7 Tanaman Liar yang Bisa Dimakan Agar Dapat Bertahan Hidup di Alam Bebas

23 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
29SHARES

Sebagai seorang traveler tentu harus memiliki skill khusus ketika sedang berpetualang. Entah skill fotografi, memasak dengan batu api, ataupun skill yang lainnya, yang jelas kamu jangan sampai tidak memiliki apa-apa ketika berpergian jauh, terutama ke alam bebas.

Nah, bagi yang berniat untuk pergi berpetualang ke alam bebas, kali ini YuKepo akan memberikan sedikit info mengenai tujuh tanaman liar yang dapat dimakan untuk dapat bertahan hidup. Penasaran? Yuk, langsung aja kita kepoin bareng!

1. Blackberry (Rubus fruticosus)

Blackberry liar yang biasa terdapat di alam bebas ini 100 persen dapat kamu makan dan tidak akan mengganggu kesehatanmu. Ciri-cirinya pun mudah dilihat, yakni memiliki cabang merah dan duri yang panjang mirip dengan mawar, daun hijaunya lebar dan bergerigi. Tanaman ini mudah sekali ditemukan pada saat musim semi di mana bunga putih bermekaran dan berada di dalam kerumunan semak-semak. Buah ini biasanya akan matang dan siap disantap pada Agustus hingga September.

2. Dandelion

Tanaman selanjutnya dapat dengan mudah kamu temukan ketika kamu mendaki gunung. Kamu bisa memakannya dengan dua cara, yakni dimakan langsung ataupun dimasak dulu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Selain bisa dimakan, tanaman ini juga kaya akan vitamin A, C, dan beta karoten.

3. Pine (Pinus)

Banyak sekali spesies pinus yang ada di dunia ini. Tanaman ini juga banyak yang bisa disantap. Selain itu, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat, lho. Caranya hampir sama dengan membuat teh, yakni dengan mendidihkan semangkuk air dan menambahkan beberapa jarum pinus ke dalam teh yang dibuat. 

4. Hop Clover (Trifolium campestre)

Tanaman liar yang cukup tumbuh subur di hutan Indonesia ini hampir setiap bagiannya dapat dikonsumsi. Bunga-bunga dari tanaman ini dapat dimasukkan ke dalam teh, bijinya yang dapat dikumpulkan dan dimakan dengan cara dipanggang atau ditumbuk untuk menjadi tepung, serta daunnya yang dapat dicampurkan dengan jus.

5. Pigweed (Amaranthus palmeri)

Tanaman liar bisa dikatakan kembarannya bayam. Seluruh bagian dari tanaman ini dapat dikonsumsi. Daun muda dapat dimakan mentah-mentah ataupun dimasak layaknya memasak bayam, tumis, dan lain-lain. Daun keringnya juga dapat digunakan untuk membuat teh, lho.

6. Bidang Pennycress (Arvense thlasp)

Salah satu tanaman gulma ini dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia. Kamu bisa langsung memakan biji dan daunnya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Tapi, satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan pernah memakan tanaman ini jika tumbuh di pinggir jalan ataupun di tanah yang telah terkontaminasi

7. Common Mullein (Verbascum thapsus)

Tanaman liar yang satu ini kaya akan vitamin B2, B5, B12, dan D, serta mengandung kolin, hesperidin, para amino benzoat asam, magnesium, dan sulfur. Meski dapat dimakan, namun biasanya sih tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit batuk dan gangguan paru-paru.

Nah, itu dia tujuh tanaman liar yang dapat kamu makan sebagai salah satu cara agar dapat bertahan hidup di alam bebas. Masih banyak lagi tanaman liar yang dapat kamu manfaatkan ketika berpetualang ke alam bebas, entah itu untuk dikonsumsi biar nggak kelaparan ataupun untuk pengobatan. Terus perdalam ilmu berpetualangmu, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
29SHARES