Cobain Nih Wisata Taman Labirin yang Bakalan Bikin Kamu Pusing, Berani?

15 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Labirin merupakan sebuah sistem jalur yang rumit dan berliku-liku. Selain itu, labirin juga memiliki jalan buntu sehingga mau tidak mau untuk dapat keluar dari sana kamu harus memutar arah dan juga memutar otak karena tempat ini benar-benar bakalan bikin pusing kepala kamu. Wisata labirin di dunia ini cukup banyak, mulai dari Longleat Hedge Maze yang ada di Inggris hingga Davis’ Mega Maze yang ada di Amerika.

Sementara itu, sedikitnya sudah ada lima tempat wisata labirin yang ada di Indonesia. Tentu saja wisata labirin ini seru banget buat dijelajahi karena kamu bakalan semacam tebak-tebakan jalan gitu deh. Selain itu, wisata yang satu ini juga oke punya tuh buat dijadikan spot buat berswafoto. Nah, di mana aja sih lokasi wisata labirin yang ada di Indonesia? Langsung aja kita berpusing-pusing ria deh!

1. Taman Labirin Cafe Danau Toba, Sumatra Utara

Jalan-jalan ke Danau Toba jangan lupa buat mampir ke tempat yang satu ini. Terletak di dalam kawasan Simalem Resort, Taman Labirin Cafe ini akan membuat kamu berpusing-pusing. Untuk dapat mencapai tempat ini, biasanya para pengunjung memilih jalur menuju Marek. Untuk dapat memasuki taman labirin ini, kamu akan dikenai tiket dengan besarannya yang bergantung pada jenis kendaraan yang kamu gunakan.

Bagi pejalan kaki, maka akan dikenai tiket sebesar Rp50 ribu, sepeda motor sebesar Rp85 ribu, mobil sebesar Rp250 ribu, minibus sebesar Rp500 ribu, bus dengan kapasistas 20 seat sebesar Rp900 ribu, dan bus dengan kapasitas di atas 20 seat sebesar Rp1.2 juta (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

Taman labirin yang berlokasi di Jl. Raya Marek-Sikadalang KM 9, Kodon-Kodon, Marek, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara ini mulai dibuka sejak pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore setiap harinya. Selain dapat nyasar-nyasaran di dalam labirin, kamu juga dapat berswafoto ria karena banyak banget tempat yang oke buat foto-foto.

2. Taman Labirin Taman Bunga Nusantara, Cipanas

Cipanas nggak cuma terkenal sama pemandian air panasnya, lho. Di sini juga kamu bisa berwisata alam dengan mengunjungi Taman Bunga Nusantara. Taman ini terletak di Desa Kawung-Luwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Dengan area seluas 35 hektare, Taman Bunga Nusantara ini menyuguhkan keindahan bunga-bunga dari berbagai macam negara. Taman ini pertama kali diresmikan pada tanggal 10 September 1995 oleh Ibu Tien Soeharto. Pola yang diusung oleh taman ini adalah Renaissance, yakni pola yang menggambarkan kisah legenda Theseus yang membawa Putri Adriane untuk menempuh perjalanan yang tak berujung. Kamu bakalan pusing deh kalau udah masuk ke dalam labirin ini. Penasaran? Cobain aja langsung!

3. Taman Labirin Area Balai Kota Bandung

Balai kota bukan hanya menjadi tempat untuk bekerja, tetapi juga dapat menjadi tempat untuk berwisata. Salah satunya adalah Balai Kota Bandung. Di sini, kamu akan melihat sebuah tempat yang telah didesain khusus membentuk sebuah labirin. Lantainya yang berasal dari batuan granit selebar setengah meter akan menemani kamu berjalan-jalan mengelilingi taman yang satu ini. Taman ini juga memiliki empat jalan keluar yang harus kamu pecahkan sendiri, lho. Berani coba?

4. Taman Labirin Coban Rondo, Malang

Malang memang terkenal dengan berbagai objek wisatanya yang cantik-cantik. Pemandangannya yang tampak asri membuat kota yang satu ini menjadi salah satu kota yang Instagrama-able banget deh. Salah satu dari sekian banyak tempat cantik yang ada di sini bernama Coban Rondo. Dengan membayar tiket sebesar Rp10 ribu, kamu sudah bisa merasakan sensasi tersesat di dalam labirin ini. Banyak para wisatawan yang kesulitan untuk menemukan pusat dari labirin yang ditandai oleh kolam air mancur serta beberapa kursi ini. Asik banget nih kayaknya!

5. Taman Labirin Pelaihari, Kalimantan Selatan

Terletak di wilayah Tambang Ulang, Tanah Laut, Kalimantan Selatan, taman labirin yang satu ini menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin mengasah kemampuan otak mereka. Taman ini terbuat dari rerimbunan tanaman yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga kamu nggak akan bisa melihat jalan keluar ketika sudah berada di dalam taman labirin ini. 

Gimana? Keliatannya seru banget bukan? Makanya tunggu apa lagi? Hayu buruan seru-seruan bareng temen-temen dan keluargamu ke taman labirin yang bakalan bikin kamu pusing ini! Siapa tau dapat jodoh.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES