Cuma di Silfra, Rasakan Sensasi Menyelam di antara 2 Lempeng Benua. Berani?

08 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kalau kamu berpikir jalan-jalan di antara dua benua hanya bisa terjadi di perbatasan darat seperti Rusia, Turki, atau Mesir. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata kamu juga bisa berada di antara dua benua di bawah permukaan laut! Kok bisa?

Yep, kamu bisa merasakan sensasi berenang di bawah permukaan laut sambil menyentuh dua lempeng benua sekaligus, lho! Pengalaman ini bisa kamu dapatkan di Silfra, Islandia yang menjadi favoritnya para penyelam dunia. Penasaran? Yuk, buruan kepoin!

Celah Silfra di Islandia adalah celah yang dalam dan berair di antara lempeng benua Amerika Utara dan Eurasia. Sebenarnya, ini adalah tempat di mana dua lempeng tektonik besar bertemu dan perlahan terbelah. Kedua lempeng ini menyebabkan gempa yang terjadi sekitar setiap satu dekade sekali.

Air laut yang masuk dalam celah ini menjadikan celah Silfra dapat dijelajahi dengan cara menyelam di bawahnya sepanjang ratusan meter. Nggak hanya itu, kamu pun bisa merasakan sensasi “terhimpit” dua lempeng benua yang berbeda, nih!

Bagi banyak orang, Silfra adalah sensasi menyelam yang sangat unik. Kamu nggak hanya bisa menyentuh dua benua yang terpisah selama menyelam, tapi air glasialnya yang dingin dan berwarna biru serta sangat jernih membuat visibilitasnya bisa mencapai lebih dari 90 meter di sebagian besar area celah. Air di celah ini juga disebut-sebut sebagai tempat air paling jernih di dunia. Bebatuan lava dan filtrasinya lah yang membuat air di celah ini menjadi jernih. Kerennya lagi, air di celah Silfra ini aman diminum langsung, lho!

Nggak hanya bawah airnya aja yang menakjubkan, daratan sekitar celah Silfra pun terlalu sayang untuk dilewatkan. Adalah Thingvellir National Park yang juga menjadi ikon “penghubung antara dua benua” tapi versi daratannya. Saking dinginnya di daerah tersebut, jangan heran kalau kamu bisa menyaksikan pemandangan hijau dan bebatuan yang tampak berkilau seperti kristal. Fenomena ini terjadi karena cahaya matahari yang menyinari bebatuannya bertemu dengan air yang dingin di celah Silfra tersebut. Bahkan kamu bisa menyaksikan langsung pelangi dari balik bebatuan yang unik dan nggak biasa itu!

Begitulah keunikan yang tersimpan di alam Islandia yang seolah nggak ada habisnya untuk dijelajahi. Memang jauh banget sih tempatnya, tapi benar-benar menakjubkan dan menyadarkanmu bahwa ada banyak hal di dunia ini yang belum kita ketahui. Yuk, jalan-jalan ke Silfra sana!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES