Begini Penampakan Jembatan Kaca Toraja yang Habiskan Dana 4 Miliar Rupiah

12 April 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Jembatan kaca merupakan salah satu jembatan yang dapat dijadikan sebagai objek wisata. Namun, tidak semua negara memiliki jembatan unik ini. Di Indonesia sendiri, sedikitnya terdapat tiga jembatan kaca di lokasi yang berbeda-beda, yakni di Malang, Gunung Kidul, dan Toraja. Meski namanya jembatan kaca, namun bentuknya tidak melulu seperti jembatan penyeberangan pada umumnya. Ada yang cuma bagian tengahnya yang berupa kaca seperti di jembatan kaca Malang. Ada pula yang bentuknya menyerupai teras rumah seperti yang terdapat di Gunung Kidul. Nah, untuk yang di Toraja sendiri, katanya bentuknya mirip kayak jembatan kaca di Cina gitu, lho. Penasaran seperti apa bentuknya? Langsung kita kepoin bareng-bareng yuk!

Jembatan kaca Toraja terletak di wilayah Patung Yesus Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Jembatan ini kabarnya menjadi jembatan kaca paling mengerikan di Indonesia karena berada di atas tebing yang sangat curam. Sebenarnya, pada dasarnya bentuknya tidak banget-banget menyerupai jembatan kaca yang ada di Cina sih. Tapi, berada di atas jembatan kaca sepanjang 90 meter ini secara sensasinya nggak kalah sama yang di Cina sana.

Dengan panjang 90 meter, pembangunan jembatan kaca ini kabarnya menelan biaya hingga mencapai angka 4 miliar rupiah, lho! Hal itu wajar mengingat kualitas kaca serta berbagai sarana penunjang keselamatan. Untuk bahannya sendiri, jembatan kaca ini terbuat dari kaca berjenis tempered glass yang berstandar SNI buatan Kota Surabaya, Indonesia.

Perlu diketahui jika kaca jenis ini memiliki kekuatan yang jauh lebih baik ketimbang kaca biasa pada umumnya. Selain itu, jenis kaca ini mampu menahan 3 hingga 5 kali lipat beban angin, tahan terhadap benturan, hingga tahan terhadap perubahan temperatur tinggi dan tekanan air sehingga keamanan dari jembatan ini pun dapat terjamin.

Namun, untuk dapat menikmati keindahan Toraja dari atas jembatan kaca ini, para pengunjung diwajibkan mengenakan sepatu khusus. Rencananya, pihak pengelola akan mengimpor 20 pasang sepatu khusus langsung dari Cina sehingga faktor keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap dapat terjaga.

Dari atas jembatan kaca ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan Patung Yesus setinggi 42 meter serta panorama alam Tana Toraja yang sungguh memanjakan mata. Gimana? Tertarik untuk datang ke sini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES