Belajar dari Kasus First Travel, Inilah 5 Ciri Agen Travel Penipu. Harus Waspada!

www.abc.net.au

Baru-baru ini, heboh kasus jasa agen travel umrah First Travel yang terbukti menipu para kliennya. Dijanjikan berangkat pada jadwalnya, tapi ternyata para jemaah tersebut nggak kunjung diberangkatkan padahal udah membayar semua persyaratannya. Lebih kesalnya lagi, agen penipu tersebut memamerkan kehidupannya yang serba mewah dan seolah berfoya-foya di atas penderitaan orang lain. Banyak yang nggak menduga First Travel berbuat curang hingga miliaran rupiah karena tampak terpercaya.

Nah, agar kamu nggak ketipu seperti yang dialami oleh kliennya First Travel, Yukepo akan beberkan beberapa ciri agen travel penipu yang patut diwaspadai. Check it out!

1. Bilangnya bakal berangkat ke Maladewa, tapi kok nyampenya di Madura?

lenemondrup.dk

Ini adalah ciri-ciri travel penipu yang paling kelihatan karena tempat yang mejadi tujuan sangat jauh berbeda dengan tempat diberangkatkan. Mungkin hanya penipu yang nggak punya akal sehat lah yang menipu dengan cara ini karena sebagian besar calon peserta travel tentu sadar betul ketika ticket book di-issued. Kemungkinan pilot tiba-tiba berubah arah merupakan hal yang nggak lazim dan jarang sekali terjadi, bukan?

2. Katanya sih makan disediakan dari hotel, tapi kok malah dibekalin mie instan?

travel.idntimes.com

Janji manis agen travel penipu memang ada-ada aja. Demi meraup keuntungan berlipat, agen travel bisa aja menjanjikan bahwa makanan telah tersedia dari hotel sebagai satu kesatuan paket perjalanan dengan penginapan. Dengan dalih “tiba-tiba pihak hotel membatalkan perjanjian untuk menyediakan makan”, maka terbitlah beberapa bungkus mie instan yang dibagikan, itupun dimasak masing-masing peserta. Bisa-bisa, Hawaii pun serasa di Cicalengka.

3. Promosinya sih udah termasuk sewa alat snorkeling lengkap, tapi kok cuma kacamata renang?

www.tripadvisor.com

Di brosur dan sosial medianya sih nyantumin fasilitas yang kece dengan harga murah. Nggak tahunya, fasilitas yang didapat di tempat ternyata jauh dari harapan. Misalnya saja nih, fasilitas alat snorkeling-nya hanya dapat kacamata renang. Kalau udah begini, jadi males nyebur ke laut, 'kan? Agen travel penipu juga nggak segan-segan mengiming-imingi sesuatu yang terdengar lebay tapi mereka buat serealistis mungkin. Hati-hati dengan jebakan batman seperti ini, guys!

4. Ngakunya berpengalaman, tapi kok malah guide-nya yang paling rempong?
www.nytimes.com

Kalau kamu ikut trip dari agen travel, biasanya akan disediakan guide untuk memandu perjalanan dari awal sampai akhir. Agen travel yang betul-betul berpengalaman tercermin dari sikap dan perilaku guide-nya. Kalau justru guide-nya yang ribet sendiri, berisik, banyak aturan nggak jelas, dan suka mengubah jadwal seenak jidat. Ngeselin banget, 'kan? Bukannya menikmati liburan, kamu jadi pengen buruan pulang deh!

5. Janjinya bisa dibayar cicil, tapi kok di awal udah diburu-buruin lunas sebelum waktunya?
hir.ma

Nah, ini adalah salah satu ciri agen travel penipu. Kalau udah masalah uang, biasanya agen travel penipu nggak sungkan untuk mengubah perjanjian di awal. Misalnya di awal bilangnya boleh nyicil hingga H-1 bulan sebelum berangkat, tapi berangkatnya masih 3 bulan lagi si agen travel ngotot harus dibayar lunas atau DP hangus. Kita yang berniat ingin berangkat pun mau nggak mau membayar lunas lalu uangnya dibawa kabur gitu aja. Bikin gundah gulana banget!

Jadi itu tadi kelima ciri-ciri agen travel penipu yang rela melakukan apa aja demi meraup keuntungan. Memang ada beberapa agen travel yang kadang-kadang tak ada logika seperti kelima ciri di atas. Waspadalah! Waspadalah!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Liburan ke Bali Seminggu Modal 2 Setengah Juta-an? Bisa, Pakai 6 Trik Ini!

Liburan ke Bali Seminggu Modal 2 Setengah Juta-an? Bisa, Pakai 6 Trik Ini!

Kamu Fans LOTR? Wisata Fantasi di Selandia Baru Ini Serasa di Negeri Dongeng!

Kamu Fans LOTR? Wisata Fantasi di Selandia Baru Ini Serasa di Negeri Dongeng!

Uniknya Konsep Glamping atau Glamour Camping, Cara Lain Berkemah dengan Mewah

Uniknya Konsep Glamping atau Glamour Camping, Cara Lain Berkemah dengan Mewah

10 Potret Salar de Uyuni, Cermin Alami Terluas di Dunia yang Menakjubkan!

10 Potret Salar de Uyuni, Cermin Alami Terluas di Dunia yang Menakjubkan!

5 Fakta Unik tentang Kutub Utara Ini Bikin Kamu Ingin Segera Ke Sana!

5 Fakta Unik tentang Kutub Utara Ini Bikin Kamu Ingin Segera Ke Sana!

7 Kafe Unik di Jakarta yang Instragamable Banget Buat Kamu Datengin!

7 Kafe Unik di Jakarta yang Instragamable Banget Buat Kamu Datengin!

loading