Bukan Hanya Khayalan, Kini Keinginan Jalan-jalan di Planet Mars Bisa Diwujudkan

06 Desember 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Berkunjung ke Planet Mars adalah impianmu? Kini, kamu tidak perlu menjadi astronot untuk melakukannya. Dengan teknologi Virtual Reality, kamu dapat melakukannya. VR merupakan hasil kerjasama Google dan NASA melalui proyek bernama “Access Mars”. Teknologi ini memungkinkan pengguna dapat berjalan dan melihat langsung permukaan Mars secara virtual.

Caranya, Google akan menggunakan gambar-gambar hasil bidikan Curiosity Rover (mobil NASA yang bertugas khusus mengeksplotasi Mars) sehingga apa yang dilihat pengguna VR akan sesuai dengan kenyataan. Mobil ini akan digerakkan oleh software yang ada di dalam laboratorium NASA, sekaligus bertugas mengatur operasional mobil tersebut.

VR dapat dinikmati di VR headset (seperti Oculus, Gerar VR, Daydream, Google Cardboard, dan HTC Vive) di ponsel atau laptop. Meski hanya bisa dinikmati secara virtual, jangan putus harapan. Berjalan-jalan ke Mars dalam arti sebenarnya adalah tantangan yang berusaha dijawab NASA dan SpaceX saat ini. Belakangan mulai muncul isu bahwa planet Mars, yang merupakan planet terdekat Bumi, akan menjadi planet wisata.

Para peneliti sudah mulai mengumpulkan bukti-bukti adanya kehidupan di planet Mars sejak lama. Dari penemuan demi penemuan, mulai berkembang wacana bahwa Mars memiliki potensi untuk dijadikan planet hunian selain bumi. Planet Mars memiliki kondisi yang meskipun tidak identik, namun karakteristiknya hampir sama dengan kondisi bumi. Planet Mars dan Bumi sama-sama memiliki banyak gunung berapi sehingga kondisi tanahnya diasumsikan cukup subur untuk tanaman.

Hal penting lain adalah tingkat gravitasinya. Tingkat gravitasi planet Mars hampir mirip dengan bumi sehingga orang dapat berjalan dan bergerak meskipun tidak seleluasa di bumi. Bukti-bukti yang telah ada memang menunjukkan keterbatasan planet mars untuk dihuni, sebab tingkat keamanannya belum teruji. Namun, sampai saat ini penelitian masih terus dilakukan, salah satunya dibantu oleh Curiosity Rover tersebut

Selain itu, direncanakan pada 2018 mendatang, Amerika Serikat (SpaceX) juga akan meluncurkan pesawat Dragon ke Mars. Pesawat itu disebut-sebut sebagai langkah pertama untuk menerbangkan manusia ke Mars. Didesain seluas mobil SUV, penumpangnya dapat berkelana ke Mars dalam waktu yang lama tanpa merasa tidak nyaman. Biaya juga akan ditekan sehingga kelak bisa dijadikan tur wisata. Sebelumnya, SpaceX pernah menerbangkan kargo kapsul Dragon mereka ke dan dari Pangkalan Luar Angkasa Internasional.

Bagaimana pendapatmu, mungkinkan planet Mars menjadi destinasi wisata? Jika memang planet tersebut dinyatakan aman dan memiliki keadaan yang membuat manusia bertahan hidup di sana, bukan tidak mungkin perjalanan menuju Mars akan jauh lebih mudah dan murah. Berwisata ke Mars pun bukan hanya impian. Namun, saat ini kamu sudah boleh bersyukur karena bisa menikmati wisata Mars secara virtual.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES