Catat, Ini Hukuman Jika Kamu Nakal Saat Mendaki Gunung. Ada yang Diblacklist Seumur Hidup

25 Februari 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Bagi pendaki sejati tentu sudah mengetahui apa yang boleh dan tidak dilakukan saat di gunung. Namun bagi yang pemula, banyak yang suka melanggar peraturan yang ada. Mereka hanya numpang eksis dengan selfie sebaik mungkin kemudian diunggah di media sosial. Perilaku mereka yang terkadang kurang bertanggung jawab ini sering bikin kita jengkel.

Untuk itu bagi yang suka naik gunung, kamu harus mematuhi peraturan yang ada dan harus tahu apa saja hukumannya. Berikut beberapa kasus orang yang pernah melanggar aturan saat pendakian, bahkan ada yang sampai di-blacklist seumur hidup!

1. Kasus #1: Ada pendaki yang nekad memetik bunga Edelweis di Gunung Rinjani

Sekitar bulan Juli 2017, Gunung Rinjani menjadi topik hangat karena ada pendaki yang nekad memetik bunga Edelweis. Padahal di sana sudah tertulis aturan bahwa perbuatan itu dilarang. Hal ini diketahui publik saat ada 5 remaja yang berfoto dengan Edelweis kemudian diunggah ke laman Facebook. Akibatnya pihak Taman Nasional Gunung Rinjani pun mengetahui hal ini dan memberikan sanksi tegas bagi kelima remaja tersebut, yakni mereka dilarang untuk mendaki Gunung Rinjani lagi.

2. Kasus #2: Lagi, beberapa pendaki memetik bunga Edelweis

Pundak Gunung Merbabu juga menjadi korban tangan jahil. Ada beberapa pendaki yang nekad memetik Edelweis. Akun Instagram resmi milik Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) juga sempat mengunggah foto tersebut. Akhirnya TNGMb memberikan sanksi tegas kepada pemuda tersebut berupa blacklist mendaki Gunung Merbabu.

3. Kasus #3: Seorang pendaki di-blacklist seumur hidup karena memetik bunga Edelweis

Pendaki tersebut bernama Fatchul Muftanin yang diberi sanksi tegas oleh TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) karena memetik Edelweis di Semeru. Tak tanggung-tanggung, pemuda asal Nganjuk ini memetik Edelweis sebanyak 42 tangkai. Akhirnya pendaki tersebut diberi hukuman dengan memungut Salvinia (jenis tumbuhan invasif) sebanyak 2 karung di Danau Ranu Kumbolo. Selain itu, dia juga membuat surat pernyataan di atas meterai dan di-blacklist nggak boleh masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru seumur hidup.

4. Kasus #4: Masih karena memetik bunga Edelweis, namun kali ini di Gunung Tambora

Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) juga memiliki hukuman tegas bagi pendaki yang memetik bunga edelweis. Sanksi ini tak hanya larangan mendaki di kawasan Gununga Tambora saja, melainkan juga blacklist semua gunung di Indonesia. Hal tersebut juga dikuatkan adanya Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 ayat 3 yang mengatakan, “Dilarang membawa, mengeluarkan, dan mengangkut tumbuh-tumbuhan dan satwa liar yang tidak dilindungi undang-undang yang berasal dari dalam kawasan tanpa izin pejabat,”. Jadi kamu jangan lagi nakal saat mendaki gunung, ada UU-nya lho guys.

5. Kasus #5: Kalau ada yang melanggar aturan di Gunung Merapi, akan mendapat sanksi tegas berupa blacklist dan dilarang mendaki semua gunung jaringan Taman Nasional Indonesia

Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) memiliki aturan khusus bagi pendaki yang melanggar aturan. Hal ini juga dikarenakan peristiwa jatuhnya pendaki pada tahun 2015 yang lalu. Atas hal ini TNGM akhirnya membuat evaluasi dengan membuat batas pendakian hanya sampai di Pasar Bubrah saja. Jadi bagi yang ketahuan melebihi batas ini, sanksinya cukup berat, yakni berupa blacklist di semua jaringan gunung Taman Nasional Indonesia, termasuk Gunung Rinjani, Bromo, Semeru, dan beberapa gunung di Sumatera. Selain itu pendaki yang membuang sampah sembarangan akan dihukum berupa menanam pohon.

6. Kasus #6: Karena melalui jalur ilegal tanpa izin, 14 pendaki mendapat sanksi dengan membersihkan gunung

Taman Nasional Gunung Pangrango (TNGP) juga pernah memberi sanksi kepada 14 pendaki yang tersesat. Hal ini dikarenakan pendaki tersebut melewati jalur ilegal tanpa izin. Sanksinya juga tidak mudah, yakni dengan membersihkan kawasan Gunung Pangrango. Sebab, beberapa jalur ilegal yang dilewati 14 pendaki ini merupakan daerah konservasi yang dilindungi oleh negara.

Gimana? Masih mau nakal lagi di gunung? Janganlah ya. Kamu sebagai pendaki sejati harus ikut menjaga alam yang ada. Kamu boleh menikmatinya, tapi juga harus menjaga dan jangan dirusak. Lalu kalau mau unggah foto di media sosial, berikan caption yang bisa memberi edukasi dan pembelajaran bagi orang lain. Okey?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES