Inilah Hewan-hewan Penguasa Kutub Utara yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sumber Gambar

Jika kita berbicara tentang kutub utara, mungkin pikiran kamu akan langsung tertuju pada kata “salju” ya kan? Jangan pernah lupa ya, kalau disana tetap ada kehidupan kok. Disana terdapat suku eskimo yang menjadi suku asli kutub utara, dan berbagai macam hewan yang memiliki habitat asli disana. Kira-kira apa saja ya hewan tersebut? Penasaran? Langsung kita lihat yuk!

1. Kelinci Arktik

juragancipir.com

Hewan yang kita kenal menggemaskan ini memiliki spesies khas di kutub utara lho. Jenis kelinci yang hanya bisa kamu temui di Kutub Utara Alaska, Kanada dan Greendland. Bulu kelinci arktik ini memiliki keunikan dimana akan bewujud warna putih ketika musim dingin dan dapat berkamuflase dengan salju, serta berubah menjadi warna cokelat keabu-abuan ketika musim panas. Meskipun hanya dapat ditemukan di Kutub Utara, tetapi jenis kelinci ini belum dikategorikan sebagi hewan hampir punah kok. Jadi kamu masih punya kesempatan tuh untuk ke Kutub Utara dan melihat langsung kelinci jenis ini.

2. Paus Beluga (Paus Putih)

nationalgeographic.co.id

Paus Beluga atau yang kita kenal Paus Putih (Delphinapterus leucas) ini merupakan jenis hewan yang hidup di laut Kutub Utara. Beluga yang merupakan salah satu dari 2 jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan Narwhal dikenal secara umum sebagai kenari laut karena ciri khas lengkingan tinggi yang suka dia timbulkan. Panjang paus ini bisa mencapai 5 meter dengan warna tubuh putih dan kepala berbentuk seperti buah melon.

3. Wolverine

thezt2roundtable.com

Jika saat mendengar kata Wolverine kamu langsung berpikir tentang seekor serigala ganas seperti yang kamu lihat dari gambaran film. Maka kamu salah, karena Wolverine merupakan anggota keluarga musang, yang lebih mirip dengan berang-berang sungai. Seperti yang ada di film, hewan ini juga memiliki cakar, tetapi bukan cakar yang seketika bisa keluar dan masuk seperti di film ya. Bahkan cakar hewan Wolverine ini lebih sering digunakan untuk menggali dan mendaki lho.

4. Lynx Kanada

id.pinterest.com

Lynx merupakan jenis kucing yang masih belum banyak dikenal. Kucing jenis ini memiliki kaki panjang dan cakar yang luas untuk membuat jalan agar lebih mudah melalui salju yang tebal. Makanan utama mereka adalah kelinci snowshoe, sepupu dari kelinci Arktik. 

Hewan ini sudah dikatakan punah di Colorado sejak tahun 1970-an. Meskipun makhluk ini berhasil diperkenalkan kembali di daerah tersebut, tetapi status hewan ini justru sudah dikatakan “terancam” di hampir 48 negara. 

5. Angsa Tundra

www.faunadanflora.com

Angsa Tundra melakukan migrasi ke Alaska setiap musim semi. Karena mereka membutuhkan tempat untuk membangun sangkar dan bertelur. Pada musim gugur, spesies ini kembali melakukan migrasi ke Timur Laut Amerika Serikat di sepanjang pantai Atlantik dari North Carolina sampai pada akhirnya ke Maryland. 

6. Red Fox

www.wildrepublic.com

Red fox adalah mamalia pada ordo karnivora. Di Britania Raya dan Irlandia, hewan ini lebih sering disebut rubah. Rubah ini memiliki habitat asli di Kanada, Alaska, Amerika Serikat, Eropa, Afrika Utara dan Asia termasuk Jepang. 

7. Beruang Kutub

kids.nationalgeographic.com

Polar Bear atau yang biasa kita kenal beruang kutub atau yang juga dalam nama ilmiahnya Ursus maritimus adalah mamalia besar yang masuk dalam keluarga biologi Ursidae. Hewan ini dikategorikan ke dalam spesies circumpolar yang terdapat di sekitar benua paling utara bumi, yaitu benua Artik dan termasuk beruang karnivora di antara keluarga beruang lainnya. Beruang jenis ini juga kadang diklasifikasikan sebagai mamalia laut.

