Danau Hillier, Pesona Misterius dengan Air Berwarna Merah Mudanya di Australia!

22 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Saat berlibur ke danau, biasanya orang bertujuan untuk melihat pemandangan air nan indah. Air danau yang sering kita jumpai kebanyakan berwarna biru atau hijau. Tapi, kamu tahu nggak sih, kalau ada danau dengan air berwarna merah mudah. Girly banget, bukan? Ya, ada beberapa danau di dunia ini yang memiliki air berwarna merah muda. Salah satunya adalah Danau Hillier.

Danau Hillier terletak di bagian barat Australia. Danau ini memiliki panjang sekitar 600 meter. Di sekeliling danau, terdapat pasir dan hutan lebat yang ditumbuhi oleh Paper Bark dan Eucalyptus. Danau ini pertama kali ditemukan oleh SciShow pada tahun 2013. Warnanya yang tidak biasanya menarik banyak wisatawan sekaligus peneliti untuk mengunjunginya. Para peneliti dari eXtreme Microbiome Project mulai melakukan penelitian tentang warna air di danau Hillier.

Spekulasi terakhir menyebutkan bahwa warna merah di danau tersebut karena adanya alga. Akan tetapi, muncul penelitian lain yang menyebutkan bahwa kehadiran bakteri mikroba Extremophille adalah penyebabnya. Bakteri tersebut menjadi salah satu anggota ekosistem yang dapat hidup di keadaan ekstrem.

Tak puas dengan penelitian-penelitian sebelumnya, peneliti lain mengumpulkan sedimen dan air dari berbagai sisi untuk memastikan alga serta berbagai bakteri yang tinggal di danau itu. Dari sampel yang dikumpulkan, ditemukan alga Dunaliella Salina yang diduga sebagai penyebab warna pink di air danau. Jenis alga tersebut juga ditemukan di danau berwarna merah muda yang lain, seperti Danau Retna di Senega.

Selain itu, ada juga yang mengemukakan bahwa bakteri Dechloromonas Aromatic adalah penyebab warna merah muda di danau itu. Bakteri ini bisa digunakan untuk memecah senyawa kimia, seperti bensol. Biasanya, senyawa ini ditemukan dalam pelarut kimia. Hal tersebut memunculkan temuan baru. Bahwasannya, tahun 1900-an di Danau Hillier pernah digunakan sebagai tempat penyamakan kulit. Dalam proses produksinya digunakan pelarut kimia.

Walaupun sudah begitu banyak penelitian yang dilakukan, penyebab warna merah muda di Danau Hillier belum secara tegas ditemukan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa di danau tersebut terdapat bakteri halofilik merah yang terdapat di kerak garam.

Di balik kebingungan para peneliti menemukan penyebab warna merah muda, Danau Hilier tetap mampu menampakkan pesonanya. Apalagi kalau dilihat dari atas. Danau ini tampak seperti permen karet. Gimana tertarik untuk berkunjung?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES