Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkunjung ke Pulau Komodo Agar Tetap Aman

25 Juli 2017
|Olphi Disya

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang telah mendunia adalah Pulau Komodo. Sebuah pulau yang menjadi bagian dari gugus Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini menyimpan sejuta kekayaan alam yang memesona. Ciri khasnya tak lain dan tak bukan adalah habitat asli Komodo yang konon merupakan hewan purba yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Pelestarian hewan Komodo di habitat aslinya ini pun membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Tapi ternyata, kita nggak boleh sembarangan ke sana tanpa persiapan. Inilah yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke Pulau Komodo.

Beberapa bulan yang lalu, situs Taman Nasional Komodo dihebohkan dengan peristiwa komodo yang menggigit seorang wisatawan sekaligus fotografer asal Singapura, Loh Lee Aik, yang berusia 68 tahun. Tim pengelola situs pariwisata ini pun kemudian semakin gencar memperhatikan dan meningkatkan keamanan wisatawan yang berkunjung ke sana. Korban diberitakan digigit komodo di wilayah pegunungan yang tak jauh dari puskesmas setempat. Agar terhindar dari kejadian kayak gini, kamu harus memperhatikan kesiapan fisik dan mental kamu karena Pulau Komodo memang bukan destinasi wisata yang tepat bagi mereka yang cuek dengan peraturan.

Persiapan bisa dimulai dengan mencari agen travel yang terpercaya dan berpengalaman. Dengan agen travel yang tepat dan representatif, wisatawan bisa lebih aman dan diurus dengan orang-orang yang paham dengan lingkungan Pulau Komodo. Lalu, pihak pengelola juga memohon pada wisatawan agar mematuhi peraturan yang berlaku di kawasan tersebut serta selalu berdampingan dengan petugas dan mengikuti petunjuknya. Bagi kamu yang punya luka di tubuh atau yang lagi haid, harus terlebih dulu melapor ke petugas setempat.

Seperti yang kita tahu, komodo merupakan hewan buas pemakan daging. Komodo tak akan segan-segan mengejar dan menggigit manusia yang dianggap mengganggu kehidupannya di kawasan tersebut. Oleh karena itu, memang udah sewajarnya kita yang merupakan tamu menghormati dan menjaga sikap saat berwisata ke sana. Jika kondisi cuaca tak memungkinkan, seperti gelombang besar dan hujan badai, kita diharapkan untuk nggak memaksakan diri main ke sana. Traveling should be fun, kan?

Daya tarik Pulau Komodo yang indah wajib kita jaga dan lestarikan, termasuk hewan otentik asal Indonesia tersebut. Jangan sampai karena kecerobohan kita, generasi selanjutnya hanya melihat komodo dari buku-buku cerita karena telah punah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES