Kamu Senang Mainan Air? Mampir Sini Aja Yuk ke Umbul Ponggok, Bunaken van Klaten!

06 Agustus 2017
|Robertus Ari
0SHARES

Sudah bukan rahasia lagi kalau Umbul Ponggok menjadi salah satu destinasi untuk berburu foto yang keren banget. Bahkan, di sini juga kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti berenang hingga diving.

Umbul Ponggok sendiri berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Tempat wisata ini dibuka setiap harinya dari pukul 07.00-16.00 WIB. Tiket masuknya juga terbilang murah, yakni hanya Rp 15.000 per orang dan jika kamu ingin memesan satu paket sekaligus (tiket masuk, snorkel, pelampung), maka kamu hanya akan dikenai biaya sebesar Rp. 30.000 per orang.

Lalu, bisa ngapain aja sih di Umbul Ponggok? Berikut berbagai spot foto dan kegiatan yang bisa kamu coba ketika liburan ke sana.

1. Berfoto dengan berbagai properti

Umbul Ponggok menyediakan berbagai properti sebagai teman berfoto kamu di bawah air. Properti tersebut di antaranya ada becak, motor, sepeda, jet sky, TV/ laptop, tenda, set love, ayunan, dan under water walker. Untuk dapat berfoto dengan menggunakan properti tersebut, kamu hanya akan dikenai biaya foto sebesar 30-150 ribu. Tentunya, hasilnya pun tak perlu diragukan lagi. Pasti fotomu bakal keren dan kece banget buat di-upload ke dalam Instagram kamu. Kali aja follower-mu bisa bertambah kan.

2. Meningkatkan skill berenang kamu

Bagi kamu yang gemar berenang, Umbol Ponggok menjadi tempat yang tepat untuk meningkatkan skill berenang kamu dengan kedalaman kolam yang kurang lebih mencapai 2-3 meter dan di beberapa titik bahkan ada yang lebih dalam lagi. Namun, tak perlu takut bagi kamu yang belum jago berenang. Di Umbol Ponggok telah disediakan pelampung dan di tengah kolam juga telah ditaruh batu besar untuk pijakan kamu atau sekadar mengambil nafas.

3. Tempat ideal untuk latihan diving

Seperti yang sudah disinggung di atas, kedalaman rata-rata Umbul Ponggok adalah sekitar 2-3 meter dan di beberapa titik, khususnya di bagian sebelah timur, ada yang lebih dalam lagi. Dengan kedalaman itu, sudah cukup ideal untuk kamu yang ingin belajar diving atau menyelam. Bahkan, kolam Umbul Ponggok sudah cukup sering dijadikan tujuan atau destinasi bagi mereka-mereka yang ingin belajar diving. Setidaknya dengan kedalaman yang ada, sudah cukup untuk belajar teknik-teknik dasar menyelam.

Untuk perlengkapannya juga tak usah khawatir. Kamu bisa menyewanya dengan harga Rp250 ribu, itu pun sudah termasuk dokumentasi, tabung oksigen, kaki katak, wet suit, googles, dan pebimbing.

4. Nikmati pemandangan bawah air dengan snorkeling

Snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang paling laris di Umbul Ponggok. Tak heran karena pemandangan di bawah kolam yang cukup indah dengan berbagai ikan dalam berbagai ukuran. Bahkan, ikan-ikan ini suka mendekati kamu ketika tengah ber-snorkeling ria. Untuk peralatannya sendiri juga sudah tersedia, kok. Kamu bisa menyewa kaca mata snorkeling hingga jaket pelampung di sana.

5. Berpose dalam kolam Umbul Ponggok

Jangan dikira gampang untuk berpose di dalam air. Cukup sulit untuk melakukan hal tersebut karena kamu harus bisa menyeimbangkan badan kamu dengan tenang. Tentu saja ini menjadi kegiatan lain yang seru untuk kamu lakukan di Umbul Ponggok. Meski kolam ini merupakan kolam buatan, tapi pemandangan bawah airnya sudah lebih dari kata cukup dan bahkan terlihat seperti natural. Banyak bebatuan yang mulai berlumut, serta dihiasi dengan berbagai jenis ikan yang membuat pemandangan bawah air tampak semakin indah.

6. Melakukan foto prewedding bawah air

Selain berbagai kegiatan tadi, Umbul Ponggok juga menyediakan paket foto prewed. Tentu ini bisa menjadi hal yang unik untuk kamu dan pasangan karena jarang sekali ada yang melakukan foto prewed di bawah air.

7. Narsis!

Yup, kalau kamu orang yang cukup narsis, Umbul Ponggok bisa menjadi spot selfie yang sangat oke. Kalau kamu ingin mengambil foto di bawah air dengan menggunakan kamera smartphone-mu, Umbul Ponggok juga menyediakan casing kamera underwater untuk melindungi kamera dari air.

Cukup banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Umbul Ponggok, Klaten. Jangan lupa juga untuk ikut menjaga kebersihan di sana sehingga tempat wisata ini nantinya akan selalu menarik bagi semua orang. Selamat bermain air!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES