7 Makanan Ini Nggak Boleh Kamu Konsumsi Saat Berada di Pesawat

www.seatmaestro.com

Pesawat terbang menjadi salah satu moda transportasi terbaik saat ini, terutama untuk menempuh perjalanan yang sangat jauh. Dengan kehadiran moda transportasi ini, masyarakat dapat menyeberang dari satu negara ke negara lain dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, tak heran jika harga tiket untuk satu kali perjalanan dengan menggunakan moda transportasi pesawat terbang lebih mahal daripada moda transportasi lainnya. Meski relatif lebih mahal, namun masyarakat dunia tetap menjadikan pesawat terbang sebagai moda transportasi utama ketika berpergian jauh.

Para penumpang di pesawat terbang juga nyatanya nggak cuma duduk bengong doang ketika berada di pesawat. Di dalam kabin, para penumpang akan disuguhi berbagai macam fasilitas, seperti layar untuk menonton film, headset untuk mendengar lagu, dan sebagainya. Salah satu fasilitas yang ditunggu-tunggu oleh para penumpang mungkin adalah pemberian camilan atau makanan oleh para awak kabin pesawat. Lumayan kan buat nunda lapar, hehe.

Namun ternyata, nggak semua makanan yang disajikan oleh awak kabin baik buat kesehatan para penumpang, lho. Ada beberapa makanan yang sebenarnya nggak boleh dikonsumsi, namun tetap saja diberikan kepada para pemumpang,. Jenis camilan atau makanan apa sajakah itu? Berikut infonya.

1. Air mineral

www.cheatsheet.com

Pertama ada air mineral. Bukan hal yang spesial ketika para penumpang disuguhi air mineral oleh para pramugari. Nah, ketika air mineral yang kamu minum sudah habis, lebih baik jangan pernah meminta para pramugari untuk mengisi ulang air mineral milikmu. Kenapa? Karena faktanya sekitar 12 persen maskapai penerbangan komersil memiliki tangki air minum yang positif mengandung coliform. Apa itu coliform? Coliform itu sejenis bakteri yang sering ditemukan dalam kotoran manusia. Duh, menjijikan banget bukan? 

2. Yogurt

www.woolworths.com.au

Sebenarnya nggak ada masalah serius sih jika kamu memutuskan untuk menjadikan yogurt sebagai camilan ketika berada di dalam pesawat. Hanya saja tutup yogurt yang terbuat dari alumnium bisa memiliki kemungkinan untuk menggelembung dan meledak ketika berada di dalam kabin. Jadi, saat membuka kemasan yogurt, pastikan kamu melakukannya secara hati-hati dan juga usahakan untuk menjauhkannya dari orang lain. 

3. Permen karet

www.alodokter.com

Meski mengonsumsi permen karet dapat membantu pendengaran kita agar tidak ‘tuli’ ketika berada di dalam pesawat, namun ternyata efek yang ditimbulkan oleh konsumsi permen karet ini bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu. Hal itu dijelaskan oleh seorang ahli gastroenterologi bernama Dr. Robynne Chutkan.

“Permen karet bisa menyebabkan kembung karena pemanis buatannya, zat itu tak terserap dengan baik oleh usus halus jadi mengalami fermentasi di usus besar. Selain itu, selama mengunyah, kamu memasukkan banyak udara dan menghasilkan gas yang membuat kembung. Belum lagi ada efek diare karena pemanis buatannya juga,".

4. Alkohol

maphappy.org

Alkohol dikenal dapat memberikan efek dehidrasi bagi para konsumennya. Nah, ketika kamu mengonsumsi alkohol saat penerbangan, efek tersebut akan menjadi dua kali lebih buruk, lho. Hal itu disebabkan oleh kabin pesawat yang memiliki tingkat kelembapan yang rendah sehingga tubuh membutuhkan hidrasi yang cukup tinggi untuk menetralkan itu. Ketika kamu mengonsumsi alkohol, maka hidrasi yang dibutuhkan oleh tubuhmu pun akan bertambah dua kali lipat. Dengan demikian, kemungkian terkena dehidrasi saat berada di dalam pesawat pun akan semakin tinggi.

5. Jeruk dan apel
bisniscool.me

Kenapa jeruk dan apel kurang baik ketika dikonsumsi saat penerbangan? Hal itu disebabkan serat yang terkandung di dalam buah apel dapat menyebabkan kembung di perut. Sementara rasa asam yang dimiliki buah jeruk dapat menyebabkan nyeri, terutama di bagian hati. Tentu saja hal itu dapat mengganggu, terutama jika kamu tengah berada dalam perjalanan yang cukup jauh. Pasti nggak enak deh rasanya.

6. Keripik
www.khasiat.co.id

Kok mengonsumsi keripik nggak boleh sih ketika berada di dalam pesawat? Ternyata alasannya sangat amat sederhana. Suara yang ditimbulkan oleh keripik ketika dimakan dapat mengganggu para penumpang lain yang tengah beristirahat sehingga disarankan untuk membawa camilan lainnya, misalnya biskuit ataupun roti yang tidak menimbulkan suara berisik ketika memakannya.

7. Tidak makan

hyptor.com

Jangan sampai karena banyak makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat penerbangan membuat kamu memutuskan untuk tidak makan sama sekali. Selama berada di dalam pesawat, pencernaan manusia akan terasa ‘mati’ sementara dan hal itu akan menyebabkan jet lag buat tubuhmu. Agar tidak terjadi hal yang seperti itu, maka usahakanlah untuk tetap makan ketika berada di dalam pesawat. 

Itu dia makanan dan camilan yang tidak baik atau kurang baik ketika dikonsumsi saat berada di dalam pesawat terbang. Demi kenyamanan penerbanganmu, ada baiknya kamu lebih memperhitungkan makanan atau camilan apa saja yang harus dibawa ketika berada di dalam pesawat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ternyata Begini Cara Bali Merayakan Nyepi. Menepi Sementara dari Kegiatan Duniawi

Ternyata Begini Cara Bali Merayakan Nyepi. Menepi Sementara dari Kegiatan Duniawi

4 Rekomendasi Penginapan Murah Ketika Liburan di Bali, Murah-murah Cuy!

4 Rekomendasi Penginapan Murah Ketika Liburan di Bali, Murah-murah Cuy!

Kenapa Power Bank Tidak Diperbolehkan untuk Masuk ke Dalam Bagasi Kabin Pesawat?

Kenapa Power Bank Tidak Diperbolehkan untuk Masuk ke Dalam Bagasi Kabin Pesawat?

Ide Bisnis Travel Dan Ticketing Modern Fastravel

Ide Bisnis Travel Dan Ticketing Modern Fastravel

6 Negara Ini Aman Buat Cewek yang Suka Solo Traveling, Yuk Cobain!

6 Negara Ini Aman Buat Cewek yang Suka Solo Traveling, Yuk Cobain!

Tips Bawa Binatang Peliharaan Saat Traveling. Hewan Juga Kadang Butuh Piknik

Tips Bawa Binatang Peliharaan Saat Traveling. Hewan Juga Kadang Butuh Piknik

loading