8. Karibu (Caribou)

ceo.ca

Karibu juga dikenal sebagai rusa, dapat ditemukan di bagian utara dan selatan Alaska, Kanada, Rusia dan Greenland. Rusa jenis ini merupakan satu-satunya yang dimana si betina dan si jantan memiliki tanduk. 

9. Burung hantu salju (Snowy owl)

animals.nationalgeographic.com

Burung hantu salju adalah salah satu burung yang satu-satunya hidup di Kutub Utara sepanjang tahun tanpa melakukan migrasi. Ketika burung hantu ini dewasa, maka bulu yang ada di tubuhnya akan seutuhnya putih, tetapi jika masih bayi, maka tubuhnya lebih banyak berwarna abu-abu. 

10. Rubah Kutub (Arktik Fox)

id.aliexpress.com

Rubah jenis ini dapat kamu temui di ekosistem kutub yang berada di belahan bumi paling utara, bahkan di Islandia hewan ini merupakan hewan mamalia darat satu-satunya yang hidup disana. Spesies ini sangat dilindungi selama beberapa dekade, karena status terancam punah di habitatnya, termasuk di negara Skandinavia.

11. Greek Auk

en.wikipedia.org

Greek Auk merupakan spesies pinguin terbang besar yang pada akhirnya dinyatakan punah sejak pertengahan abad ke-19. Pinguin jenis ini merupakan satu-satunya spesies modern di genus Pinguinus. Bila tidak berkembang biak, hewan ini bisa menghabiskan waktu mereka untuk mencari makan di perairan Atlantik Utara, mulai selatan sejauh New England dan utara Spanyol melalui Kanada, Greenland, Islandia, Nrwegia, Irlandia dan Inggris. 

12. Atlantik Puffin

id.pinterest.com

Atlantik Puffin merupakan spesies burung laut dalam keluarga Auk. Spesies satu ini merupakan burung pelagis, dimana memiliki keahlian menyelam ke dalam air untuk mencari makanan. Sosoknya yang sedikit unik dengan warna-warni yang menghiasi tubunya serta bulu belang yang sangat mencolok, menjadikan burung menggemaskan satu ini mendapat julukan “badut laut” dan bahkan “Burung beo laut”. 

Itu dia beberapa hewan yang memiliki habitat asli di Kutub Utara. Mungkin sosoknya memang terbilang menggemaskan, tetapi jangan salah ya bahwa sisi liar hewan tetap tertanam dalam diri mereka. Jadi apa kamu makin tertarik untuk berkunjung ke Kutub Utara dan melihat langsung hewan-hewan di atas? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Remaja Bertato Nekat Cium Kambing Secara Live, Benarkah Dia Pemburu Bean atau Diamond Bigo ? - Keepodotme

Remaja Bertato Nekat Cium Kambing Secara Live, Benarkah Dia Pemburu Bean atau Diamond Bigo ? - Keepodotme

7 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Para Traveller Muda, Ayo Download

7 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Para Traveller Muda, Ayo Download

Dari ‘Mama-Papa’ sampai ‘Mumu-Bubu’, Panggilan Sayang Ternyata Bikin Hubungan Langgeng! - Keepodotme

Dari ‘Mama-Papa’ sampai ‘Mumu-Bubu’, Panggilan Sayang Ternyata Bikin Hubungan Langgeng! - Keepodotme

Inilah 8 Jembatan Paling Ekstrim di Dunia

Inilah 8 Jembatan Paling Ekstrim di Dunia

Luapkan Keluh Kesahmu dengan Pakai Statement T-Shirt - Keepodotme

Luapkan Keluh Kesahmu dengan Pakai Statement T-Shirt - Keepodotme

15 Tempat di Dunia Ini Memiliki Pemandangan Sunset yang Luar Biasa

15 Tempat di Dunia Ini Memiliki Pemandangan Sunset yang Luar Biasa

loading