7 Negara yang Melarang Penggunaan Hijab di Tempat Umum, Muslim Traveler Harus Tahu

12 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Plesiran ke negara orang tentu sangat menyenangkan. Cuaca, budaya, dan bahasa yang berbeda menjadi tantangan tersendiri bagi para traveler. Meski demikian, mereka tidak menganggap perbedaan tersebut sebagai hambatan. Mereka malah senang akan hal itu karena pengalaman hidup mereka dapat bertambah.

Meski traveling ke negara orang itu mengasyikkan, namun kamu juga harus memerhatikan peraturan serta kebijakan yang berlaku di sana. Dalam hal ini, terdapat beberapa negara yang tidak mengizinkan warganya untuk menggunakan penutup kepala alias hijab di tempat umum.

Bagi kamu yang merupakan wanita muslim, kebijakan seperti ini tentu sangat merepotkan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan ke mana kamu akan pergi, ada baiknya kamu simak info tentang negara yang melarang penggunaan hijab di tempat umum. Yuk, kepo!

1. Belanda

Sejak tahun 2007, Belanda memberlakukan kebijakan bagi warga negaranya untuk menggunakan cadar di sekolah publik dan transportasi umum. Selain itu, pemerintah setempat juga melarang warganya untuk menggunakan jilbab di tempat umum mulai tahun 2016.

 

2. Spanyol

Meski pelarangan terhadap penggunaan jilbab belum diumumkan secara resmi, namun sudah ada beberapa wilayah yang memberlakukan kebijakan tersebut. Misalnya saja seperti di Kota Barcelona dan Catalonia.

3. Italia

Aturan pelarangan penggunaan jilbab di Italia sudah berlangsung sejak tahun 1970. Jika ada warga negaranya yang kedapatan menggunakan jilbab, burqa, ataupun penutup wajah lainnya di tempat umum, maka mereka akan dikenai sanksi.

4. Rusia

Beberapa wilayah di Rusia, seperti Stabropo telah memberlakukan larangan penutup wajah bagi para wanita muslim. Selain Stabropo, wilayah Ticino juga melarang penggunaan cadar di tempat umum. Jika kamu ke Russia, maka usahakanlah agar tidak plesiran ke kedua wilayah tersebut kalau nggak mau dapat perlakuan yang tidak menyenangkan.

5. Jerman

Sejak tahun 2003, Mahkamah Konstitusi Federal Jerman memberlakukan larangan penggunaan jilbab oleh guru dan pegawai pemerintah. Alasannya adalah demi keselamatan jalanan.

6. Austria

Larangan penggunaan jilbab di Austria dimulai pada tahun 2017. Sejak saat itu, pemeriksaan yang cukup ketat dilakukan bagi turis muslim yang melancong ke sana.

7. Belgia

Pemerintah Belgia melarang penggunaan cadar dan pakaian yang mengaburkan identitas seseorang di muka umum sejak tahun 2011. Pemerintah mengklaim jika menggunakan penutup wajah adalah hal yang tidak sesuai dengan aturan hukum.

Itu dia tujuh negara yang melarang penggunaan jilbab, cadar, dan sejenisnya di tempat umum. Tenang aja. Masih banyak juga kok negara yang nggak memberlakukan kebijakan kayak tujuh negara di atas. Santai.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES