9 Fakta Terselubung di Balik Keindahan Gunung Rinjani

09 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
1.4 KSHARES

Indonesia kaya sumber daya alam. Indonesia kaya dengan gunung, sawah, dan lautan. Hal itu wajar mengingat letak dari Nusantara berada di antara dua samudra dan dua benua sehingga sangat amat memungkinkan terjadinya pertukaran atau percampuran flora dan fauna. Salah satu tempat yang sangat difavoritkan oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi para hikers adalah Gunung Rinjani.

Selain keindahan yang ditampilkannya, Gunung Rinjani juga menjadi titik persinggungan antara garis batas Wallace di mana flora dan fauna tipe Asia bertemu dengan flora dan fauna tipe Australia. Selain itu, masih ada lagi keajaiban dan fakta dari salah satu gunung yang termasuk ke dalam Seven Summit Indonesia ini. Apa saja itu? Langsung aja kita kepoin bareng. Yuk, kepo!

1. Memiliki stalaktit Gua Susu dan Gua Payung Mas

Berdasarkan data, hanya Gunung Rinjani yang memiliki gua. Di dalam gua, kamu bisa melihat berbagai stalaktit yang indah. Gua di sana disebut dengan Gua Susu dan Gua Payung Mas.

2. Menjadi titik persinggungan garis Wallace

Seperti yang sudah disinggung di atas, Gunung Rinjani menjadi titik pertemuan garis Wallace sehingga sangat kaya dengan flora dan fauna tipe Asia maupun Australia.

3. Dinobatkan sebagai gunung paling romantis

Pemandangan keromantisan Rinjani dapat kita temukan tatkala matahari mulai terbenam alias waktu sunset. Spot untuk melihat sunset terbaik di Rinjani berada di Plawangan Sembalun. Di sini, suasana romantis bisa banget banget kamu rasakan!

4. Keindahan Danau Sagara Anak

Danau Sagara Anak menjadi salah satu keajaiban yang dimiliki oleh Rinjani. Bahkan, pemandangan dari danau tersebut pernah terpampang pada mata uang 10 ribu di tahun 1998.

5. Menyabet berbagai penghargaan

Berbagai penghargaan dunia telah disabet oleh gunung yang satu ini. Mulai dari World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardshipdari Conservation International dan National Geographic Traveler pada tahun 2004, masuk menjadi tiga besar Tourism for Tommorow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council pada tahun 2005, serta finalis Tourism for Tomorrow Award pada tahun 2007.

6. Lanskap tiga gunung terbaik dapat dilihat di puncak Rinjani

Ketika kamu telah sampai pada puncak Rinjani, kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan dari ketiga gunung di Indonesia, yakni Gunung Batur, Gunung Agung, dan Gunung Tambora!

7. Bunga Edelweiss di puncak Rinjani

Di puncak gunung romantis ini juga kamu dapat menemukan bunga Edelweis yang konon katanya nggak bisa rontok!

8. Menjadi tempat sakral bagi masyarakat lokal

Gunung ini dianggap sebagai tempat yang sangat sakral bagi sebagian besar masyarakat suku Sasak. Bahkan, saking menghormatinya, rumah dari warga setempat semuanya menghadap ke arah Gunung Rinjani.

9. Pernah meletus sebanyak 10 kali

Gunung yang berada di Propinsi NTB ini tercatat pernah meletus sebanyak sepuluh kali, yakni pada tahun 1846, 1884, 1901, 1906, 1909, 1915, 1944, 1994, 2004, dan 2009. Dari kesepuluh letusan ini, letusan yang terparah terjadi pada tahun 1944 hingga memunculkan banyak gunung kecil yang berjejer di kaki Gunung Batujari.

Itu dia sembilan fakta terselubung di balik keindahan Gunung Rinjani. Sebagai salah satu dari Seven Summit Indonesia, Gunung Rinjani menjadi tempat yang recomended banget buat kamu jelajahi. Jadi, kapan kamu akan berangkat ke sana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
1.4 KSHARES