Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Tersesat di Gunung

02 Desember 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
2SHARES

Mendaki gunung adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh para pecinta alam. Kegiatan mendaki ini pada umumnya kegiatan yang bisa dilakukan sendirian maupun bersama teman. Karena keseruan yang terjadi, rasa lelah pun terkadang bisa hilang dengan sendirinya dan tiba-tiba udah sampai aja di puncak gunung yang tengah didaki.

Tapi, jika kamu memutuskan untuk pergi mendaki sendirian, nggak ada salahnya juga sih. Apalagi buat yang emang udah hafal luar-dalam tentang jalur pendakiannya. Nah, yang jadi masalah adalah ketika kamu ingin pergi mendaki sendirian, namun tidak terlalu hafal jalur pendakiannya sehingga kamu akhirnya tersesat di gunung. Wah, bisa berabe nih kalau udah kaya begini.

Tapi, jangan khawatir karena YuKepo bakalan ngasih tau nih tentang hal-hal yang harus kamu lakukan ketika tersesat di gunung yang dilansir dari laman phinemo.com. Cara ini bisa dilakukan, baik ketika kamu pergi mendaki sendirian maupun bareng temen-temen. Penasaran? Yuk, kepo!

2. Sit (duduk)

Ketika kamu merasa telah melalui jalur yang salah (tersesat), hal pertama yang harus kamu lakukan adalah beristirahat sejenak dan carilah posisi yang paling nyaman untuk duduk. Tenangkan pikiran serta jika ada tim yang kelaparan/kehausan, bisa juga diberi waktu untuk makan dan minum.

3. Thinking (berpikir)

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika tersesat adalah berusaha untuk dapat berpikir jernih. Ingat kembali apa yang menyebabkan kamu dan tim bisa tersesat, amati tanda-tanda alam serta hindari segala keegoisan yang bisa saja terjadi. Kamu nggak perlu pusing mikirin jalan keluaran sendirian. Ajak rekan setimmu untuk berdiskusi dan cari jalan keluarnya bersama-sama. 

4. Observe (mengamati)

Selama kamu dan teman-temanmu berdiskusi dan berpikir, kamu juga bisa sambil mengamati keadaaan sekitar. Selain itu, perhatikan juga kondisi dari teman-temanmu, jangan sampai memaksakan kehendak untuk terus melangkah ketika kondisi temanmu tidak memungkinkan. Periksa keadaan sekitar, cari bahan-bahan yang sekiranya dapat digunakan untuk bertahan hidup.

5. Planning (merencanakan)

Setelah ketiga hal di atas telah dilakukan, masuklah ke dalam tahap terakhir, yakni perencanaan. Atur perencanaan sematang mungkin agar tidak terjadi kesalahan ketika melanjutan perjalanan. Lakukan perjalanan menuju puncak gunung karena gunung memiliki bagian atas yang terus menyempit sehingga kemungkinan untuk menemukan jalur pendakian yang sebenarnya semakin besar. Selain itu, dengan kamu terus berjalan ke puncak, kemungkinan untuk dapat bertemu dengan pendaki lainnya akan semakin besar. 

Itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika tersesat saat mendaki maupun menuruni gunung. Memang alangkah baiknya jika kamu pergi mendaki dengan orang yang memang sudah khatam tentang jalur pendakiannya sehingga kemungkinan kamu akan tersesat di gunung pun akan semakin kecil.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
2SHARES