7 Tempat Wisata Kebumen ini Worth-it Buat Dikunjungi. Feeds Instagram Jadi Apik!

www.indonesia-tourism.com

Ketika kamu berkunjung ke Jawa Tengah, kamu mungkin akan sedikit menemukan kesulitan dalam mencari tempat wisata dibandingkan ketika berkunjung ke Jogja atau Bali. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kebumen yang terkenal dengan bahasa ngapak dan Benteng Van der Wijck ini, menyimpan tempat-tempat wisata yang masih cukup tersembunyi tapi pesonanya nggak kalah sama tempat lain. Meskipun mencarinya perlu usaha lebih, tapi pasti worth it kok. Apa saja ya? Simak daftar di bawah ini, sobat Kepo!

1. Pantai Karang Bolong

www.jejakpiknik.com

Disebut juga Pantai Karbol, pantai berpasir abu-abu ini terkenal karena di sini terdapat gua yang di dalamnya banyak sarang burung walet. Penduduk sekitar memanfaatkan keberadaan gua ini sebagai mata pencaharian mereka, yaitu mencari sarang burung walet. Wisatawan tidak bisa sembarangan memasuki kawasan ini, karena cukup berbahaya. Tapi kalau jalan-jalan di pantainya aja boleh kok.

2. Pantai Menganti

www.telusurindonesia.com

Jangan dikira hanya Jogja dan Bali yang punya deretan pantai berpasir putih. Kebumen punya Pantai Menganti yang selain indah ternyata menyimpan kisah pilu di baliknya. Dulu ada seorang panglima Majapahit yang jatuh cinta dengan seorang gadis. Pantai ini dipilih untuk tepat mereka bertemu. Sang panglima datang dan menunggu pujaan hatinya di sini namun sang gadis tak kunjung datang. Rindunya berbuah lara. Penantian sia-sia ini lah yang jadi inspirasi nama pantai: Menganti. Cocoklogi? Entahlah, katanya sih gitu.

3. Waduk Sempor

lintaskebumen.wordpress.com

Waduk yang dibangun tahun 1978 ini cocok banget untuk berwisata bersama keluarga. Di sini kamu bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan yang hijau di sekitar waduk. Ditambah semilir angin membelai rambut, sejenak kamu pasti bisa melupakan kesibukan dan kegalauan yang menumpuk di pundak. Selain itu, pemandangannya juga bagus untuk berfoto.

4. Jembangan Wisata Alam
www.tripadvisor.ca

Ini objek wisata yang lagi ngehits banget di Kebumen. Jembangan Wisata Alam (JWA) menawarkan berbagai zona dan wahana seperti zona outbond, zona pemancingan, sepeda air, hingga zona fantasy zoo. Yang paling asyik sih sebenarnya karena di sini ada tempat makan yang langsung menghadap ke telaga yang dikelilingi hutan. Bayangkan gimana rasanya menikmati suasana tepi telaga sambil makan dengan orang tersayang. Tambah nikmat!

5. Bukit Pranji
bolehtanya.com

Pemburu sunrise wajib mengunjungi bukit ini. Dari atas ketinggian, syahdu rasanya melihat detik-detik terbitnya matahari. Bukit Pranji ini terletak di Desa Pengaringan, Kecamatan Penjagoan. Sudah banyak juga kok yang camping dari malam sebelumnya demi menyaksikan sunrise di sini.

6. Pantai Petanahan

olipeoile.wordpress.com

Meskipun pasir di pantai ini berwarna abu-abu, air lautnya masih sangat jernih dan birunya sangat memanjakan mata. Seperti Pantai Menganti, pantai ini juga punya kisah sendiri. Menurut cerita legenda yang beredar, dahulu kala ada seorang istri bernama Dewi Sulastri. Ia adalah istri dari Raden Sujono yang merupakan seorang abdi di Pucung Kembar. Ketika Raden Sujono sedang bertugas sang istri diculik oleh Joko Puring yang pernah menaruh hati pada Dewi Sulastri. Dewi Sulastri diculik hingga ke Pantai Karanggadung dan dipaksa untuk menjadi istrinya. Namun Dewi Sulastri tetap menolak hingga akhirnya datanglah Raden Sujono menyelamatkan Dewi Sulastri. (Sumber: YukPiknik)

7. Cagar Alam Geologi Karangsambung

www.otonomi.co.id

Anak geologi dan pacarnya, wajib nih mengunjungi tempat yang satu ini. Di sini kamu bisa menjumpai segala jenis batuan di muka bumi. Kamu juga bisa sekaligus belajar bagaimana patahan dan segala peristiwa geologis bisa terjadi. Wisata sekaligus belajar, oke banget tuh!

Jadi, kapan kita ke Kebumen?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Persiapkan 5 Hal ini untuk Membuat E-Paspor. Gampang dan Nggak Ribet kok!

Persiapkan 5 Hal ini untuk Membuat E-Paspor. Gampang dan Nggak Ribet kok!

Qistina Faiqah, Gadis Malaysia ini Berbagi Tips Traveling Sendirian di Negeri Orang. Penasaran?

Qistina Faiqah, Gadis Malaysia ini Berbagi Tips Traveling Sendirian di Negeri Orang. Penasaran?

10 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Jauh-jauh Jalan ke Maluku. Daripada Galau!

10 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Jauh-jauh Jalan ke Maluku. Daripada Galau!

Mau Liburan ke Luar Negeri dan Butuh Taksi Online? Install 7 Aplikasi Ini!

Mau Liburan ke Luar Negeri dan Butuh Taksi Online? Install 7 Aplikasi Ini!

Sepele Sih, Tapi 7 Hal ini Bisa Bikin Kamu Dipenjara di Negera Orang!

Sepele Sih, Tapi 7 Hal ini Bisa Bikin Kamu Dipenjara di Negera Orang!

Cuma di Silfra, Rasakan Sensasi Menyelam di antara 2 Lempeng Benua. Berani?

Cuma di Silfra, Rasakan Sensasi Menyelam di antara 2 Lempeng Benua. Berani?

loading