Bosen ke Pantai? Coba Kunjungi 5 Danau Terbiru di Indonesia Ini!

02 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
426SHARES

Pantai memang menjadi salah satu destinasi favorit bagi sebagian besar wisatawan. Namun, adakalanya juga kita merasa bosan kalau tiap liburan terus-terusan pergi ke pantai. Kalau kamu ingin merasakan wisata air, tapi bukan berupa pantai, kamu bisa cobain buat main-main ke danau yang ada di Indonesia. Danau ini bukan sembarang danau, ya!

Danau yang YuKepo kasih ini merupakan danau biru dengan pesona alam yang cukup menjanjikan. Di mana sajakah tempatnya? Langsung aja deh kita main bareng YuKepo!

1. Danau Biru, Kawal

Pertama ada sebuah danau yang terletak di wilayah Bintan. Sesuai dengan namanya, Danau Biru menyajikan pemandangan air biru nan keren. Selain airnya, hamparan pasir putih di sekitar danau turut menambah keindahan dari danau yang satu ini. Pada dasarnya, Danau Biru bukanlah area wisata sehingga kamu akan melihat sedikit orang yang berkunjung ke sini. Oh ya, danau ini dulunya bekas daerah pertambangan, guys.

2. Danau Biru Cisoka, Tangerang

Tangerang juga punya danau yang berwarna biru, lho. Danau yang terletak di wilayah Cisoka, Tangerang ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu destinasi liburanmu. Dengan menyewa perahu seharga Rp20 ribu, kamu udah bisa tuh puas-puasin buat berkeliling danau. Kamu juga bisa melakukan swafoto sebanyak yang kamu mau karena perpaduan antara birunya danau dengan hamparan pasir dan bebatuan berwarna putih akan menjadi background yang kece abis buat foto kamu.

3. Danau Biru Sawahlunto, Sumatra Barat

Ketika kamu pergi ke Sumatra Barat, kamu bisa banget nih buat mengunjungi danau yang satu ini. Dikelilingi oleh tetumbuhan serta pepohonan berwarna hijau menjadikan tempat ini terlihat sungguh alami dan keren. Danau ini merupakan area pertambangan, lho. Kemudian, bekas galian ini terisi oleh air hujan sehingga jadilah sebuah danau seperti sekarang ini. Ketika kamu ke sana pun kamu masih akan mendapatkan berbagai macam peralatan tambang karena memang di sekitar danau ini masih digunakan sebagai area pertambangan. 

4. Danau Kaolin, Bangka Belitung

Bangka Belitung memang jago banget memberikan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Danau Kaolin. Danau ini tercipta akibat proses penambangan. Jadi, tanah liat yang halus, lunak, dan berwarna putih yang ada di sini dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kosmetik, karet, ataupun kertas. Nah, hasil dari lahan tambang inilah yang kemudian menciptakan berbagai cekungan yang tidak beraturan. Lama kelamaan cekungan tersebut semakin besar dan dalam. Kemudian, air hujan yang turun membuat danau ini terisi oleh air dan kerennya air tersebut berwarna biru tosca dengan  pasir putihnya yang menawan.  Danau ini juga menjadi tempat favorit bagi para pecinta fotografi, lho. Selain itu, Danau Kaolin ternyata cocok banget buat dijadikan sebagai latar foto pre-wedding. 

5. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Karena airnya yang sangat jernih, maka danau ini disebut dengan Danau Labuan Cermin. Di sini, kamu seakan bisa bercermin ketika melihat air yang ada di danau ini. Danau ini ternyata memiliki dua rasa, lho, yakni asin dan tawar. Oleh karena itu, masyarakat setempat juga menyebut danau ini sebagai Danau Dua Rasa. Selain bisa berfoto ria, di sini kamu juga bisa menikmati berbagai wahana dan aktivitas lainnya, seperti berenang, snorkeling, serta main perahu-perahuan. Keren yak?

Itu dia lima danau biru terasik yang ada di Indonesia. Pada kenyataannya, masih banyak lagi danau biru yang perlu kita eksplore guna menciptakan kecintaan kita terhadap alam Indonesia. Percaya gak sih kalau danau-danau cantik tersebut ada di Indonesia? Ya, harus percaya karena itu memang ada di Indonesia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
426SHARES