7 Tempat Keren Abis yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berwisata di China

29 November 2017
|Chandra W.
149SHARES

China atau Republik Rakyat Tiongkok adalah negara dengan luas terbesar keeempat di dunia dan memiliki penduduk lima kali lipat lebih banyak dari Indonesia. Dengan luas wilayah sekitar 9,6 juta kilometer persegi, tentunya negara yang terkenal dengan julukan Negeri Tirai Bambu ini memiliki banyak tempat menakjubkan untuk dikunjungi.

Nah kalau kamu ada rencana untuk berwisata menemui panda di negara asalnya, jangan lupa untuk mengunjungi sepuluh tempat ini di China.

1. Suzhou Garden di Provinsi Jiangsu

Suzhou Garden merupakan taman besar yang terdiri dari 80 taman yang lebih kecil di dalamnya. Dibangun sejak masa Dinasti Ming pada abad ke-14 hingga Dinasti Qing abad menjelang abad ke-20, taman-taman ini dahulu dibuat untuk rekreasi para aristokrat dan pengusaha kaya. Beberapa taman yang terkenal di antaranya Lingering Garden, Humble Administrator's Garden, the Lion Grove Garden dan Couple Retreat's Garden.

Di sini kamu bisa menemui suasana asri dan China masa lalu yang sangat kontras dengan keadaan kota zaman sekarang. Cocok banget deh untuk relaksasi. Suzhou Garden juga masuk daftar UNESCO World Heritage Site karena dianggap sebagai salah satu taman paling bersejarah di dunia.

2. Honghe Hani Rice Terraces

Di Indonesia kita mengenal sistem pertanian terasering. Nah ternyata China juga punya nih lahan pertanian dengan desain terasering di Yuanyang, yang membentang dari pegunungan Ailao sampai Sungai Hongkong di Yunnan. Luasnya mencapai hampir 500.000 hektar dan sistem pertanian ini melancarkan irigasi dari hutan di puncak gunung sampai ke bawah.

Sawah ini juga masuk ke daftar UNESCO World Heritage Site. Mengunjungi tempat ini kamu pasti bakal kagum sama bentukan teraseringnya dan dimanjakan dengan udara dingin pegunungan.

3. The Bund, Shanghai

Nggak semuanya di China dibangun dengan gaya oriental. Nggak percaya? Ini buktinya: The Bund, kawasan bisnis dan perumahan elit di Shanghai. Kamu bisa menjumpai gedung-gedung dengan arsitektur bergaya Eropa klasik dari Baroque sampai Rennaissance.

Kawasan ini membentang sejauh satu setengah kilometer di tepi barat Sungai Huangpu dari Jembatan Waibaidu sampai Jembatan Nanpu. Area ini juga dikabarkan merupakan salah satu titik paling romantis di Shanghai. Bulan madu ke sini bisa kali yaa.

4. Melihat panda-panda lucu di Chengdu

Siapa sih yang nggak gemas sama hewan bola bulu monokrom ini? Mumpung berada di negara aslinya, jangan sia-siakan kesempatan untuk melihat mereka bermain dan bergulung sama teman-temannya di Chengdu. Ada tiga tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat panda, yaitu Chengdu Panda Breeding and Research Center, Bifengxia Panda Base, dan Dujiangyan Panda Valley.

5. Terracotta Army, Xian

Pernah mendengar penemuan besar dalam bidang arkeologi tentang patung tentara dari tanah liat di Cina? Yup terletak di Xian, setidaknya 8.000 tentara dan kuda dalam ukuran asli terbuat dari tanah liat dibuat untuk menemani Kaisar pertama China, Qin. Patung-patung ini ditemukan dalam posisi berbaris dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang berbeda satu sama lain. Di mana lagi ada penemuan sehebat ini? Makanya kamu wajib banget ke sini pas di China.

6. Forbidden City, Beijing

Forbidden City adalah kompleks istana tempat para kaisar tinggal zaman dahulu. Dari Dinasti Ming sampai Dinasti Qing menempati kompleks istana dengan hampir 10.000 kamar ini. Kabarnya atapnya dilapisi cat emas sedangkan keseluruhan bangunannya bergaya klasik China dengan cat merah dan kuning. Dulu, orang biasa nggak boleh masuk ke sini. Sekarang tempat ini sudah menjadi museum istana dan boleh dimasuki wisatawan.

7. Zhangjiajie Glass Bridge khusus buat pecinta adrenalin

Jangan ngaku pemberani kalau belum pernah melintasi jembatan kaca tertinggi di dunia. Jembatan sepanjang 430 meter ini berlantai kaca, jadi kamu bisa melihat langsung ke bawah jurang setinggi 300 meter. Kalau kamu nonton film Avatar, nah di antara pegunungan inilah syutingnya. Berani coba?

Karena terletak di provinsi yang berbeda-beda, agak nggak mungkin sih kamu bisa mengunjungi semua tempat tadi dalam waktu kunjungan singkat. Kecuali kamu sedang menempuh pendidikan di China, mungkin bisa berlibur ke tempat ini ala turis. Jadi gimana, mau masukin China ke bucket list?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
149SHARES