7 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Saat Lakukan Traveling Panjang

24 September 2017
|Robertus Ari

Ketika kamu melakukan perjalanan, sebenarnya bukan hanya sekadar menginjakkan kaki ke tanah baru, atau mencari pengalaman yang berbeda, melainkan dibalik itu semua sebenarnya ada nilai di mana kamu akan belajar tentang makna atau arti kehidupan. Karena ketika melakukan traveling yang lama, kamu akan mengalami banyak proses dan mungkin saja perspektif kamu tentang kehidupan menjadi berubah.

Lalu, apa saja pelajaran atau makna hidup yang akan kamu dapatkan ketika melakukan traveling panjang?

1. Kamu akan merasakan homesick dan kangen dengan berbagai hal yang ada di rumah

Ketika melakukan traveling membuatmu kangen dengan rumah yang sudah kamu tinggalkan lama. Kamu akan mulai mengingat kembali apa saja yang ada di rumah, bagaimana kabar tempat tinggalmu, apa kebiasaan yang biasa kamu lakukan, hingga rindu dengan keluarga.

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan panjang, kamu harus siap mental karena bisa merasakan homesick sepanjang perjalananmu.

2. Kamu akan terbiasa dengan pemasukan yang tak menentu ketika perjalanan

Traveling yang lama akan membuat pemasukan kamu menjadi terganggu. Hal ini membuatmu memutar otak, bahkan bekerja serabutan di tempat kamu melakukan traveling akan kamu lakukan demi mengisi perut sehari-hari. Namun dengan tekanan seperti ini, kamu akan lebih pintar menghemat dan mengisi kantong dengan hasil keringatmu sendiri.

3. Kamu akan lebih mampu dan pintar dalam mengatur keuangan

Tentu saja melakukan perjalanan membutuhkan biaya. Oleh sebab itu, hal ini membuatmu lebih pintar dalam mengatur keuangan dan jalani hidup sehemat mungkin demi traveling berjalan lancar.

4. Tak seperti ketika di rumah, saat traveling kamu akan rela melakukan apa saja demi menghemat pengeluaran

Mau tak mau, kamu harus bisa menekan pengeluaran sekecil mungkin ketika melakukan traveling. Mungkin seperti mencuci baju, mencuci piring, masak, dan berbagai hal yang bisa kamu lakukan sendiri, sehingga tak membutuhkan pelayanan yang ekstra atau biaya servis di tempat kamu menginap.

5. Kamu akan merasakan dan belajar bahwa terus berwisata maupun melakukan perjalanan panjang akan terasa melelahkan

Mungkin sebelumnya kamu merasakan ingin berlibur setiap hari. Namun ketika kamu sudah melakukan perjalanan dan traveling yang lama, kamu akan merasakan bahwa hal ini cukup melelahkan, dan sadar bahwa semua itu ada ukurannya sendiri-sendiri.

6. Kamu akan banyak berjumpa orang, bahkan sahabat baru

Pejalaran penting saat kamu melakukan traveling adalah, waktu yang sangat singkat saat bertemu dengan teman atau sahabat baru. Terkadang hal ini juga bisa menguras hal yang berbau emosional, apalagi jika kamu benar-benar cocok dengan dia. Ini menjadi membuatmu sadar bahwa tak ada kehidupan yang bersifat abadi.

7. Mungkin sebelumnya cuek dengan hal ini, namun ketika melakukan traveling kamu akan mulai khawatir dan lebih perhatian dengan kesehatanmu sendiri

Perjalanan yang panjang membuatmu lebih peduli dan perhatian dengan kesehatanmu sendiri. Karena kamu sadar betapa berharganya kesehatan yang kamu punya.  Sebab, sakit di negeri orang bukanlah pilihan yang tepat. Jadi, mengatur pola hidupmu dan istirahat cukup adalah salah satu tugas utama yang harus dilakukan para traveler.

Walaupun kmau merasakan banyak yang kurang menyenangkan, tapi di balik hal itu ada makna dan pelajaran berhaarga yang bisa kamu daptakan. Semoga bisa kamu ambil hikmahnya dan membuat hidupmu dan pandanganmu jadi lebih baik, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES