7 Tempat Wisata yang Asik dan Kekinian Banget di Daerah Ngapak. Cobain Yuk!

05 Desember 2017
|Chandra W.

Ketika kamu mendengar kata 'Ngapak', apa yang ada di pikiranmu? Mungkin sebagian besar kepikiran dialek Banyumasan yang sangat khas dan lucu. Ada juga yang kepikiran mendoan dan soto. Tapi kamu tahu nggak sih kalau di daerah-daerah yang orang-orangnya berbicara bahasa Jawa dialek Banyumasan alias Ngapak ini, banyak tempat wisata yang kekinian banget. Asik buat dikunjungi pas liburan.

Daerah Ngapak yang dimaksud disini adalah Barlingmascakeb alias Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen. Seperti apa keindahannya? Yuk simak bareng-bareng.

1. Memandang samudera dari atas gunung, bisa dong di Gunung Selok, Cilacap

Terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, wisata Gunung Selok terkenal dengan gardu pandangnya. Dari ketinggian, kamu bisa memandang hamparan sawah dan pantai selatan di kejauhan. Seru banget kan bisa melihat laut dari atas gunung? 

2. Menikmati semilir angin laut di spot-spot instagrammable di Pantai Watu Bale, Kebumen

Berjarak 45 menit dari Gombong, Pantai Watu Bale sebenarnya tidak terlalu panjang garis pantainya dan memiliki tebing yang curam. Namun di sinilah letak keunikannya. Kamu bisa berfoto di tiga titik foto hits yaitu Jembatan Segitiga, Tebing Titanic dan Rumah Pohon. Sayang akses ke sana masih agak terbatas terutama untuk kendaraan roda empat sehingga harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit dari parkiran.

3. Pemandangan hijau dari atas Bukit Gadog, Sunyalangu, Karanglewas, Kabupaten Banyumas

Objek wisata baru ini menawarkan spot foto di atas ketinggian dengan hijau pepohonan dan persawahan sejauh mata memandang. Asik banget kan? Tapi untuk sampai di sini agak butuh perjuangan nih soalnya kamu harus mendaki bukit dulu. Kalau kamu datang naik mobil, kamu harus berjalan lebih dari setengah jam untuk sampai ke sini. Mending naik motor aja kali ya.

4. Selfie Deck Double Love di Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas

Kalau kamu sudah pernah ke Baturaden, mungkin mengunjungi lokawisatanya atau curugnya, nah ini nggak jauh dari Baturaden guys. Untuk berfoto di sini kamu perlu masuk dari portal wisata Curug Jenggala dan membayar biaya retribusi Rp 5.000 saja. 

5. Hati berbunga-bunga di Taman Seribu Bunga Kutabawa, Purbalingga

Terletak di lereng Gunung Slamet, setidaknya ada 18 jenis bunga yang bermekaran di Taman Seribu Bunga ini. Cerah ceria dan cocok banget buat mewarnai feeds Instagrammu kan. Sambil menikmati wangi bunga yang mekar, kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Slamet yang menakjubkan.

6. Bukit Asmara Situk, Banjarnegara yang bikin bahagia

Suasana alam yang menyejukkan hati terasa banget saat kamu mendaki Bukit Situk. Tapi harus bawa air minum ya biar nggak haus saat naik. Sampai di sini kamu bisa menikmati wahana Flying Fox dan rumah pohon. Bukit Situk sendiri ada di Desa Kailunjar, Banjarmangu, Banjarnegara.

7. Nggak perlu ke New Zealand, nikmati rumah ala hobbit di Kampung Kurcaci, Purbalingga

Konsep awalnya sebenarnya adalah sekolah alam tetapi lalu dikembangkan menjadi tempat wisata. Terletak di Desa Serang yang masih banyak terdapat pepohonan damarnya, kamu bisa camping, trekking dan tentunya foto-foto di rumah kurcaci dong.

Itu dia tujuh tempat wisata di daerah ngapak yang asik banget. Jadi kapan kita kemana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES