7 Negara yang Kota Besarnya Nggak Jadi Ibu Kota. Lebih Menarik untuk Dikunjungi!

01 Oktober 2017
|Olphi Disya

Biasanya, kalau kita akan mengunjungi suatu negara, kita akan lebih mudah menjangkau ibu kotanya sebagai gerbang masuk wisatawan mancanegara. Tapi apakah ibu kota setiap negara pasti lebih menarik daripada kota-kota lainnya di negara tersebut?

Nah, bagi kamu yang ingin jalan-jalan mengunjungi suatu negara, mungkin bisa melihat di manakah kota besar yang dimiliki negara tersebut? Karena biasanya semakin besar dan maju kotanya maka semakin mudah pula kamu mendapatkan fasilitas terbaik sebagai traveler. Yuk, kepoin!

1. Amerika Serikat

Sebenarnya, New York adalah ibu kota AS pada 1785-1790 dan menjadi kota terbesar di tahun 1790. Jumlah penduduk di New York saat ini kurang lebih 8,5 juta jiwa. Sementara itu Washington D.C. hanya berpenduduk sekitar 600 ribu jiwa. Washington D.C. memang diperuntukan untuk urusan pemerintahan, sementara New York diibaratkan sebagai jantung modernisasi AS. Kalau kamu berkesempatan ke AS, kamu pasti lebih ingin ke New York, 'kan?

2. Tiongkok

Negara yang luas serta penduduk yang miliaran membuat Tiongkok harus memisahkan antara ibu kota administratif dengan kota metropolitannya. Beijing yang berpenduduk 22 juta jiwa adalah kota terbesar kedua di Tiongkok. Sementara itu Shanghai yang penduduknya sekitar 34 juta adalah kota terbesar di Tiongkok sekaligus di dunia. Banyak turis mancanegara yang lebih tertarik untuk ke Shanghai daripada mengunjungi Beijing. Gemerlap kotanya wow banget!

3. Uni Emirat Arab

Mungkin banyak yang mengira bahwa Dubai adalah ibu kota negara Uni Emirat Arab karena kota ini paling terkenal akan kemegahannya di semenanjung Arab. Tapi ternyata kota yang berpenduduk sekitar 2,2 juta jiwa tersebut hanyalah kota terbesar di UAE. Ibu kota sebanarnya adalah Abu Dhabi yang hanya dihuni oleh sekitar 800 ribuan jiwa sekaligus menjadi kota terbesar kedua di UAE. Makanya nggak heran kalau Dubai lebih terkenal, 'kan?

4. Brazil

Kalau kamu mengira bahwa ibu kota Brazil adalah Rio de Janeiro, kamu harus banyak baca lagi nih. Ibu kota Brazil adalah Brasilia yang penduduknya berjumlah sekitar 2,5 juta. Tapi ternyata kota terbesarnya adalah Sao Paulo yang berpenghuni sekitar 11 juta lebih penduduk. Meskipun begitu, turis mancanegara lebih senang ke pantai-pantai di Brazil, di mana Sao Paulo nggak berbatasan dengan pantai, jadi nggak begitu jadi favorit wisatwan mancanegara, deh!

5. Turki

Salah satu ota yang paling identik dengan Turki adalah Istanbul. Kota yang kaya akan sejarah peradabannya ini memang sering dikira ibu kota Turki, padahal sebenarnya adalah Ankara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa. Sementara Istanbul adalah kota besar dengan penduduk yang berjumlah lebih dari 14 juta. Padahal Istanbul adalah ibu kota jaman dulu banget. Tapi siapapun yang ke Turki pasti penasaran banget untuk menjelajah Istanbul!

6. Australia

Nama benua sekaligus negara federasi ini memang suka bikin bingung, apa sih ibu kota Australia? Sebenarnya ibu kota utama Australia adalah Canberra. Tapi sesungguhnya ibu kota yang hanya dihuni oleh sekitar 300 ribuan penduduk itu bukanlah kota besar. Australia punya Sydney yang penduduknya hampir mencapai 5 juta jiwa dan menjadikan kota ini sebagai kota terbesar di negeri kangguru. Tentu jadi daya tarik tersendiri nih bagi wisman untuk ke sana!

7. India

Siapa yang nggak tahu negara besar yang satu ini? Yap, India juga memiliki ibu kota yang nggak sepadat kota besarnya. New Delhi hanya berpenduduk 250 ribu jiwa, sementara Mumbai menjadi kota terbesarnya dengan jumlah penduduk lebih dari 12 juta orang. Padahal luas wilayah kedua kota ini nggak jauh beda. Bagi kamu yang mau ke India, mungkin bisa lebih memprioritaskan untuk ke Mumbai yang lebih meriah daripada New Delhi!

Jadi itulah ketujuh negara yang kota besarnya nggak terletak di ibu kota. Bisa jadi bahan pertimbangan kamu nih kalau berencana ke negara tersebut. Mau liburan di kota besar atau di ibu kotanya yang lebih sepi?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES