Dari Ruang Makan Sampai Kamar Termewah, Semua Ada di Istana Buckingham. Intip Yuk!

03 Maret 2018
|Chandra W.
0SHARES

Apa yang terlintas di pikiranmu saat pertama kali mendengar kata Inggris? Mungkin kamu akan langsung membayangkan London dengan Big Ben dan telepon umumnya yang unik berwarna merah dan juga taksi hitam atau kuning yang retro itu. Mungkin ada yang teringat Kate Middleton dan Prince William?

Yup, Inggris hingga sekarang masih berbentuk kerajaan dengan pemegang tahta Ratu Elizabeth. Istananya bernama Buckingham Palace. Penasaran nggak sih gimana kemewahan sebuah istana di dunia modern ini? Intip yuk!

1. Istana Buckingham telah menjadi kediaman keluarga Kerajaan Inggris sejak tahun 1837. Ada 775 ruangan di dalamnya. Banyak banget!

Tepatnya ada 52 kamar keluarga dan kamar tamu, 188 kamar pegawai istana, 92 ruang kantor termasuk kantor pos dan ruang perawatan dengan fasilitas meliputi untuk operasi (semacam ruangan dokter juga), 78 kamar mandi dan 19 state rooms. Kabarnya ada ATM juga lho di dalam istana ini. Wah udah kayak kota sendiri aja ya. Nggak perlu keluar-keluar kalau butuh apa-apa tengah malam mah.

2. Istana ini juga punya kebun dan taman terluas di London raya. Luasnya mencapai 40 hektar!

Ukuran ini kira-kira empat kali Stadium Wembley, di mana pertandingan sepak bola diselenggarakan di sana.

3. Pada hari-hari biasa, Istana Buckingham nggak terbuka untuk umum. Tapi ada satu kegiatan rutin yaitu pergantian penjaga istana dan ini boleh ditonton oleh orang-orang biasa karena tempatnya di halaman istana

Para penjaga yang ikonik dengan seragam merah hitam dan rambut menjulang itu akan membentuk formasi baris-berbaris dan bergerak sesuai irama dari marching band. Seru banget ya!

4. Istana akan dibuka untuk umum pada musim panas. Nah di saat-saat inilah banyak tour dari sekolah, instansi maupun wisatawan domestik dan mancanegara yang masuk ke dalam Istana Buckingham

Tangganya mengingatkan kita pada film-film bertemakan kerajaan ya: Beauty and the Beast, Tangled, Frozen. Tangga besar melingkar dengan ornamen berwarna emas (atau emas betulan?) yang megah mengantarkan turis ke lantai atas. FYI, arsitek perancang Istana Buckingham ini adalah John Nash.

5. Ini namanya White Drawing Room, tempat ratu dan keluarga kerajaan berkumpul sebelum mengadakan acara resmi kerajaan. White Drawing Room ini adalah bagian dari state rooms

Sesuai namanya, ruangan ini didominasi warna putih di bagian dinding lengkap dengan lampu gantung kristal dan dekorasi warna emas dari sofa sampai ornamen dinding dan bingkai lukisan. Masuk ruangan ini saja rasanya seperti masuk ke dalam lukisan.

6. Lalu ada Blue Drawing Room yang meskipun nggak didominasi warna biru, sebenarnya ornamen-ornamennya berwarna kebiruan. Lihat kursi-kursi dan pajangannya deh

State rooms berfungsi untuk pertemuan kenegaraan atau membahas persoalan kenegaraan baik internal (dalam keluarga Kerajaan Inggris saja) maupun dengan negara lain. Nggak heran semuanya mewah meski nggak bernuansa glamor.

7. Pernah menonton film-film dengan latar tempat kerajaan? Pasti ada ballroom yang biasanya digunakan untuk ‘mencarikan Pangeran seorang istri’ dan pesta dansa kan? Di Istana Buckingham, begini penampakannya

Meja panjang dan kursi yang mungkin jumlahnya mencapai ratusan itu digunakan untuk acara perjamuan. Kebayang gimana rasanya ikut jamuan makan di istana?

8. Lampu gantung atau chandelier-nya juga nggak main-main. Beratnya mencapai setengah ton dan terbuat dari 9.000 batu kristal

Chandelier yang ini nggak boleh untuk swinging yaa. I’mmm gonna swiiiing from the chandelieeeeer....Nggak boleh!

9. Masih ingat kamar bola tadi? Pernah juga ruangan itu digunakan untuk pameran busana yang dikenakan Ratu Elizabeth II untuk acara resmi formal hingga non-formal

Klasik banget ya gayanya: terusan midi dengan potongan agak longgar dan nggak lupa dilengkapi topi yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan baju dan event-nya.

10. Ini dia nih koleksi topi Ratu Elizabeth dari masa ke masa. Klasik, cantik, dan bergaya kerajaan banget ya

Kalau kita perhatikan, Kate Middleton juga sering sekali mengenakan topi dalam setiap penampilannya. Sudah ciri khas kali ya dari Kerajaan Inggris.

11. Ingat film Frozen di mana Anna bernyanyi di kastilnya sendiri karena kesepian? Ada ruang khusus untuk memajang lukisan kan? Istana Buckingham juga punya nih

Namanya The Picture Gallery, sebuah ruangan berbentuk memanjang dengan lukisan-lukisan di sepanjang kiri kanan dan sofa-sofa putih panjang. Cahaya yang masuk ke ruangan ini lebih banyak dari luar, bukan cahaya lampu. Di sini banyak lukisan dari pelukis terkenal. Ya iya dong, namanya juga di istana.

12. Kalau ini, ruang singgasana. Wah ternyata nggak seseram di Game of Thrones yang singgasananya terbuat dari pedang ya. Di Istana Buckingham malah didominasi warna merah jambu

Di singgasananya tertulis inisial ratu. Di ruangan ini juga Kate Middleton dan Prince William pernah berfoto setelah diangkat menjadi Duke and Duchess of Cambridge.

13. Nah kalau ini kamar Ratu Elizabeth II

Tidur di sini mimpi indah terus kali ya.

Seketika ingin menjadi bagian keluarga kerajaan ya? Yah, sulit sih kalau itu. Tapi kalau ingin mengunjungi Istana Buckingham, bisa lah menabung mulai sekarang. Atau cari beasiswa di Inggris? Bisa juga. Nanti kalau sudah di sana ikutan tour musim panas. Pasti seru banget deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES