Ini Dia Alasan Kenapa Tidak Boleh Mendaki Gunung Saat Bulan Desember hingga Januari

27 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
135SHARES

Mendaki merupakan kegiatan yang sedang menjadi tren saat ini di Indonesia. Baik tua maupun muda sama-sama melakukan kegiatan yang asik ini. Tapi, taukah kamu jika ada beberapa waktu yang sebaiknya tidak kamu pergunakan untuk mendaki? Alasannya beragam. Mulai dari faktor kepuasan hinga faktor keselamatan. Tentunya ketika memutuskan untuk mendaki, kamu ingin dong mendapatkan pengalaman yang super dengan melihat keindahan panorama alam Indonesia dari atas ketinggian? Nah, jika kamu ingin merasakan hal tersebut, maka ada baiknya kamu jangan mendaki selama Desember hingga Januari. Kenapa? Yuk, kita cari tahu alasannya.

Puncak musim penghujan

Periode Desember hingga Januari merupakan periode di mana hujan turun terus menerus dengan lebatnya. Bagi masyarakat Jawa, waktu-waktu ini sering disebut dengan istilah gedhe-gedhene sumber yang artinya ‘hujan tengah turun lebat-lebatnya’.

Menurut data yang dilansir  BMKG, pada Desember 2017 hingga Januari 2018 hampir di seluruh wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan yang cukup lebat. Hal ini menyebabkan periode Desember-Januari bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan pendakian. Kamu bisa saja terpeleset kemudian jatuh ke jurang atau mungkin terkena sambaran petir seperti kasus yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Gunung Prau.

Tingginya kemungkinan terjadi badai

Dengan curah hujan yang cukup tinggi disertai dengan angin yang cukup kencang akan berpotensi menghasilkan badai yang tidak akan kamu sangka-sangka sebelumnya. Salah satunya terjadi pada 27 November 2017 kala seorang pendaki merekam sebuah badai yang terjadi shelter 3 Gunung Kerinci, Sumatra. Selain di sana, ada beberapa rekaman lainnya yang memperlihatkan keganasan badai, seperti di Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, serta Gunung Merbabu.

Tidak akan mendapatkan pemandangan yang indah

Dengan cuaca buruk tersebut, maka dapat dipastikan kamu tidak akan mendapatkan pemandangan yang kece karena alam akan tertutup oleh kabut yang cukup tebal. Kalau udah begini, kamu pasti bakalan sedih deh. Kan salah satu tujuan mendaki adalah untuk melihat keindahan alam Indonesia. Jadi, sebaiknya ditunda dulu deh acara mendakinya ya!

Karena nyawa lebih tinggi daripada ego

Kamu pasti masih ingat tentang tragedi yang terjadi di Gunung Prau beberapa waktu yang lalu kala sebelas orang pendaki harus meregang nyawa akibat tersambar petir. Itu menjadi sebuah pelajaran yang amat berharga bagi para pendaki. Sangat penting untuk menentukan kapan waktu yang baik untuk mendaki. Kalau sampai salah dalam perkiraan waktu, bisa-bisa kejadian tersebut dapat terulang kembali. Nggak mau kan mati konyol seperti itu? Amit-amit sih.

Bagi para pendaki, terutama yang masih baru mencoba, penting bagi kamu semua untuk memperhatikan kondisi cuaca sebelum menentukan tanggal pendakian. Sebagai referensi untuk mengetahui kondisi cuaca terkini, kamu bisa mengecek di situs resmi BMKG. Jadi, tetap jaga keselamatanmu, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
135SHARES