Inilah 10 Bandara Terbaik di Dunia, Gimana dengan Bandara di Indonesia?

10 Juli 2017
|Olphi Disya
649SHARES

The Skytrax World Airport Awards adalah penghargaan paling bergengsi yang dipilih oleh penumpang (Passenger Choice Award) dalam survei kepuasan pelanggan bandara tahunan yang diselenggarakan secara global dan besar-besaran. Penghargaan tahun 2017 ini didasarkan pada 13,82 juta kuesioner survei bandara yang dilakukan oleh 105 negara yang berbeda dari pelanggan penerbangan selama periode survei. Survei tersebut dilaksanakan dari Juli 2016 sampai Februari 2017 yang mencakup 550 bandara di seluruh dunia dan mengevaluasi berbagai layanan bandara dan indikator lainnya - mulai dari check-in, kedatangan, transfer, area belanja, keamanan, imigrasi, sampai keberangkatan di pintu gerbang. Berikut adalah sepuluh besar bandara terbaik di dunia tahun 2017.

1. Singapore Changi Airport

Bandara Changi Singapura menghubungkan penumpang ke lebih dari 200 tujuan di seluruh dunia dengan jumlah 5000 kedatangan dan keberangkatan tiap minggunya oleh 80 maskapai penerbangan internasional. Serangkaian fasilitas hiburan yang unik dan menarik juga turut memeriahkan Bandara Changi. Bandara ini memiliki dedikasi tinggi untuk memastikan kepuasan penumpang berada di tingkat maksimal.

2. Tokyo International Airport Haneda

Terdiri dari terminal domestik dan internasional, Bandara Internasional Tokyo Haneda memainkan peran yang sangat penting dalam melanjutkan pembangunan Jepang sebagai negara yang berorientasi pada pariwisata. Bandara ini juga dinobatkan sebagai bandara paling bersih nomor satu di dunia. Kayaknya bakal betah deh kalau harus transit berjam-jam di sini.

3. Incheon International Airport

Bandara Internasional Incheon adalah bandara terbesar di Korea Selatan, dan salah satu bandara tersibuk di dunia. Bandara ini merupakan mantan pemenang gelar Airport of the Year pada World Airport Awards. Selain menawarkan kemegahan, bandara yang terletak di pulau di luar ibu kota Korea Selatan ini juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan museum kebudayaan.

4. Munich Airport

Bandara Munich adalah bandara tersibuk kedua di Jerman dan pusat bagi maskapai Air Berlin, Lufthansa, dan Condor. Bandara Munich memiliki koneksi ke sebagian besar destinasi di seluruh dunia. Desain arsitektur megah yang diliputi dengan kaca transparan membuat bandara ini terlihat begitu modern. Di bagian lain bandara juga terdapat taman minigolf dan berbagai pesawat yang memiliki nilai historis dipajang di area bandara.

5. Hong Kong International Airport

Bandara Internasional Hong Kong melayani lebih dari 100 maskapai yang mengoperasikan penerbangan ke sekitar 180 lokasi di seluruh dunia, termasuk ke 44 destinasi di daratan Cina. Didirikan di sebuah pulau buatan di lepas pantai Hong Kong, bandara ini menjadi tempat yang paling populer sejak diresmikan pada tahun 1998. Kalau ke sini jangan lupa main ke SkyCity Nine Eagles untuk berlatih golf di dekat terminal 2.

6. Hamad International Airport Doha

Bandara Internasional Hamad adalah bandara internasional yang berada di Doha, ibu kota Qatar. Kedua terminal bandara ini dapat menampung hingga 30 juta penumpang setiap tahunnya dan telah digambarkan sebagai kompleks terminal yang arsitekturalnya paling memesona di dunia, sekaligus menjadi yang paling mewah. Warga Indonesia yang akan berpergian ke Eropa umumnya akan transit di bandara ini.

7. Central Japan International Airport Nagoya

Pada tahun 2014, sekitar 9,8 juta penumpang melakukan perjalanan melalui Central Japan International Airport di Nagoya, yang lebih dikenal dengan Centrair. Bandara ini memiliki persentase lalu lintas domestik yang besar dengan sejumlah rute regional ke beberapa kota di kota di Asia seperti Bangkok dan Singapura. Rute yang lebih panjang meliputi Helsinki, Frankfurt, Honolulu, dan Detroit.

8. Zurich Airport

Meskipun Zurich bukanlah Ibu Kota Negara Swiss, namun bandara terbaik ada di kota ini. Bandara Zürich adalah bandara internasional terbesar di Swiss dan merupakan pusat utama Swiss International Air Lines. Bagi penumpang yang transit dalam waktu yang lama, bandara ini menyediakan penyewaan sepeda dan inline-skate serta wisata ke Swiss Museum of Transport Lucerne.

9. London Heathrow Airport

London Heathrow Airport adalah bandara tersibuk di Inggris dan bandara tersibuk di Eropa. Saat ini bandara Heathrow tengah dilakukan renovasi besar-besaran dengan tambahan fasilitas pada bangunan terminal 2. Sedangkan terminal 5 bandara ini yang baru berusia 8 tahun telah dinobatkan sebagai terminal bandara terbaik di dunia oleh Skytrax. 

10. Frankfurt Airport

Melayani 98 maskapai penerbangan dan 250 tujuan di 105 negara yang berbeda, Bandara Frankfurt adalah basis maskapai Lufthansa. Bandara ini adalah bandara terbesar di Jerman dan terbesar ketiga di Eropa. Bandara Frankfurt memiliki koneksi langsung ke jaringan kereta api Jerman berkecepatan tinggi. Pembangunan terminal ketiga sedang dalam proses perencanaan.

Lalu, gimana dengan Bandara International Soekarno Hatta? Meski nggak masuk ke dalam jajaran 10 besar bandara terbaik di dunia, kita bisa sedikit berbangga karena Bandara International Soekarno Hatta berada di posisi 44, serta dinobatkan sebagai The World’s Most Improved Airports yang berarti Bandara dengan Peningkatan Terbesar di Dunia. Semoga nantinya bisa di jajaran 10 besar ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
649SHARES