Bukan Bubur Ayam, Inilah 10 Makanan Orang Sakit dari Berbagai Negara yang Unik

09 Agustus 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Bayangkan kamu lagi di negeri orang dan tiba-tiba sakit, kira-kira akan dikasih makanan seperti apa, ya? Kalau kamu sakit di Indonesia, mungkin kamu akan menyantap bubur atau sup hangat. Kalau di negara lain, belum tentu menunya sama persis dengan apa yang kita temukan di negara sendiri. Ada yang mirip seperti bubur juga, tapi ada juga yang beda banget. Nah, kira-kira kalau kamu sakit di sepuluh negara berikut ini, kamu bisa cepat sembuh nggak, ya, dengan menyantap makanan berikut ini?

1. Fiji: Rourou

Rourou, hidangan tradisional Fiji, adalah hidangan pilihan yang populer untuk orang sakit. Dibuat dengan campuran daun talas asli dalam santan, makanan kaya serat ini terasa enak dan mudah dibuat. Beberapa orang akan menambahkan perasan jeruk yang telah diiris atau mencampurkan bayam ke dalam sup untuk menambahkan nutrisi.

2. Pakistan: Khichdi

Kombinasi pas dan hangat yang terbuat dari nasi putih dan juga lentil. Khichdi adalah makanan yang biasanya dibuat orang Pakistan saat mereka sakit. Untuk menambahkan rasa, biasanya ditambahkan mentega dan disiram di atas bubur. Sayuran seperti kembang kol, kentang, atau kacang polong hijau juga biasa dicampurkan untuk menambah nilai gizi.

3. Meksiko: Alb óndigas Soup

Alb óndigas atau bakso dikenal sebagai rajanya sup pedas yang beraroma khas bawang putih. Dalam sepiring alb ondigas terdapat cita rasa khas dari segenggam mint cincang dan ramuan aromatik lainnya yang dicelupkan ke dalam kuah kaldu yang nggak begitu kental. Konon, setelah makan ini, orang Meksiko jadi lebih cepat sembuh.

4. Korea Selatan: Samgyetang

Samgyetang adalah sup ayam khas Korea Selatan. Bahan utama makanan ini pastinya ayam kecil yang utuh dan biasanya diisi dengan nasi ketan, ginseng, bawang putih, dan jujube. Warga Korea Selatan biasanya makan sup panas mendidih ini pada saat sakit agar tetap bersemangat dan dipercaya juga dapat meningkatkan stamina fisik.

5. Finlandia: Bilberries

Buah ini mirip dengan blueberry dan bahkan masih merupakan satu golongan buah beri. Bilberry kaya akan antioksidan dan sangat berlimpah di Finlandia. Buah bilberry dianggap sebagai makanan super dan secara tradisional dianggap sebagai makanan penyembuh yang ampuh. Bilberry dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk sup atau minuman.

6. Afrika Selatan: Burnt Toast with Marmitte

Sepotong roti bakar yang agak hangus dan dilapisi dengan olahan ragi akan menyembuhkan perut yang keracunan makanan. Makanan ini dipercaya mengandung vitamin B dan asam folat. Serupa dengan manfaat makan arang aktif, roti bakar yang agak hangus dianggap menjadi obat tradisional yang berguna untuk menghambat muntah.

7. Jepang: Okayu

Mirip dengan Indonesia, orang Jepang yang sakit juga mengonsumsi bubur nasi. Karena tekstur buburnya sangat ringan dan hambar, sebagian orang menambahkannya dengan umeboshi atau acar plum ke okayu mereka. Hiasan di atas makanan yang rasanya khas juga merangsang nafsu makan bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

8. Rusia: Borscht

Sup berwarna merah jambu ini adalah makanan khas orang Eropa Timur yang sakit. Dibuat dari bit sebagai bahan utama, sup asam ini berfungsi menambah tenaga dan gizi. Sebenarnya, resep borscht bervariasi, bergantung pada koki yang membuatnya. Banyak versi yang menggunakan sayuran seperti kol, dan bawang. Kombinasi sayuran borscht membuatnya kaya akan antioksidan dan vitamin C.

9. India: Idlis

Salah satu menu sarapan tradisional India yang kaya akan protein dan serat makanan ini sebenarnya terbuat dari nasi. Banyak orang yang suka makan idlis dengan gula dan curd yang manis saat sakit. Bagi sebagian yang lain, mereka lebih suka memakannya sendiri atau dengan rasam, yaitu semacam sup asam pedas yang hangat.

10. Italia: Pastina

Saat sakit, orang Italia memilih untuk makan "di bianco" atau makanan hambar. Pastina adalah makanan tradisional turun-temurun saat sakit. Pasta dibuat dalam berbagai bentuk kecil-kecil dan disiapkan dengan memasak mie dalam panci kaldu bening. Sering kali sup juga akan ditambahkan minyak zaitun, parmesan, atau ayam yang disuwir untuk menambah rasa.

Kalau dilihat-lihat, menu makanan bagi orang sakit di sepuluh negara tersebut memiliki kemiripan, yakni menyajikan sesuatu yang memiliki nutrisi yang baik untuk memulihkan kesehatan, bagaimanapun bentuknya. Meskipun diperuntukan bagi orang sakit, tapi kayaknya enak-enak semua, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES