Dari Taman Jomblo Sampai Taman Superhero, Ini 10 Taman Kota Tematik di Bandung

15 Desember 2017
|Chandra W.
4.9 KSHARES

Kehidupan urban yang menyita waktu dan tenaga serta membuat lelah hati dan pikiran setiap hari membuat keberadaan taman kota di setiap kota menjadi penting. Setidaknya masyarakat memiliki tempat untuk refreshing yang dapat diakses oleh semua golongan.

Di Bandung, taman-taman kotanya bukan hanya terdiri dari ruang terbuka hijau yang cuma enak buat jalan-jalan, tetapi juga banyak taman tematik yang menghadirkan suasana berbeda dari taman kota pada umumnya. Seperti apa contohnya?

1. Melihat pahlawan dan jagoan di Taman Superhero

Penggemar superhero pasti bakal senang banget diajakin ke sini. Di sini kamu bisa melihat patung-patung tokoh Superhero terkenal dunia, seperti Spiderman, Batman, dan nggak ketinggalan juga superhero asli Indonesia, Gatotkaca yang merupakan sumbangan seniman lokal. Wah! Keren banget kan? Selain itu ada pula fasilitas perpustakaan di sini. Selain duduk-duduk dan jalan-jalan, bisa baca buku atau foto bareng patung superhero. Kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk alias gratis. 

2. Jalan-jalan sama anjing kesayangan di Pet Park? Bisa!

Buat kamu yang suka mengajak anjing atau hewan peliharaan apa saja berjalan-jalan, bawa aja ke Pet Park di Bandung Barat. Di taman yang penuh pepohonan rindang ini ada jogging track, tempat melatih ketangkasan hewan dan toilet khusus hewan. Toilet khusus ini dibangun supaya hewan peliharaan tidak buang air sembarangan dan merusak keindahan taman. Komunitas pecinta hewan dari reptil sampai anjing juga sering berkumpul di sini lho. Asyik banget kan?

3. Nonton bareng di Taman Film Bandung. Ngajak se-RT juga masih muat!

Duh Bandung jago banget sih memanfaatkan lahan. Kayak Taman Film di kolong Jembatan Layang Pasupati ini contohnya. Di sini ada videotron berukuran 4x8 meter persegi yang oke banget buat nonton bareng. Cocok banget ya sama iklim kreatif anak muda Bandung. 

4. Mencari jomblo lain di Taman Jomblo agar tak jadi jomblo lagi

Masih di Pasupati, taman ini sengaja diciptakan buat para jomblo dengan banyak single seat yang tersedia di sana. Jadi buat kamu yang jomblo dan ngenes, bolehlah datang ke sini siapa tahu itu yang di single seat sebelah sana bisa menjadi teman hidup selamanya. Eaaaak. Bayangin aja udah seneng kan, mblo. Pantesan jomblo. Hobinya bayangin doang sih.

5. Hobi mengabadikan waktu dan momen dalam gambar? Wajib banget ke Taman Fotografi

Biar apa? Biar kamu tanya. Hehehe. Nggak ding. Bercanda. Biar kamu bisa ketemu dengan teman-teman dengan minat yang sama dan saling bertukar ilmu fotografi. Kabarnya, taman ini adalah tempat berkumpulnya komunitas-komunitas fotografi se-Bandung Raya. Cekrek cekrek tiap waktu nih, soalnya di sini banyak spot foto bagus, cermin-cermin dan koneksi internet nirkabel atau WiFi. Jadi kalau mau upload foto ukuran besar, nggak perlu khawatir kehabisan kuota. 

6. Berbunga-bunga di Taman Pustaka Bunga Cilaki

Dulunya dikenal dengan nama Taman Cilaki, taman yang teduh ini telah ditanami lebih dari 100 ribu bunga dari berbagai jenis yang tentunya membuat tampilan taman ini menjadi semakin cantik manis dan indah. Namanya pun berubah menjadi Pustaka Bunga. Untuk bisa masuk ke taman ini, kamu nggak boleh bawa makanan, minuman, dan binatang ya. Foto-foto boleh, tapi jangan sampai menginjak-injak bunga dan merusaknya, apalagi dengan sengaja memetiknya.

7. Taman Lalu Lintas biar nggak barbar pas di jalan raya

Cocok nih buat yang punya adik supaya bisa belajar tertib berlalu lintas sejak dini. Atau kamu yang punya teman yang suka ugal-ugalan di jalan raya, ajak aja ke sini. Ada banyak wahana dan sarana edukasi lalu lintas di sini. Harga tiket masuknya murah kok delapan ribu rupiah saja.

8. Taman Skateboard buat kamu yang suka skateboarding dan aktif banget

Taman ini berada tepat di belakang Taman Jomblo. Kamu dan teman-temanmu bahkan orang tuamu juga boleh datang untuk main skateboard atau bahkan hanya menonton. 

9. Suka main musik dan mau menggelar gigs? Di Taman Musik Centrum dong tempatnyaa

Di Bandung sebenarnya sangat banyak musisi kreatif, tapi nggak banyak tempat untuk menggelar pertunjukkan secara gratis. Nah Taman Musik Centrum ini adalah solusi bagi musisi-musisi yang ingin tampil di depan umum tanpa menyewa ini-itu. Cukup bawa alat musik sendiri. Asal masih akustikan atau skala kecil, masih bisa difasilitasi oleh Taman Musik Centrum.

10. Taman Inklusi dengan area ramah penyandang disabilitas

Selama ini masih banyak halangan bagi penyandang disabilitas dalam banyak hal termasuk ketika berjalan-jalan ke ruang publik. Sangat sedikit tempat yang ramah terhadap difabel. Nah di taman inklusi ini penyandang disabilitas bisa lebih aman dan dapat bersenang-senang seperti orang lain.

Buat senang-senang nggak perlu mengeluarkan banyak uang kok. Main ke taman-taman tematik tadi aja. Murah, gratis malah sebagian besar. Dan yang penting bisa menurunkan stress setelah lelah seminggu beraktivitas. Jadi, kapan kita ke taman?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
4.9 KSHARES