Kenapa Power Bank Tidak Diperbolehkan untuk Masuk ke Dalam Bagasi Kabin Pesawat?

malesbanget.com

Pesawat A321 ber-registrasi B22610 yang dioperasikan oleh maskapai V Air dengan nomor penerbangan ZV252 yang akan melakukan perjalanan dari Bandara Taipei Taoyuan menuju Bandara Tokyo Haneda mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Setelah terbang selama 30 menit, pesawat tersebut terdeteksi mengalami kebakaran. Para petugas pun langsung memadamkan api dengan cepat.

Ternyata, diketahui jika sumber dari percikan api berasal dari sebuah power bank yang berada di dalam bagasi kabin pesawat. Power bank yang terbakar itu langsung dibuang ke dalam ember berisi air. Akibat dari insiden tersebut, pesawat harus kembali ke Taipei. Para penumpang pun akhirnya dipindahkan oleh pihak maskapai ke pesawat lain karena bau bekas kebakaran yang masih cukup kuat.

www.gerryairways.com

Pasca-terjadinya peristiwa tersebut, seluruh awak pesawat pun menjalani proses investigasi. Kejadian ini merupakan yang pertama kalinya menimpa Taiwan. Setelah dilakukan investigasi, power bank yang terbakar merupakan produk Cina berisikan baterai lithium ion. Namun, masih tidak jelas apakah power bank tengah digunakan untuk mengisi barang elektronik lainnya atau tidak ketika kebakaran berlangsung.

Apakah membawa power bank di dalam kabin pesawat diperbolehkan?

International Civil Aviation Organization (ICAO) sendiri sudah mengeluarkan panduan peraturan yang melarang pengangkutan baterai-baterai lithium (baik lithium-ion maupun lithium polymer) sebagai kargo dalam pesawat penumpang.

law-justice.co

Untuk pengangkutan baterai-baterai lithium yang tidak terpasang pada alat (baterai cadangan) dalam bagasi tidak diperbolehkan. Namun, pengangkutan baterai-baterai lithium terpasang maupun cadangan dalam kabin pesawat diperbolehkan dengan batasan-batasan yang sesuai dengan kebijakan maskapai dan negara maskapai.

Alasan mengapa diperbolehkan di kabin pesawat adalah supaya kalau terbakar bisa ditangani langsung dan diamankan, seperti kejadian yang menimpa V Air FV252 di atas.

Indonesia sendiri telah memberikan aturan mengenai kategori dari power bank yang dapat dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Standard tersebut telah disesuaikan dengan aturan yang diberlakukan oleh International Air Transport Association (IATA).

"Powerbank yang mempunyai kapasitas di bawah 100Wh dapat dibawa dalam bagasi kabin, sedangkan kapasitas 100Wh--160Wh harus melalui persetujuan maskapai yang bersangkutan. Adapun, power bank dengan kapasitas lebih dari 160Wh sama sekali dilarang dalam penerbangan," kata Agus selaku Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan seperti yang dikutip dari industri.bisnis.com.

Bagaimana penanganan yang tepat jika sewaktu-waktu power bank yang dibawa terbakar?

Penanganan kebakaran baterai lithium berbeda dengan kebakaran biasanya. Untuk kebakaran biasa, metode yang digunakan adalah menghentikan sementara aliran oksigen ke api, baik dengan menggunakan fire extinguisher berisi air, CO?, maupun Halon. Namun, untuk kasus baterai lithium yang terbakar, hal itu tidak bisa dilakukan.

tandapagar.com

Pasalnya, baterai lithium yang terbakar sangatlah panas sehingga walaupun api padam ketika tidak ada suplai oksigen, api akan langsung menyala lagi ketika ada suplai oksigen pulih. Hal ini membuat penggunaan fire extinguisher biasa tidak akan ampuh. Inilah salah satu alasan kenapa baterai lithium tidak boleh dibawa sebagai kargo dalam pesawat penumpang.

Penanganan terbaik dalam kasus kebakaran baterai lithium adalah dengan menurunkan suhu pada baterai. Inilah kenapa pada kejadian FV252 di atas, baterai dicelupkan ke dalam ember berisi air yang tujuannya tidak lain untuk menghentikan suplai oksigen sekaligus mendinginkan baterai. Penggunakan fire extinguisher biasa hanyalah untuk mematikan api yang membakar barang-barang di sekitar baterai tersebut.

Jadi, seperti itulah alasan kenapa power bank tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam bagasi kabin pesawat. Meski memang tidak semua power bank dilarang, namun alangkah bijaknya jika kamu mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan demi keselamatan bersama.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ide Bisnis Travel Dan Ticketing Modern Fastravel

Ide Bisnis Travel Dan Ticketing Modern Fastravel

6 Negara Ini Aman Buat Cewek yang Suka Solo Traveling, Yuk Cobain!

6 Negara Ini Aman Buat Cewek yang Suka Solo Traveling, Yuk Cobain!

Tips Bawa Binatang Peliharaan Saat Traveling. Hewan Juga Kadang Butuh Piknik

Tips Bawa Binatang Peliharaan Saat Traveling. Hewan Juga Kadang Butuh Piknik

Menikmati Nuansa Horor yang Ada di Museum Dead Soul, Roma

Menikmati Nuansa Horor yang Ada di Museum Dead Soul, Roma

Nikmati Indahnya Pantai Bengkung di Malang Selatan. Nggak Sabar Berangkat Liburan

Nikmati Indahnya Pantai Bengkung di Malang Selatan. Nggak Sabar Berangkat Liburan

7 Negara yang Melarang Penggunaan Hijab di Tempat Umum, Muslim Traveler Harus Tahu

7 Negara yang Melarang Penggunaan Hijab di Tempat Umum, Muslim Traveler Harus Tahu

loading