Hewan-hewan yang Menakjubkan Ini Ada di Namibia!

wildlifetrip.org

Banyak wisatawan bermimpi untuk pergi safari ke Afrika di mana mereka dapat melihat binatang liar dalam segala kemuliaan mereka. Namibia yang dahulu adalah bagian dari Afrika Selatan adalah tempat yang baik untuk mulai mewujudkan impian kamu. Meskipun nantinya kamu mungkin tidak sempat melihat semua hewan Big Five - singa, badak, macan tutul, kerbau dan gajah - karena tidak semua hewan itu berada di satu tempat. Cara terbaik adalah mengetahui ke mana harus pergi dan membuat list. Taman Nasional Etosha adalah tempat yang tepat untuk memulai petualangan karena itu adalah rumah bagi beragam jenis hewan di Namibia.

1. Rusa kutub biru

wildlifetrip.org

Meskipun menyerupai bison Amerika karena pundaknya yang lebar dan ujung depan yang berat, rusa kutub biru dianggap sebagai antelop besar dengan tanduk seperti sapi. Mereka adalah binatang tangkas dan cukup sadar akan sekelilingnya. Ia tinggal bersama kawanan mereka yang berjumlah 20 sampai 40 ekor, serta lebih memilih tinggal di padang rumput terbuka di Afrika bagian selatan. Taman Nasional Etosha adalah tempat yang baik untuk melihat mereka di alam liar.

2. Hyena

wildlifetrip.org

Kamu seharusnya tidak memiliki masalah untuk melihat hyena di alam liar karena ada lebih dari 47.000 ekor yang eksis di Afrika. Hewan ini berasal dari sub-Sahara Afrika meskipun spesiesnya berkelana hingga ke Eropa dan Asia pada zaman kuno. Hyena dapat ditemukan terutama di taman nasional Etosha dan Skeleton Coast, yakni jalur Caprivi dan Kaokoland. Hewan yang mirip beruang ini sangat sosial dan berjalan dalam kumpulannya yang didominasi oleh betina. 

3. Anjing laut berbulu coklat

wildlifetrip.org

Mereka adalah hewan berisiko punah yang hidup di pesisir selatan Afrika. Anjing laut tersebut terancam oleh hilangnya habitat pilihan, pemanasan global dan manusia, termasuk pemerintah Namibia yang memiliki program pemusnahan yang agresif. Hewan anggun yang canggung ini terlihat di perairan pesisir lepas pantai Namibia, di mana sekitar dua-pertiga dari 1,5-2 juta jumlah mereka yang masih hidup. Tanjung Frio yang terletak di perbatasan Namibia - Angola adalah salah satu tempat berkembang biak mereka. Jika kamu melakukan scuba drive, jangan kaget menemukan mereka di sana.

4. Leopard Afrika
wildlifetrip.org

Waktu yang tepat untuk melihat macan tutul Afrika adalah pagi atau sore hari ketika waktu main dari kucing nokturnal ini berakhir atau memulai hari mereka. Sementara macan tutul diburu di Namibia, mereka dapat ditemukan di lingkungan alami mereka di beberapa pondok yang berorientasi pada konservasi, seperti Okonjima Bush Camp atau Okonjima Main Lodge. Hewan-hewan berbintik ini terlihat lebih garang daripada anak kucing yang suka diemong. Mereka memakan segala sesuatu, mulai dari serangga dan antelop hingga burung, ikan dan buah. Mereka menguntit dan menerkam mangsa mereka selanjutnya, lalu menyeret bangkainya ke atas pohon untuk melindunginya dari hewan lapar lainnya.

