7 Kuliner Khas Suroboyo Ini Dijamin Bikin Liburanmu Nggak Akan Loyo, Muantep Rek!

13 November 2017
|AiryRooms
73SHARES

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya merupakan kota yang memiliki banyak tempat bersejarah dan juga wisata alamnya yang memesona. Tak heran jika Kota Pahlawan menjadi kota tujuan para pelancong dari berbagai belahan nusantara maupun mancanegara. Kota kedua terbesar setelah Jakarta ini juga nggak cuma terkenal akan keindahan wisata alamnya saja, namun juga berbagai macam kulinernya yang menggugah selera. Rasanya kurang afdol jika mencicipi kuliner khas Surabaya kalau nggak di tempatnya langsung, Surabaya. Nah, 7 kuliner nikmat ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Pahlawan, dijamin liburanmu makin ciamik. Kira-kira apa aja ya makannya? Yuk langsung aja kita lihat!

1. Jangan sampai kamu lewatkan nikmatnya sensasi makan Nasi Krawu khas Surabaya

Saat kamu berkunjung ke Surabaya, nasi krawu harus masuk ke dalam daftar makanan yang wajib kamu coba di sana. Beralaskan daun pisang, nasi krawu terlihat begitu berwarna dengan berbagai macam lauk. Terdiri dari nasi putih hangat, irisan daging sapi, jeroan sapi (usus, paru, babat), taburan serundeng, serta sambal terasi membuat lidah seperti dimanjakan oleh kenikmatan di setiap suapnya. Tak heran jika para pelancong yang mampir ke Kota Surabaya, menjadikan nasi krawu sebagai santapan yang wajib dicoba. 

2. Rujak Cingur juga harus masuk daftar makanan yang kamu coba saat berkunjung ke Kota Pahlawan

Rujak cingur memang sudah menjadi salah satu kuliner yang identik dengan Kota Surabaya. Di sana, kamu bisa menemukan banyak warung yang menyajikan rujak cingur sebagai menu andalannya. Tidak seperti rujak pada umumnya yang hanya menggunakan buah dan sayur saja, sesuai dengan namanya, rujak cingur menggunakan cingur atau hidung kerbau sebagai bahan utamanya. Perpaduan cingur, sayuran, dan lontong yang disiram bumbu kacang dan petis ini bisa memanjakan lidah dan perut kamu. 

3. Liburanmu ke Surabaya baru bisa dibilang lengkap kalau sudah mencoba Kepiting Cak Gundul

Sudah ada sejak tahun 1992, Kepiting Cak Gundul memang menjadi salah satu tempat makan paling tersohor di Surabaya. Sesuai dengan nama warungnya, di tempat ini menu kepiting menjadi menu yang paling laris dipesan. Namun, menu yang paling populer di warung ini adalah kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Di sini kamu bisa merasakan sensasi makan kepiting dengan rasa yang bisa membuat lidahmu ketagihan. Tak hanya menyediakan kepiting saja, di warung ini juga banyak menyediakan berbagai macam makanan olahan laut seperti kerang, ikan, udang, dan cumi. 

4. Jangan lupa juga untuk menyempatkan diri mencoba gurihnya Sate Klopo

Sama seperti sate pada umumnya, sate klopo juga terdiri dari daging sapi, kambing, dan ayam sebagai bahan utamanya. Namun, yang menjadi pembeda antara sate klopo dan sate biasa adalah campuran jeroan dan lemak sapi yang membuat sate klopo lebih gurih dan mengenyangkan dibanding sate biasa. Tak hanya itu, sate klopo juga akan ditaburi parutan kelapa terlebih dahulu sebelum akhirnya dibakar. Dijamin cita rasa yang keluar dari setiap gigitannya akan membuat kamu ketagihan. 

5. Es Krim Zangrandi siap membuat hati dan pikiranmu adem di tengah teriknya Kota Surabaya

Tak hanya makanan berat saja, Surabaya juga memiliki makanan penutup yang wajib kamu coba. Es Krim Zangrandi menjadi salah satu kuliner yang populer sejak zaman dulu. Berdiri tahun 1933, es krim Zangrandi sampai saat ini tetap mepertahankan keasliannya dengan suasana tempoe doeloe yang sangat kental. Di tempat ini kamu bisa menicipi berbagai macam varian rasa es krim dengan kualitas premium. 

6. Rawon Setan yang nikmatnya kebangetan ini sudah pasti bikin lidah kamu ketagihan

Rawon memang sudah menjadi makanan yang tersebar luas di hampir seluruh nusantara. Berbeda dengan soto yang berkuah bening kekuningan, rawon memiliki kuah dengan warna hitam pekat. Dengan potongan daging sapi yang dibuat kotak seperti dadu serta dengan tambahan jeroan yang empuk ketika digigit, membuat rawon setan menjadi santapan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Surabaya

7. Saat mampir ke Surabaya, gak afdol rasanya kalau belum nyobain Nasi Goreng Jancuk. Nikmati sensasi pedasnya

Nah, buat kamu pencinta makanan pedas, mesti cobain nih makanan yang satu ini. Nasi Goreng Jancuk dikenal sebagai nasi goreng dengan porsi yang sangat jumbo. Bisa dinikmati oleh 4 sampai 5 orang. Bukan tanpa alasan kenapa makanan ini dijuluki nasi goreng jancuk. Hal ini dikarenakan nasi goreng jancuk yang dicampur banyak potongan rawit ini membuat setiap orang yang mencicipi mengatakan “Jancuk, puedes cak!.” Itulah sebabnya kenapa makanan pada nan gurih ini dijuluki Nasi Goreng Jancuk. 

Gimana? 7 kuliner khas Kota Surabaya di atas bikin ngiler banget ‘kan? Kalau masalah kuliner, Surabaya emang nggak ada duanya. Setelah seharian menjelajahi indahnya Kota Surabaya, memang paling pas untuk memanjakan lidah dengan mencicipi makanan yang ada di Ibu Kota Jawa Timur tersebut. Dengan begitu liburanmu dijamin nggak akan loyo. Agar liburanmu di Surabaya makin seru, kamu juga harus memilih tempat penginapan mana yang sekiranya nyaman dengan harga pas di kantong. 

Nah, Airy Rooms adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang ingin menginap di hotel dengan fasilitas memadai, namun dengan harga yang terjangkau.  Airy Rooms menyediakan kamar hotel murah dengan 7 jaminan fasilitas di setiap kamarnya. Tipe kamar Airy Rooms ada 3 yaitu Airy Premiere, Airy Standard, dan Airy Eco (harga ekonomis). 

Selain harga yang sudah murah, kamu juga bisa dapat menghemat kembali dengan diskon 30% untuk menginap di Surabaya. Cukup dengan memasukkan kode kupon AHM30 saat pembayaran, kamu langsung mendapat potongan harga tanpa minimum transaksi. Kamu bisa memesan kamar Airy melalui situs www.airyrooms.com atau melalui aplikasi ponsel pintar (Android dan iOS). 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
AiryRooms
Gak Punya Quote Nih!
73SHARES