Instagramable Banget Nih. Destinasi Kampung Kekinian Bernuansa Pelangi di Kalimantan, Yuk Mampir!

03 Maret 2018
|Robertus Ari

Mungkin selama ini Kalimantan Tengah sangat identik dengan wisata Tanjung Puting yang merupakan habitat orangutan. Namun saat ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat sedang memiliki visi penting di sektor pariwisata sebagai leading perekonomian. Bahkan, kabupaten ini tak pernah berhenti menciptakan destinasi wisata baru yang bikin kita penasaran.

Salah satu yang lagi dikembangkan adalah Taman Agrowisata di Kumpai Batu Atas. Destinasi ini dibangun untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Sehingga, setelah atau sebelum datang ke Tanjung Puting, kamu bisa mampir dulu ke kawasan ini.

Tak berhenti di situ saja, Pemkab Kotawaringin Barat juga mempercantik Desa Pasir Panjang. Desa ini dijadikan pusat budaya Dayak asli. Saat kamu berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati berbagai produk dari budaya Dayak, seperti pemakaman Kaharingan sampai rumah adat Bentang. Namun ada yang paling menarik di kawasan ini, yakni Kampung Pelangi Sega.

Kampung Pelangi Sega ini adalah kampung tranisional yang berada di bantaran kali Pangkalan Bun. Ketika kamu berkunjung ke sini, kamu akan menikmati warna-warni rumah yang Instagramable banget. Ditambah lagi, hilir mudik sampan juga membuat suasana di sini makin ‘hidup’. Jadi kamu kalau pengen berburu foto keren, wajib deh kamu ambil gambar di lokasi ini.

Nama “Sega” juga berasal dari penduduk setempat yang berarti indah atau cantik. Ini adalah bahasa sehari-hari penduduk di Pangkalan Bun. Warna-warni mural juga menghiasi tembok-tembok rumah hingga jalan yang juga dicat warna cerah. Untuk desain muralnya menggunakan motif Dayak dan panorama di Kalimantan. Bahkan karena saking kreatifnya, ada pula gambar tokoh-tokoh superhero fiksi seperti Marvel, Superman, hingga Batman.

Dulunya Pangkalan Bun relatif sepi. Namun sejak dibuat Kampung Pelangi Sega, lokasi ini menjadi tujuan wisatawan dan anak-anak muda di sana untuk nongkrong sore. Apalagi kalau penggemar fotografi, sudah pasti banyak yang hunting foto di sini.

Kamu menikmati keindangan Kampung Pelangi juga bisa melalui sungai, lho. Kamu bisa menyewa getek (perahu bermesin kecil) untuk menyusuri sungai dengan biaya sebesar Rp 50 ribu dan untuk wisatawan manca Rp 100 ribu. Murah, bukan?

Sebelumnya, desa serupa juga terdapat di beberapa daerah seperti di Banyuwangi Semarang dan Malang. Untuk masalah akses ke sini juga gampang kok. Kamu bisa menempuh berbagi jenis perjalanan seperti darat, udara, maupun laut. Selain Kampung Pelangi Sega, nantinya di tengah Kotawaringin Barat juga akan dibangun destinasi kuliner yang mirip Malioboro, Yogyakarta. Duh, jadi nggak sabar seperti apa besuk jadinya. Kita tunggu saja, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES