7 Tips Penyelamat Atasi Menstruasi Saat Traveling. Nggak Bakal Merusak Mood dan Liburanmu!

15 November 2017
|Olphi Disya
5SHARES

Bagi kamu yang akan traveling tapi juga was-was karena takut menstruasi tiba-tiba, tenang kamu nggak sendiri. Hal ini tentu dialami oleh banyak cewek di luar sana yang khawatir kalau saat traveling tiba-tiba tamu bulanan mampir.

Agar liburanmu tetap menyenangkan, kamu harus ikuti dulu tips berikut ini. Lagi haid atau tidak, tetap bisa happy tuh!

1. Hitung perkiraan tanggal menstruasi

Ketika akan pergi ke tempat yang jauh dan dalam waktu yang lama, misalnya akan umroh, sebaiknya kamu kira-kira dulu tuh kapan kamu akan menstruasi. Dengan memperikirakan tanggal, kamu bisa memilih aktivitas yang tepat. Misalnya, kamu pergi setelah masa haid atau ketika bertepatan dengan datang bulan, kamu bisa pilih aktivitas yang lebih santai. Sebisa mungkin pilih tanggal yang nggak bertepatan dengan kamu menstruasi, ya!

2. Konsultasi ke dokter

Kalau tanggal traveling bertepatan dengan tanggal menstruasi dan nggak bisa diubah, kamu bisa konsultasikan ke dokter. Periksakan dirimu minimal sebulan sebelum keberangkatan. Dari hasil pemeriksaan, kamu akan mengetahui kondisi kesehatanmu dan mendeteksi apakah organ reporduksimu memerlukan terapi hormon atau nggak. Dari hasil konsultasi, bisa aja dokter menyarankan obat tertentu yang sesuai dengan kondisimu.

3. Jangan lupa bawa pereda nyeri menstruasi

Nggak bisa dipungkiri kalau nyeri menstruasi ketika traveling itu bikin liburan jadi terasa bete. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu bawa pereda nyeri menstruasi. Mulai dari obat-obatan hingga kompres perut yang bisa kamu dapatkan di apotek. Selalu sediakan juga air putih yang banyak agar kamu nggak mudah dehidrasi karena kelelahan. Pastikan kamu selalu siaga obat sakit perut ketika berpergian, ya!

4. Siapkan pembalut yang cukup

Selalu sedia ‘alat tempur’-mu setiap hari menstruasi. Bisa mulai dari pembalut malam yang panjang, pembalut siang, hingga tampon. Meskipun kamu bisa beli selama traveling, tapi ada baiknya kamu menyiapkan semuanya dari rumah karena belum tentu ketika membeli di warung saat traveling tersedia pembalut yang kamu butuhkan, 'kan? Ibarat sedia payung sebelum hujan, sediakan pembalut untuk ganti setiap 4-6 jam sekali.

5. Pakai celana warna gelap

Agar kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman, kamu wajib mengenakan pakaian yang nggak bikin gerah. Hindari pakaian yang ketat dan pilihlah yang menyerap keringat. Selain itu, kamu bisa mengenakan celana berwarna gelap agar kalau tembus, kamu tetap merasa aman dari tatapan orang-orang. Hindari celana yang berwarna terang kalau kamu lagi menstruasi di hari-hari pertama dan kedua. Kecuali kamu udah yakin banget nggak bakalan tembus!

6. Hindari aktivitas yang bikin repot

Sebenarnya nggak apa-apa sih untuk mengikuti aktivitas berenang selama menstruasi. Tapi kamu harus siap-siap lebih repot. Ketika mens, kamu harus siap membersihkan pembalut setelah berenang atau di pantai. Tapi ingat, jangan buang pembalut bekasmu sembarangan, maka dari itu, bawa juga kantong plastik untuk membungkus pembalutmu. Dan kalau mau lebih aman, kamu bisa cari alternatif aktivitas lain selain berenang.

7. Bawa bekal cokelat dan air putih

Kalau lagi haid, umumnya mood jadi berantakan. Nggak mau kan udah jauh-jauh traveling tapi yang dirasakan hanya bad mood. Oleh karena itu, kamu coba deh bawa bekal yang menyenangkan seperti cokelat. Makanan seperti cokelat dipercaya dapat menaikkan mood sehingga kamu jadi merasa lebih baik. Jangan lupa juga minum air putih yang banyak agar aliran darahmu lancar, ya!

Jadi nggak khawatir lagi 'kan walau traveling saat menstruasi tiba? Semua bisa diatasi kalau kamu memang mempersiapkannya dengan baik, kok. Happy holiday!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
5SHARES