kamu akan mendengar suara semacam kayak ada yang lagi perang gitu.

3. Jalur Selo Gunung Merbabu

wisatalagi.blogspot.co.id

Sabana yang terdapat di Gunung Merbabu ini menjadi sabana tercantik di Indonesia pilihan para pendaki. Untuk mencapai tempat ini, kamu harus melalui Jalur Selo ketika mendaki Gunung Merbabu. Jalur ini juga dikenal sebagai jalur yang keren dan indah gitu, lho.

Ketika sampai di padang sabana, kamu pasti bakalan betah buat berlama-lama karena tepat di depan matamu, pemandangan indah dari Gunung Merbabu terlihat secara jelas. Karena itu, nggak heran jika banyak pendaki yang menggunakan jalur ini ketika mendaki Gunung Merbabu.

4. Jalur Baderan Gunung Argopuro

www.manusialembah.com

Gunung ini merupakan gunung yang memiliki jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa dan kedua di Indonesia setelah Gunung Leuseur. Bagaimana tidak jika jarak tempuhnya hampir mencapai 40 km. Meski demikian, ketika kamu memutuskan untuk mendaki Gunung Argopuro lewat Jalur Baderan, kamu akan mendapati pemandangan padang sabana Cikasur yang bisa sedikit mengobati rasa lelahmu.

Selain sabana Cikasur, kamu pun dapat menemukan berbagai sabana-sabana kecil lainnya di sepanjang jalur pendakian. Karena banyaknya sabana yang terdapat di sini, maka gak heran jika para pendaki menjuluki Jalur Baderan ini sebagai “The Hidden Paradise”. Nah, luasnya padang sabana yang ada konon berasal dari cerita masa lalu di mana tempat ini dulunya merupakan bekas lapangan terbang pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Bahkan tampaknya cerita tersebut benar adanya karena saat ini kamu masih dapat melihat sisa-sisa pondasi landasan dan bangunan di tempat ini, lho.

5. Jalur Sembalun Gunung Rinjani
alidesta.wordpress.com

Jalur Sembalun merupakan salah satu dari tiga jalur pendakian Gunung Rinjani. Di sepanjang jalur ini, kamu bisa mendapati pemandangan sabana yang keren abis. Jalur Sembalun ini sendiri merupakan pintu pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dari arah timur. Pemandangan sabana terbentang mulai dari 0 km hingga 6 km yang mendekati pos 3 dari jalur pendakian ini.

6. Jalur Pendakian Ranu Kumbolo – Kalimati Gunung Semeru
www.klikhotel.com

Keindahan alam Gunung Semeru sukses diperlihatkan kepada masyarakat Indonesia melalui film 5 CM. Nah, salah satu spot tercantik yang ada di gunung ini adalah Oro-Oro Ombo yang letaknya berada di antara jalur pendakian Ranu Kumbolo – Kalimati. Di sini, kamu akan mendapati pemandangan super keren dari padang sabana yang luasnya mencapai 100 hektare. Padang sabana ini didominasi oleh tumbuhan berjenis Verbena Brasiliensis yang perawakannya mirip dengan bunga lavender. Keren bangetlah pokoknya!

Itu dia enam jalur pendakian dengan padang sabana terkeren di Indonesia. Wah, melihat pemandangan ini, rasanya sangat ingin sekali untuk bisa berkunjung ke sana, ya! Kalau kamu sendiri, apakah udah pernah mengunjungi kelima padang sabana di atas ketika mendaki? Bagi-bagi cerita dong!

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Begini Penampakan Jembatan Kaca Toraja yang Habiskan Dana 4 Miliar Rupiah

Begini Penampakan Jembatan Kaca Toraja yang Habiskan Dana 4 Miliar Rupiah

Melihat Kengerian Perosotan dengan Ketinggian 14 Lantai yang Ada di Brazil

Melihat Kengerian Perosotan dengan Ketinggian 14 Lantai yang Ada di Brazil

Liburan Nggak Selalu Harus Mahal. 8 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Hemat

Liburan Nggak Selalu Harus Mahal. 8 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Hemat

10 Fakta Tentang Gunung Gede-Pangrango yang Belum Diketahui Banyak Orang

10 Fakta Tentang Gunung Gede-Pangrango yang Belum Diketahui Banyak Orang

Perbedaan antara Ramen dan Ramyeon yang Wajib Kamu Tahu

Perbedaan antara Ramen dan Ramyeon yang Wajib Kamu Tahu

Ingin Liburan Berfaedah? 8 Tempat Bersejarah di Aceh Ini Bisa Jadi Tujuan Utama

Ingin Liburan Berfaedah? 8 Tempat Bersejarah di Aceh Ini Bisa Jadi Tujuan Utama

loading