Cara Menyapa yang Unik di 7 Negara yang Berbeda. Ada yang Bikin Awkward!

11 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mungkin kamu udah tahu cara menyapa orang Jepang adalah dengan membungkuk, orang Indonesia dengan bersalaman atau cium tangan, dan orang Thailand yang merapatkan tangannya di depan wajah. Tapi beberapa negara berikut ini punya cara unik yang mungkin bikin kamu merasa culture shock atau awkward saat melakukannya di negara tersebut. Yuk kepoin!

1. Mengucapkan "Kamusta" di Filipina

Di Filipina, orang yang lebih muda akan membungkuk, dan mengarahkan buku jari tangan orang yang lebih tua ke dahinya. Mirip banget sama cara cium tangan orang Indonesia. Lalu mereka akan mengucapkan “Kamusta” yang artinya halo. Cara ini disebut juga dengan Mano. Tentu saja cara menyapa ini untuk menghormati orang yang lebih tua.

2. Tradisi Tashi Delek di Tibet yang unik

Bayangin deh kalau kamu harus menyapa orang lain dengan menjulurkan lidahmu keluar. Pasti yang ada kamu akan dikira mengejek orang tersebut kan? Nah, kalau di Tibet, cara menyapa ini disebut dengan Tashi Delek. Ketika dua orang bertemu, maka mereka akan menyapa dengan cara menjulurkan lidah keluar. Lucu banget ya!

3. Mengusap hidung saat menyapa di Arab

Tradisi di Arab memang unik-unik. Salah satunya yang udah populer seperti di suku nomaden Bedouin. Ketika mereka bertemu dan saling sapa, mereka akan mengusapkan hidung mereka sebagai tanda perkenalan atau cara menyambut kerabat. Cara ini dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. Tapi kalau yang perempuan boleh memilih nyamannya seperti apa, kok.

4. Cara menyapa Kunik suku Inuit dan Eskimo di Greenland

Dikenal sebagai Kunik, cara menyapa ini memang agak-agak unik. Orang yang tinggal di kawasan Greenland seperti suku Eskimo dan Inuit biasanya akan menempelkan hidung dan bibir bagian atasnya ke pipi atau kening orang yang disapa. Ketika itu juga mereka akan menghirup aroma orang tersebut seperti menarik napas. Gimana nih kalau ketemu gebetan?

5. Sapaan “Namaste” yang populer dari India

Kalau kamu pernah nonton film Bollywod, perhatikan deh orang India biasanya menyapa dengan cara menyatukan kedua telapak tangannya lalu mengucapkan “Namaste”. Tapi tradisi aslinya sih orang yang lebih muda sebaiknya menyapa dengan cara berlutut dan menyentuhkan tangannya ke kaki orang yang lebih tua.

6. Hongi di Maori dan mengatakan Tena Koe

Hal pertama yang akan dilakukan masyarakat suku asli Maori ketika berjumpa dengan orang lain adalah dengan cara yang disebut Hongi. Hal ini dilakukan dengan cara menyentuhkan kening dan hidung ke orang yang akan kamu sapa sambil mengatakan Tena Koe. Karena untuk menghormati orang lain, maka dilakukan dengan pelan. Biar nggak kejedot juga kali ya?

7. Memencet jempol saat menyapa di Zambia

Sebenarnya nggak ada cara spesifik orang Zambia dalam menyapa. Biasanya mereka akan langsung menyapa dengan mengucapkan “Bwanji” yang artinya apa kabar. Namun cara bersalaman mereka cukup unik yaitu bertepuk tangan masing-masing lalu menekan jempol saat bersalaman secara perlahan. Tapi tradisi ini hanya terjadi di bagian barat Zambia aja.

Nah, jadi itu tadi cara-cara menyapa orang lain yang mungkin baru kamu tahu. Memang ada yang unik, ada juga yang bikin awkward kalau nggak terbiasa kan? Kalau ke sana jangan kaget kalau ada orang menyapa dengan cara nggak lazim ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES