Dari Jjajangmyeon sampai Japchae, Kelezatan 6 Mie Asal Korea Ini Menggoda Banget!

19 Februari 2018
|Chandra W.
155SHARES

Sering merasa tergoda untuk makan mie setelah menonton drama Korea? Kelihatannya memang nikmat banget gitu ya melihat pemerannya menyeruput mie dan kuah yang hangat. Dua yang sering muncul dalam drama Korea adalah jjajangmyeon dan ramyeon.

Tapi ternyata ada banyak sekali jenis mie korea baik dari komposisi maupun dari cara penyajiannya lho. Semuanya terlihat nikmat dan menggoda iman dari diet yang hampir berhasil. Kayak gini nih!

1. Mul Naengmyeon

Jadi di Korea sebenarnya nggak semua mie disantap dengan kuah hangat. Naengmyeon adalah mie kenyal tipis yang terbuat dari sorgum. Biasa disajikan dengan telur, daging, sayur dan kuah dingin (dingin es) dengan cuka dan bumbu-bumbu. Dan sekarang sering dinikmati saat musim panas meskipun aslinya dimakan sebagai makanan pokok di pegunungan di Korea Utara.

2. Japchae

Kalau di Indonesia kita familiar dengan capcay, sayuran yang ditumis atau direbus dengan bumbu-bumbu, Korea juga Japchae yaitu mie berbahan dasar kacang hijau/ ubi manis dibumbui kecap, bawang putih, dan minyak wijen ditambahkan sayuran sesuai selera. Bisa brokoli, jamur, bulgogi, sampai daging pun bisa.

3. Jjajangmyeon

Kalau yang ini kamu pasti sudah familiar. Mie dengan saus dari kedelai hitam ini termasuk populer di Korea sana, soalnya rasanya enak dan murah. Sebenarnya sih rasanya mirip mie dikecapin. Di Korea, baik dimasak di rumah ataupun pesan di luar, Jjajangmyeon tetap favorit.

4. Janchi guksu

Biasa disajikan saat acara besar seperti ulang tahun, janchi guksu tersaji dengan kaldu ikan dan tulang sapi. Toppingnya sendiri berupa irisan telur goreng, rumput laut kering, dan zucchini.

5. Bibim guksu

Mie dari gandum disajikan dengan saus gochujang dan cuka. Toppingnya terdiri dari telur rebus, timun dan kimchi. Siapa yang suka kimchi? Segar-segar masam gitu ya bikin semua makanan Korea bertambah nikmat.

6. Kongguksu

Pernah minum susu kedelai? Bayangkan minum susu kedelai dengan mie. Ya. Sulit membayangkannya karena nggak biasa ya. Apalagi mie ini dinikmati dingin, pakai es. Wow kayak gimana ya rasanya?

Itu dia mie Korea yang nikmat, menggoda, tapi agak aneh juga. Kamu sudah pernah mencoba yang mana saja?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
155SHARES