7 Maskapai Penerbangan yang Pernah Menghiasi Langit Indonesia. Kamu Udah Sempat Nyobain Belum?

01 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kalau kamu dulunya adalah anak-anak yang sering diajak jalan-jalan bersama orangtua naik pesawat, mungkin kamu nggak asing dengan beberapa nama maskapai di bawah ini. Sempat menjadi maskapai andalan, terutama untuk penerbangan domestik, ketujuh perusahaan penerbangan berikut udah nggak mengudara lagi di langit Indonesia. Yuk, bernostalgia dengan mengingat maskapai apa aja sih yang pernah terbang di cakrawala tanah air? 

1. Batavia Air

Kamu mungkin pernah dengar nama maskapai ini saat menjadi primadona maskapai yang pas bagi kelas menengah. Maskapai ini secara resmi beroperasi mulai tahun 2002 dan terus mengalami perkembangan yang baik. Selain rute domestik, Batavia Air juga memiliki rute internasional hingga Eropa yang terbilang cukup eksklusif bagi maskapai Indonesia. Tapi sayang pada 2013 Batavia Air dinyatakan pailit sehingga harus berhenti beroperasi. Pemberhentian ini pun menuai pro dan kontra di masyarakat kala itu.

2. Adam Air

Maskapai yang mulai beroperasi pada tahun 2003 ini termasuk maskapai dengan budget yang ramah di kantong. Sejak didirikan, Adam Air juga berkembang pesat hingga mendapatkan beberapa penghargaan. Namun ternyata masih ada hal yang perlu ditingkatkan Adam Air terkait keselamatan penerbangan. Maskapai ini pun diberikan waktu selama 3 bulan untuk memperbaikinya namun masih nggak ada perubahan. Pada Maret 2008, maskapai ini resmi dibekukan dan dihentikan operasi penerbangannya oleh pemerintah.

3. Bouraq Airlines

Setelah lebih dari 3 dekade menghiasi langit Indonesia, bisa dibilang Bouraq Airlines jatuh sebagai korban krisis moneter. Pertama kali beroperasi pada akhir tahun 1960-an, maskapai ini cukup sukses dengan rute domestik dan pesawatnya yang mantap. Di era reformasi, maskapai ini mengerahkan semua usahanya untuk dapat bertahan di tengah carut-marut perekonomian negara, hingga pada 2004 Bouraq berhenti beroperasi karena kalah saing dengan maskapai baru yang bermunculan di Indonesia.

4. Jatayu Airlines

Awalnya Jatayu Airlines merupakan pesawat charter yang kemudian merambah ke dunia penerbangan komersil. Maskapai ini memiliki rute penerbangan domestik maupun internasional. Jatayu Airlines juga sempat diberhentikan pada tahun 2007 dan menjadi maskapai charter untuk maskapai Adam Air yang dibekukan. Tak lama setelah itu, Jatayu Airlines ternyata belum memenuhi kelayakan jumlah pesawat untuk bisa melakukan operasi penerbangan komersil, yaitu minimal 5 pesawat.

5. Linus Airways

Sebenarnya Linus merupakan singkatan dari Lintas Nusantara. Linus sendiri merupakan sebuah perusahaan berbadan hukum perseroan (PT Linus) yang berdiri sejak 2004, namun baru mendapatkan izin terbang pada tahun 2008. Maskapai ini memiliki rute domestik yang terbilang cukup banyak. Nggak lama setelah menjadi maskapai penerbangan komersil, Linus Airways pun berhenti beroperasi pada tahun 2009 akibat masalah kesulitan likuiditas. Mulai tahun tersebut pun pemerintah mencabut izin resmi maskapai ini.

6. Indonesian Airlines

Sempat mengudara di langit Indonesia di awal abad millennium, ternyata umur Indonesian Airlines nggak berlangsung begitu lama. Maskapai ini mulai beroperasi pada tahun 2001 setelah mengantongi izin terbang pada tahun 1999. Indonesian Airlines memiliki 46 rute domestik dan cukup populer sebagai maskapai yang bagus pada masa itu. Namun di tahun 2003, maskapai ini berhenti beroperasi dan langsung menutup kantor pusatnya. Presiden direkturnya kala itu pindah tugas dan ditunjuk Dahlan Iskan untuk memipin maskapai pelat merah.

7. Sempati Air

Wajar jika kamu merasa asing dengan namanya. Sempati Air merupakan masakapai yang hadir di Indonesia selama kurang lebih 30 tahun yaitu dari tahun 1969 hingga 1998. Maskapai ini populer di era ibu bapak kita karena konon perusahaan maskapai ini juga merupakan aset keluarga Soeharto. Awalnya perusahaan maskapai ini adalah pesawat yang melayani jasa transportasi karyawan minyak. Kemudian berkembang dan berganti nama menjadi Sempati Air. Tak lama setelahnya krisis moneter melanda dan maskapai ini berhenti beroperasi.

Ternyata banyak juga ya yang gulung tikar akibat ketatnya pesaingan dan kesulitan ekonomi perusahaan penerbangannya. Jadi, maskapai mana nih yang pernah kamu cobain?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES