7 Teknik Fotografi yang Cocok Kamu Cobain Ketika Sedang Traveling, Dijamin Hasilnya Kece!

28 November 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Traveling adalah perjalanan serta petualangan yang sangat menyenangkan. Dengan melakukan traveling, pengalaman kamu akan dunia luas semakin terbuka lebar. Karena pengalaman adalah guru yang paling berharga, maka dari itu ada baiknya jika kita mengabadikan berbagai momen yang tersaji karena bisa jadi kita gak akan pernah mendapatkan momen yang sama di kemudian hari.

Untuk dapat mengabadikan momen tersebut dengan tepat dan mendapatkan hasil yang memuaskan, tentunya kamu juga harus pandai dalam mengambil berbagai sudut yang pas ketika memotret suatu objek. Nah, dalam artikel ini YuKepo mau ngasih tau kamu nih tujuh teknik fotografi yang cocok buat kamu lakuin ketika tengah pergi traveling. Penasaran kan? Langsung aja deh kalau begitu. Yuk, kita kepo!

1. Ambil gambar dari sudut pandang yang unik dan berbeda

Kamu mau kan jika hasil foto yang kamu dapatkan itu berbeda dengan yang lainnya? Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang berbeda, kamu juga harus bisa mengambil sudut pandang yang berbeda dengan yang lainnya. Jika memang kamu terbiasa mengambil gambar dengan cara berdiri, untuk ini usahakan mengambil gambar dengan cara duduk atau jongkok atau bahkan sambil berbaring.

2. Perhatikan komposisi pada foto

Dalam teknik fotografi, ada beberapa aturan tertulis mengenai penempatan objek dalam frame sebuah foto. Ada yang namanya Rule of Thirds, yakni penempatan objek dalam foto pada sepertiga frame, ada juga Golden Ration, yakni penempatan objek pada perbandingan 1.6 dalam sebuah frame. Jika kita biasa meletakan objek di tengah frame, cobalah sesekali untuk meletakan objek pada bagian pinggir dari frame.

3. Ambil objek foto yang sederhana

Terkadang mengambil foto dengan hanya satu objek sebagai pusat lebih baik daripada mengambil berbagai objek. Hal itu disebabkan adanya kesan yang mendalam dari objek tersebut, baik berupa pesan secara tersirat maupun yang lainnya. 

4. Ambil foto ketika memasuki golden hour

Apa yang dimaksud dengan golden hour? Golden hour adalah waktu ketika matahari berada di cakrawala. Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat bagimu untuk mengambil foto karena akan menghasilkan warna dan cahaya yang lebih soft, hangat, serta dapat memperlihatkan dimensi suatu objek dengan lebih baik karena cahaya dari samping yang didapatkan. 

5. Gunakan teknik panorama

Teknik panorama adalah teknik yang biasa digunakan untuk memotret pemandangan alam. Jika kameramu tidak terlalu luas menangkap sebuah gambar pada mode biasa, coba gunakan mode panorama yang biasanya tersedia pada setiap kamera. Dengan begitu, gambar keseluruhan dari apa yang kamu lihat bisa tersampaikan pada foto yang kamu ambil.

6. Jangan memotret dari tempat kerumunan banyak orang

Ketika kamu mengambil sebuah gambar dari tempat yang orang lain juga gunakan, maka hasilnya dari jepretan kamu tidak akan jauh berbeda dari orang lain. Oleh karena itu, carilah tempat di mana tidak banyak orang yang berada di sana sehingga hasil jepretanmu pun akan terlihat berbeda dan lebih baik dari kebanyakan orang.

7. Bawa kamera terbaikmu

Hal ini dirasa cukup penting karena bagaimanapun hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Ketika kamu memotret dengan menggunakan kamera smartphoe yang kualitas fotonya tidak sebagus dengan kamera, maka hasil gambarnya pun tidak akan maksimal. Kecuali jika smartphone yang kamu gunakan memang dikhususkan untuk foto-foto, mungkin hasilnya bisa lebih baik. Namun, lebih baik lagi jika kamu membawa kamera slr ataupun dslr sehingga kualitas gambar yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal. 

Itu dia beberapa tips dan teknik fotografi ketika kamu tengah berpergian alias traveling. Ketika kamu sudah menguasai ketujuh teknik di atas, dijamin kualitas gambar yang kamu dapatkan akan lebih memuaskan deh. Karena pengalaman itu adalah guru yang paling berharga, maka akan lebih asik dan lebih baik lagi jika pengalaman tersebut kita abadikan melalui jepretan kamera kita. Selamat mencoba! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES