Kamu yang Hobi Naik Gunung, Berani Taklukkan 7 Puncak Tertinggi Dunia Ini?

17 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Naik-naik ke puncak gunung

Tinggi, tinggi sekali

Kiri kanan kulihat saja

Banyak pohon cemara

 

Siapa yang waktu masih kecil suka menyanyikan lagu ini? Sekarang ketika sudah dewasa, jadi hobi mendaki gunung nggak nih? Kalau dulu aktivitas pendakian gunung hanya umum dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam organisasi pecinta alam, sekarang trennya sudah berubah. Sejak kemunculan film 5CM di Indonesia, berbondong-bondong anak muda mencoba menaklukkan puncak gunung dari Merapi sampai Rinjani. Bahkan ada yang lalu jadi hobi naik gunung. Katanya, sensasi saat berada di puncak nggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Kalaupun bisa, hanya satu kata: syahdu.

Perjuangan mendaki yang melelahkan terbayar lunas saat menjejakkan kaki di puncak. Makanya nggak heran kalau ketika musim liburan, jalur-jalur pendakian gunung akan ramai oleh para pendaki. Nah kamu yang hobi banget naik gunung, pasti punya target baru dong setiap kali berhasil menaklukkan satu puncak. Ingin menaklukkan puncak lain yang lebih tinggi atau dengan jalur pendakian lebih berat, misalnya. Mungkin kamu bisa mulai dengan melihat tujuh puncak tertinggi dunia ini.

1. Gunung Elbrus, Rusia

Gunung ini ada di barisan Pegunungan Kaukasus. Puncaknya ada di ketinggian 5.642 mdpl dan diselimuti salju. Gunung Elbrus ini termasuk dalam gunung berapi non-aktif. Jadi cukup aman ya untuk didaki. Di sana juga ada macam-macam jalur pendakian. Tingkat kesulitannya berbeda-beda dan bisa disesuaikan untuk kamu yang masih amatir ataupun sudah profesional. Kalaupun kamu nggak suka hiking, di sana ada cable car, semacam gondola yang bisa membawamu sampai ke puncak. Di salah satu puncak tertinggi dunia ini, kamu bisa belajar astronomi di observatorium. Seru banget ya!

2. Puncak Matterhorn, Zermatt, Swiss

Berada di ketinggian 4.478 mdpl, termasuk puncak tertinggi di Eropa. Puncak Matterhorn sangat terkenal untuk pecinta olahraga ski. Sayangnya di Indonesia nggak ada olahraga ini ya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok mendaki puncak ini dan menjajal olahraga musim dingin lainnya. Siapa tahu kamu sudah bosan dengan puncak gunung negara tropis, boleh dong cobain yang dingin-dingin salju begini.

3. Gunung Kilimanjaro, Tanzania

Jangan dikira Afrika hanya menawarkan wisata safari hutan saja. Ada banyak gunung dengan trek menantang untuk ditaklukkan, salah satunya Gunung Kilimanjaro yang puncaknya berada di ketinggian 5.895 mdpl. Kamu nggak harus jadi seorang pendaki profesional untuk mendaki Kilimanjaro. Yang penting, badanmu fit. Ada enam jalur pendakian dengan tingkat kesulitan berbeda-beda dan pemandangan yang bakal bikin kamu sering menahan napas sepanjang pendakian.

Serunya, kalau kamu mendaki Gunung Kilimanjaro kamu akan melewati zona-zona iklim berbeda sampai ke puncak dengan suhu sedingin kutub utara, tepatnya di Puncak Kibo. Tapi kayaknya kamu harus segera mempersiapkan diri nih kalau mau ke sana. Karena para ahli mengatakan bahwa gletser yang ada di puncak Gunung Kilimanjaro bisa lenyap dalam hitungan dekade karena pemanasan global.

4. The Drakensberg, Afrika Selatan

Membentang di dua negara: Lesotho dan Swaziland sepanjang 1.125 kilometer, Pegunungan Drakensberg memiliki beberapa puncak. Salah satu puncak tertinggi dunia di sana bernama Thabana Ntlenyana dengan ketinggian 3.482 mdpl. Jalurnya curam, penuh dengan tebing dan jurang dengan ketinggian dan kedalaman nggak main-main, ribuan meter. Elemen penyusun pegunungan ini sebagan besar adalah batu basalt dan sandstone. Kamu yang suka geografi pasti senang di sini bisa melihat bukti peristiwa patahan yang sangat nyata. 

5. Gunung McKinley, Alaska

Terletak di Taman Nasional Denali, negara bagian Alaska, Amerika Serikat, gunung ini memang sangat menantang dan hanya pendaki profesional yang diizinkan untuk naik sampai ke puncak. Puncak Gunung McKinley ada di ketinggian 6.194 mdpl. Puncaknya diselimuti salju abadi, kebayang keindahannya gimana kan? Nah yang unik dari gunung ini adalah namanya telah berganti beberapa kali. Awalnya disebut Gunung Denali, lalu diubah menjadi Densmore, lalu diubah lagi menjadi McKinley untuk menghormati Presiden Amerika pada tahun 1896, William McKinley. Oleh Obama, namanya diubah ke aslinya, Denali pada tahun 2015. Namun kini Trump mewacanakan untuk mengubahnya kembali ke McKinley. Hmm kasihan gunungnya krisis identitas.

6. Gunung Kinabalu, Malaysia

Terletak di area Taman Nasional Kinabalu yang juga ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia, Gunung Kinabalu adalah salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Tingginya 4.095 meter. Setiap tahun ada sekitar 40.000 pendaki yang dari seluruh dunia menjajal gunung ini. Waktu tempuh sampai ke puncak biasanya cukup dua hari saja. Dan untuk kamu yang masih merasa amatiran, nggak masalah. Jalur pendakiannya ramah kok. Siapkan badan yang sehat saja!

7. Puncak Jaya, Indonesia

Pasti udah pada tahu dong kalau yang satu ini. Yups, berada di wilayah Papua, Indonesia Timur, Puncak Jaya menjulang hingga ketinggian 4.884 meter. Tapi nggak sembarang orang boleh mendaki di sini. Kamu harus benar-benar berlatih mempersiapkan kekuatan fisik dan mental karena ketika mendaki bisa saja terjadi perubahan cuaca mendadak. Kamu bahkan harus punya izin dari pemerintah dan terdaftar di salah satu organisasi ekspedisi berpengalaman yang disediakan oleh agensi pariwisata yang ada di sana. 

Selain tujuh puncak tertinggi dunia yang telah disebutkan, tentu ada satu puncak tertinggi dunia yang nggak boleh terlewatkan buat kamu para pecinta gunung, yaitu Himalaya. Puncak tertinggi yang ada di Nepal ini memang impian banget, tapi nggak boleh sembarangan kalau mau mendaki ke sana. Pengalaman mendaki Himalaya sudah ditampilkan dalam film berjudul sama. Sebelum menaklukkan Himalaya, mana di antara tujuh puncak tadi yang ingin kamu taklukkan lebih dulu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES