Jenuh dengan Pekerjaan? Liburan dan Berburu Masakan Manado Aja Yuk!

29 September 2017
|Aiya Shara

Kesibukanmu dalam bekerja memang terkadang membuatmu jenuh, terlebih lagi kalau weekdays-mu dipenuhi dengan deadline pekerjaan yang beruntun. Kalau kamu sudah merasa sangat lelah dengan rutinitas kerjamu, bahkan terkadang merasa malas untuk berangkat ke kantor, hati-hati itu artinya kamu stres. Tapi jangan khawatir! Banyak cara untuk menghilangkan rasa stres, salah satunya adalah dengan berlibur. Ambil cuti dan tentukan destinasi untuk liburan.

Salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi adalah Manado. Selain keindahan Bunaken yang tidak bisa kamu tolak, kamu juga bisa berwisata kuliner di sana dengan masakan Manado yang khas. Kapan lagi memanjakan perut dengan makanan enak khas Manado sambil menikmati indahnya Manado? Berikut ini adalah 10 masakan khas Manado yang wajib mampir ke perutmu. Simak ya!

1. Menikmati kelezatan ikan dalam hidangan Cakalang Fufu & Woku

Makanan ini adalah salah satu yang dicari oleh para wisatawan. Cakalang fufu dan woku adalah masakan Manado yang berupa olahan ikan cakalang dengan bumbu khas Manado, yaitu woku dan dimasak denga cara diasap (fufu). Kamu harus mencobanya!

2. Mau merasakan bubur khas Manado? Tinutuan jawabannya!

Tinutuan atau bubur Manado ini adalah makanan khas Sulawesi Utara. Masakan Manado ini juga sangat diminati oleh para wisatawan, lho. Selain lezat, bubur ini juga sehat karena bahan-bahannya yang banyak mengandung sayuran. 

3. Kamu penggemar sambal? Wajib untuk merasakan sambal roa!

Kalau kamu salah satu yang doyan banget sama sambal, kamu harus coba sambal khas Manado yang satu ini. Sambal roa terbuat dari ikan roa yang dihancurkan dan dimasak bersama bumbu serta minyak. Sambal roa sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat. Cukup menggugah selera kan masakan Manado ini?

4. Kalau mau yang sedikit ekstrem, harus coba paniki

Hampir semua orang tahu masakan Manado satu ini, tapi belum tentu semua orang sudah pernah mencobanya. Nah, kalau kamu ke Manado, jangan sampai melewatkannya. Paniki! Masakan yang terbuat dari daging kelelawar besar ini sangat dicari dan diminati wisatawan mancanegara, lho. Yuk, serbu! 

5. Selain ikan cakalang, kamu juga bisa memburu woku belanga yang bakal bikin perutmu keroncongan!

Tidak usah diragukan lagi, Manado memang sangat pintar mengolah seafood menjadi makanan khasnya. Kamu juga harus coba woku belanga kalau kamu mengaku pecinta seafood. Woku belanga adalah ikan belanga yang cara masaknya di dalam wadah tanah liat sehingga memilik aroma khas tersendiri. Menarik, bukan?

6. Tidak Cuma sambal roa, kamu juga harus merasakan pedasnya sambal dabu-dabu!

Selain sambal roa, Manado juga punya sambal dabu-dabu yang menjadi sambal khas daerahnya. Sambal dabu-dabu ini terdiri dari cabai merah, cabai hijau, bawang merah, kemangi, tomat yang diiris tipis dan ditambah dengan garam. Semua bumbu lalu disiram dengan air jeruk nipis dan sedikit minyak goreng. Sambal ini selalu ada hampir di setiap rumah makan di Manado. Jadi, kamu tidak akan kesusahan untuk mendapatkannya. 

7. Kamu harus coba klappertaart khas Manado

Kalau mendengar klaapertaart mungkin terasa biasa saja, tapi beda dengan yang satu ini. Klaapertaart khas Manado ini pantas kamu coba. Campuran kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur ini jadi hidangan penutup buat masyarakat Manado. 

8. Pisang goreng sambal? Unik juga ya!

Cuma di Manado kamu makan pisang goreng dengan sambal. Makanya, kamu wajib untuk mencicipinya daripada kamu pulang dengan rasa penasaran.

9. Jangan berhenti di situ saja, masih ada panada yang jadi kue khas Manado

Tidak hanya klaapertaart, panada juga jadi salah satu camilan khas Manado. Bentuknya mirip kue pastel dan diisi dengan ikan laut cakalang dibumbu panpis. Sepertinya nikmat ya!

10. Kalau Jawa punya lemper, Manado punya lalampa

Lalampa bentuknya memang seperti lemper dan dibungkus dengan daun pisang. Namun bedanya, lalampa diisi dengan ikan cakalang dan cara masaknya dengan dibakar. Sangat nikmat buat camilan dengan teh atau kopi.

Banyak banget kan makanan khas Manado yang bisa menemanimu wisata kuliner? Tunggu apa lagi! Beristirahatlah sejenak dari kesibukan kerjamu, siapkan cutimu dan langsung berangkat untuk mencicipi berbagai masakan Manado yang lezat dan bikin goyang lidah!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Aiya Shara
Gak Punya Quote Nih!
SHARES