5. Zebra
wildlifetrip.org

Zebra dataran juga dikenal sebagai zebra Burchell yang diambil dari nama seorang naturalis, W.J Burchell. Hewan yang mirip kuda ini terkenal dengan garis-garis hitam mereka, biasanya dengan latar belakang putih, tapi kadang-kadang bisa juga emas. Semua zebra dataran mungkin terlihat sama bagi orang awam, namun sebenarnya masing-masing individu memiliki pola garis yang unik. Mereka akan berkelompok dengan hewan lain di Namibia, seperti rusa kutub dan burung unta. Hal ini berguna untuk melindungi diri mereka dari para pemangsa. Ketika mereka melarikan diri dari bahaya, mereka akan menyesuaikan kecepatan lari mereka dengan anggota kawanan mereka yang paling lambat. Kemungkinan yang terbaik untuk melihat mereka di alam liar adalah di Taman Nasional Etosha karena zebra dataran merupakan salah satu hewan yang paling umum di sana dengan 20.000 populasi.

6. Meerkat

wildlifetrip.org

Kalahari menawarkan kesempatan terbaik untuk melihat meerkat di alam liar meskipun mamalia kecil ini juga dapat ditemukan di tempat lain di Namibia selatan, termasuk game lodges yang biasa digunakan untuk manusia. Mereka tidak menyukai habitat yang sangat kering atau sangat basah. Pengunjung terkadang mengira tupai tanah sebagai meerkat meskipun sebenarnya tubuh meerkat lebih besar daripada tupa tanah itu sendiri. Warnanya juga berbeda, yakni berpendar atau abu-abu dengan pita gelap di bagian belakang. Ketika mereka duduk tegak di kaki belakang mereka seperti setelah bangun di pagi hari atau saat berjemur sendiri, mereka cenderung menyerupai anjing prairie Amerika.

7. Gemsbok

wildlifetrip.org

Giourelle oryx adalah spesies antelop yang lebih dikenal dengan nama Afrika, gemsbok. Ini adalah hewan nasional Namibia di mana mereka ditemukan di seluruh negeri dan sering terlihat di sepanjang pinggir jalan. Gemsbok adalah hewan yang tegar, mampu hidup di daerah yang keras yang tidak bisa ditinggali antelop lainnya. Tidak seperti antelop lainnya yang biasanya berwarna krem, gemsbok ini berwarna abu-abu dengan tanda hitam dan putih. Mereka mati karena diburu di Namibia, tapi tidak jarang satu gemsbok mati karena bertengkar dengan gemsbok lainnya karena tanduk mereka menyebabkan luka tusukan yang dalam.

Seru dan menarik melihat sejenak hewan-hewan khas Afrika di atas. Beberapa hewan memang tidak ada di Indonesia, makanya penting bagi kita untuk bisa melihat lebih jauh seperti apa dunia di luar sana. Bahkan, hewan-hewan itu memiliki keunikan dan karakteristik yang luar biasa. Kamu tertarik buat ke Namibia sekarang?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Auto Winner Winner Chicken Dinner, Inilah Senjata Terbaik di PUBG Mobile - Keepodotme

Auto Winner Winner Chicken Dinner, Inilah Senjata Terbaik di PUBG Mobile - Keepodotme

Tidak Perlu ke Turki, Kini Kamu Bisa Naik Balon Udara di Lembang

Tidak Perlu ke Turki, Kini Kamu Bisa Naik Balon Udara di Lembang

Hati SBY Tersayat Lihat Baliho Demokrat Dirusak, Pelakunya Disebut-Sebut Adik Caleg PDIP? - Keepodotme

Hati SBY Tersayat Lihat Baliho Demokrat Dirusak, Pelakunya Disebut-Sebut Adik Caleg PDIP? - Keepodotme

Pantai-Pantai Eksotis di Thailand yang Bisa Bikin Kamu Betah di Sana

Pantai-Pantai Eksotis di Thailand yang Bisa Bikin Kamu Betah di Sana

Investasi Masa Depan Bagi Milenial. Perlukah? - Keepodotme

Investasi Masa Depan Bagi Milenial. Perlukah? - Keepodotme

Buat Kamu yang Nggak Makan Daging, Inilah Jajanan Manis Thailand yang Bisa Dinikmati

Buat Kamu yang Nggak Makan Daging, Inilah Jajanan Manis Thailand yang Bisa Dinikmati

loading