Aturan yang Harus Ditaati Saat Traveling ke Korea Utara. Biar Selamat Lahir Batin

foxweekly.com

Pernah terpikir akan liburan ke Korea Utara? Mungkin termasuk ke dalam daftar liburan yang anti-mainstream dan jarang banget ada yang berkeinginan untuk ke sana. Terlepas dari polemik yang ada di negaranya, ternyata kita bisa juga lho kalau mau ke Korea Utara. Tapi penting untuk memerhatikan cara masuknya dan selalu menaati aturan menjadi traveler saat berada di sana.

Penasaran gimana cara berkunjung ke negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini dan gimana biar kamu tetap sehat wal afiat selama di sana? Check it out!

1. Cara masuk ke Korea Utara

banmilleronbusiness.com

Satu-satunya cara paling tepat bagi warga Indonesia untuk masuk ke Korea Utara adalah dari Beijing. Jadi, kalau kamu mau ke Korea Utara, kamu harus ke Beijing dulu. Dari Beijing, kamu akan naik maskapai Koryo. Tapi jangan kira kamu bisa pergi sendiri tanpa ikut tur. Kamu justru wajib mengikuti tur resmi dari pemerintah Korea Utara, di mana biasanya udah termasuk paket penginapan hingga makan. Jadi pilih-pilih dulu tuh paket tur yang sesuai budget kamu!

2. Dokumen yang harus dipersiapkan

calabazilla.com

Hampir sama dengan dokumen yang harus kamu siapkan ketika akan ke luar negeri, yaitu paspor yang masih berlaku dan visa. Meski begitu, paspormu nggak akan dicap. Visa pun akan terpisah dari paspor di mana hanyalah tercatat di selembar kertas yang disebut tourist card. Itu pun akan diambil kembali oleh petugas sebelum kamu meninggalkan Korea Utara. Jadi kalau kamu hobi mengoleksi stempel paspor dan visa, harus ikhlas nih.

3. Pemeriksaan di imigrasi

www.clipmass.com

Imigrasi Korea Utara juga sama aja dengan negara-negara lain. Kamu akan diperiksa berdasarkan prosedur yang berlaku umumnya. Nggak seketat yang kamu kira, yang penting kamu nggak membawa barang-barang untuk kebutuhan jurnalistik atau keagamaan. Setiap gadget-mu akan diperiksa dan dicatat mereknya serta kamu dan barang-barang harus melalui detector. Semuanya akan di-scan, jadi mending jujur aja ya daripada ribet.

4. Aturan berwisata di Korea Utara
edition.cnn.com

Karena kamu akan berwisata dengan tur berpemandu, maka kamu akan selalu ditemani kemana pun kamu pergi. Tour guide ini nggak hanya menjelaskan tentang wisata setempat, tapi juga mengingatkan peraturannya. Misalnya dengan menghormati aktivitas warganya hingga turut menjaga sikap selama mengunjungi tempat-tempat bersejarah, terutama jika ada simbol, foto, atau patung pemimpinnya. Turis pun dilarang untuk keluar malam tanpa ada izin khusus, lho!

5. Foto-foto selama wisata
www.bbc.co.uk

Kamu boleh mengambil foto-foto selama di sana, tapi tetap ada aturan yang harus kamu taati. Jangan pernah berpose berlebihan ketika foto di depan patung raksasa Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il, misalnya dengan melompat, berpose meniru pose patungnya dan berpose nggak sopan, atau meludah. Dilarang memotret petugas berseragam tanpa izin dan ada juga tempat-tempat yang nggak boleh kamu foto. Jadi, selalu ikuti aturannya ya agar selamat!

6. Berinteraksi dengan masyarakatnya

uritours.com

Mungkin kamu penasaran kayak gimana sih kehidupan mereka di sana? Apakah sesuai dengan apa yang diberitakan selama ini? Kamu boleh kok berinteraksi dengan masyarakat Korea Utara agar wawasanmu lebih terbuka dengan keadaan mereka yang sebenarnya. Yang penting, kamu nggak ngobrolin hal-hal yang sensitif bagi mereka seperti agama atau politik. Apalagi kalau sampai mencoba untuk ‘mencuci otak’ mereka dengan keyakinanmu. Duh, jangan deh!

7. Beli oleh-oleh yang hanya dijual untuk turis

www.brilio.net

Namanya juga orang Indonesia, bukan traveling namanya kalau nggak pulang bawa oleh-oleh. Sebenarnya ada beberapa barang yang dijual dan bisa kamu beli sebagai turis. Tapi ada juga barang-barang yang dilarang dibeli oleh turis meskipun mereka menjualnya. Saat kamu akan keluar Korea Utara, petugas bisa aja memeriksa tas kamu dan kalau mendapati barang-barang terlarang tersebut, kamu bisa kena hukuman. Nggak mau 'kan kayak gitu?

Gimana? Masih berkeinginan ke Korea Utara? Kalau hanya diceritakan di sini sih, kayaknya gampang-gampang aja ya. Cobain sendiri deh kalau kamu mau berkelana melihat sisi dunia yang unik dan berbeda seperti di Korea Utara!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Siapa Bilang Berhijab ke Pantai Itu Ribet? Coba Ikuti 5 Gaya Simple Ini!

Siapa Bilang Berhijab ke Pantai Itu Ribet? Coba Ikuti 5 Gaya Simple Ini!

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Kamu Claustrophobia atau Takut Ruang Sempit? Berani Menginap di Hotel Kapsul?

Kamu Claustrophobia atau Takut Ruang Sempit? Berani Menginap di Hotel Kapsul?

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Selain Lawang Sewu, 5 Wisata Semarang Ini Mirip Banget dengan di Luar Negeri

Selain Lawang Sewu, 5 Wisata Semarang Ini Mirip Banget dengan di Luar Negeri

loading