7 Makanan Khas India Ini Cocok Banget di Lidah Orang Indonesia. Pernah Nyobain?

31 Januari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Siapa yang suka menonton film India atau suka banget sama semua hal yang berbau Shah Rukh Khan, eh, India? Negara ini punya banyak hubungan dengan Indonesia. Termasuk salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia, pedagangnya banyak yang masuk ke Indonesia untuk menyebarkan agama Hindu, membawa budaya yang akhirnya terasimilasi dengan budaya nusantara. Salah satu hasil kebudayaan India yang patut disoroti adalah makanannya.

Makanan India kaya rempah, bermacam rasa, cocok sama lidah orang Indonesia. seperti tujuh makanan di bawah ini.

1. Naan

Kamu mungkin sudah sering melihat makanan ini di film india yang kamu tonton. Naan adalah roti tradisional berbahan tepung dan ragi. Biasanya naan dimasak dengan menggunakan oven tradisional, namun seiring perkembangan zaman, naan juga dimasak dengan oven modern. Katanya sih biasanya orang India akan memakan naan ketika sedang bosan dengan makanan pokoknya. Naan disajikan dengan ayam tandoori dan palak paneer. Jadi ini roti gurih gitu, bukan roti manis. Variasi dari naan juga ada, yaitu butter naan yang dimasak bersama mentega dalam jumlah banyak sehingga gurih dan crispy.

2. Samosa

Pernah makan pastel? Kalau di Indonesia makanan itu berbentuk setengah lingkaran, di India berbentuk segitiga. Banyak restoran India dan Timur Tengah di Indonesia menyediakan menu ini. Bahkan sekarang sudah ada variasi manisnya juga, misal samosa coklat, vanilla, keju. Kulit samosa terasa renyah dan isiannya serasa lumer di lidah. Gurih enak, manis enak.

3. Ladoo

Yang ini juga sering muncul di film-film India dan disukai pemeran anak kecil gendut serta sering dimunculkan di acara-acara perayaan atau keagamaan. Ladoo adalah  kudapan manis berbahan tepung gandum kasar dan gula. Dalam kisah Mahabaratha, ada seorang tokoh yang sangat menyenangi ladoo, ia bernama Bhima. Makanya nggak heran makanan ini sangat terkenal di India. Pada acara pernikahan, hajatan lainnya, sampai Idul Fitri juga ladoo pasti tersaji di meja orang India. Kayak apa ya rasanya?

4. Nasi Briyani

Mana suaranya yang belum kenyang kalau belum makan nasi? Bosan makan nasi putih yang gitu-gitu aja? Cobain deh nasi Briyani. Makanan ini nggak hanya dinikmati di India, tapi juga di seluruh daratan Asia Selatan seperti Pakistan, Bangladesh dan sekitarnya. Di Indonesia dan sejumlah negara lainnya juga sudah menyebar. Nasi Briyani digemari karena rasa rempahnya yang khas banget. Nggak heran, nasi ini dimasak dengan kaldu berbumbu yang dimasukkan ke panci saat beras sudah setengah matang. Kaldu rempah pun terserap ke dalam nasi. Biasanya Nasi Briyani disajikan dengan pelengkap sayuran dan daging.

5. Kulfi

Siapa yang suka makanan penutup manis-manis pasti bakal suka sama makanan semacam es krim ini. Berbahan dasar susu murni dan gula yang lalu dimasak dengan api kecil, kulfi lalu didinginkan sehingga berbentuk seperti popsicle. Bahan isiannya macam-macam, dari sirup mawar sampai buah-buahan. Enak banget!

6. Kheer

Terbuat dari beras, kheer bukan dimakan seperti nasi. Ini juga salah satu makanan penutup dari India yang kayaknya kita bisa bikin sendiri dan rasanya cocok buat lidah Indonesia. selain dari beras, kheer juga terbuat dari tepung gandum, tepung tapioka, susu, gula, kapulaga dan rempah lainnya sehingga rasanya manis tapi berempah. Setelah itu kheer dimakan dengan topping kismis, kacang mede atau almond.

7. Ayam Tandoori

Ini adalah makanan India yang sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Tandoori adalah cara memasak bahan makanan dengan bumbu yang dibuat meresap ke dalam bahan untuk kemudian dipanggang dalam oven bertemperatur sangat tinggi mencapai 300 derajat celcius. Bumbu ayam tandoori ada banyak yaitu minyak mustar, garam musala, garam bubuk, yoghurt, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bubum jinten, dan bumbu khas India yang bernama kasoori methi. Kebayang ya bagaimana nikmatnya?

Untuk orang Indonesia yang doyan banget makanan berbumbu macam-macam, makanan India cocok lah ya di lidah. Soalnya  makanan India rempahnya mirip-mirip, beberapa lebih tajam, gurih dan manisnya bisa diterima. Kamu udah pernah cobain yang mana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES