7 Tempat Wisata Tersembunyi di Jogjakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Sumber Gambar

Selain terkenal sebagai kota pendidikan, kota Jogjakarta pun terkenal dengan tempat-tempat wisatanya. Kebanyakan orang merekomendasikan wisata di Jogjakarta hanya ke tempat-tempat yang mainstream seperti Malioboro, Pantai Parangtritis, Keraton, Candi Borobudur, Prambanan, Sarkem dan tempat populer lainnya. Pesona keistimewaan Jogja memang berpusat di titik-titik yang selalu ramai pengunjung. Tapi bagi para petualang dan pengelana sejati, disuguhi sesuatu yang sudah mainstream cenderung akan membosankan. Lagipula, banyak sekali tempat-tempat menarik di Jogja yang masih tersembunyi, tidak populer, namun menawarkan pesona yang tak kalah menarik dibanding tempat-tempat wisata yang sudah populer. Di sini kami akan menguak surga-surga tersembunyi di Jogja yang wajib kamu kunjungi ketika mampir ke kota istimewa ini.

1. Hutan Wisata Kalibiru

Sumber Gambar

Tempat wisata di Jogja pertama yang wajib kamu kunjungi berada di pegunungan Manoreh, kabupaten Kulonprogo. Di sini ada Kalibiru, desa dan hutan wisata yang menjadi spot wisata yang belum banyak diketahui orang. Hutan wisata kalibiru ini cocok untuk kamu yang ingin foto-foto dengan pemandangan yang indah dengan latar pepohonan hijau nan cantik. Bagus nih buat kamu yang suka pamer di medsos dengan foto di tempat duduk yang telah disediakan di atas pohon. Wiiih keren pokoknya.

2. Gumuk Pasir di Pantai Parangkusumo

Sumber Gambar

Tempat wisata di Jogja kedua berada di pesisir pantai selatan Jogja. Namun, yang ditekankan di tempat yang satu ini bukan keindahan pantainya, melainkan kamu bisa melakukan snowboarding di atas pasir. Kamu bisa merasakan pengalaman snowboarding tanpa media salju, namun di gumuk pasir di Pantai Parangkusumo. Keren deh pokoknya. Asal kalian tahu, gumuk pasir hanya ada dua tempat di dunia. Yaitu, di Meksiko dan di Pantai Parangkusumo Jogja ini. Keren kan? Keren dong! Di sini juga kamu bisa merasakan sensasi menuruni bukit pasir dengan papan seluncur dengan aman bahkan untuk pemula. Tenang aja guys, jatuh saat bermain papan seluncur di sini ga akan sakit kaya jatuh di aspal kok. Apalagi jatuhnya sama si cinta. ihiw

3. Air Terjun Sri Gethuk

Sumber Gambar

Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Gunung Kidul merupakan pesona keindahan air yang terjun bebas ke bawah dari ketinggian yang menawan, yang bisa kamu temukan di kawasan Air Terjun Sri Gethuk. Alamatnya ada di Desa Wisata Blebean, di ngarai Sungai Oya. Air terjun ini mengalir di sela-sela batuan khas Gunung Kidul dan tak henti-henti mengalir meskipun memasuki musim kemarau. Pokoknya enak banget deh kalo ke sini bareng pacar. Tapi bukan berarti ga enak kalo bareng temen-temen atau keluarga. Cuma suasananya lebih ngena kalo bareng pacar.

4. Pantai Siung Jogja

Sumber Gambar

Wisata di Jogja kali ini perlu kamu tempuh melalui pesisir selatan pantai Jogja, sampai kamu menemukan sebuah pantai dengan nama Pantai Siung. Di sini tak jauh berbeda kondisinya dengan pantai lain, namun yang menjadi surga tersembunyi adalah tebing-tebing tinggi dan curam di bibir pantai yang bisa kamu panjat. Pantai Siung ini adalah tempat terbaik bagi kamu para pecinta olahraga panjat tebing atau buat kamu yang suka panjat tebing juga boleh cobain kok. Daya tarik tebing di pantai ini luar biasa. Adrenalin yang meningkat saat memanjati celah-celah tebing berpadu dengan nikmatnya pemandangan laut selatan yang biru bercampur dengan ombak besar yang saling berkejaran hingga berdebur pecah di bagian bawah tebing. Momen yang gak bakal kamu lupain deh kalo main ke pantai indah ini.

5. Pantai Pasir Putih Pok Tunggal

Sumber Gambar

Tidak sedikit orang kecewa karena tempat wisata di Jogjakarta terutama pantai, ga seindah yang dibayangkan sebab berpasir coklat seperti pasir-pasir di toko material. Namun, kekecewaan ini ga akan kamu temui jika sudah menjajal salah satu pantai pasir putih di Jogja ini. Pantai Pok Tunggal letaknya memang masih tersembunyi (walaupun sekarang sudah semakin ramai pengunjung), dan untuk mencapai tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan menyusuri sisi timur Pantai Indrayanti. Pantai ini ikonik dengan pohon Duras yang menjadi sejarah penamaan pantai indah ini. Pohon ini memiliki pangkal pohon atau pok satu saja, sehingga muncul nama Pok Tunggal. Pemandangannya dijamin bikin kamu betah berlama-lama di sini.  

6. Pantai Timang

Sumber Gambar

Tempat wisata yang satu ini terkenal akan keindahan pantainya bukan gunungnya karena memang di sini tidak ada gunung. Tempat wisata berupa pantai unik ini akan kamu temukan di Pantai Timang. Pantai Timang ini kondisinya mirip seperti pantai-pantai selatan pada umumnya: berombak besar dan bertebing curam serta berkarang-karang. Namun, yang membuatnya istimewa, di pantai ini terdapat gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk dipakai kamu yang tertantang untuk menaikinya sampai pulau karang di seberang pantai. Gondola ini biasa dipakai oleh para nelayan untuk mencari lobster di pulau karang dengan ombak setinggi minimal 5 meter itu. Tenang, gondola ini dicek keamanannya setiap hari kok, jadi aman untuk digunakan.

7. Gua Jomblang

Sumber Gambar

Tempat wisata yang terakhir masih berlokasi tak jauh dari Jogja bagian selatan adalah gua tersembunyi bernama Gua Jomblang. Berada di antara daerah Gunung Kidul, gua vertikal ini paling baik dikunjungi saat matahari sedang di puncak kepala, atau sekitar pukul 10-12 siang. Dengan begitu, ketika kamu di dalam gua, kamu akan disuguhi cahaya terang yang masuk ke dalam gua melaui celah gua tempat kamu masuk. Udah kaya dapet pencerahan langsung dari sang Pencipta.

Itulah tadi tempat-tempat wisata tersembunyi di Jogja yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Jogja memang kota istimewa dan satu hal yang pasti, ada rasa rindu ketika kamu sudah lama ga berkunjung ke kota yang satu ini.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Keluyuran Tengah Malam

Inilah Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Keluyuran Tengah Malam

Kompilasi Foto-Foto Unik yang Bakal Bikin Kamu Kagum!

Kompilasi Foto-Foto Unik yang Bakal Bikin Kamu Kagum!

7 Sensor Televisi Berlebihan Ini Malah Bikin Kamu jadi Mikir Aneh-Aneh

7 Sensor Televisi Berlebihan Ini Malah Bikin Kamu jadi Mikir Aneh-Aneh

10 Kebandelan Anak-Anak Ini Bikin Kamu Mikir Tiga Kali Untuk Menikah

10 Kebandelan Anak-Anak Ini Bikin Kamu Mikir Tiga Kali Untuk Menikah

Kentut Kamu Bau? Coba Ikuti 7 Cara Ini Agar Tidak Malu

Kentut Kamu Bau? Coba Ikuti 7 Cara Ini Agar Tidak Malu

Selain Cari Kerja, 7 Kegiatan Ini Bikin Waktu Menganggur Bermanfaat

Selain Cari Kerja, 7 Kegiatan Ini Bikin Waktu Menganggur Bermanfaat

loading