7 Keseruan yang Kamu Dapat Saat ke Kalibiru. Dijamin Nggak Nyesel!

25 Oktober 2017
|Robertus Jeje
Travel
0SHARES

Nampaknya wisata Kulon Progo semakin menunjukkan pesonanya. Banyak wisata baru yang bisa kamu pilih dan nikmati seperti Kedung Pedut, Ekowisata Sungai Mudal, Hutan Mangrove, Embung Banjarroya, Air Terjun Kembang Soka, dan tentu saja wisata Kalibiru yang nggak ada duanya.

Kalibiru mulai naik daun sekitar tahun 2014 (meskipun sudah mulai dikenal sejak tahun 2008) dan hingga kini masih saja menjadi langganan banyak wisatawan lokal maupun asing. Wisata dataran tinggi ini juga menyuguhkan banyak hal menarik bagi kamu dan bikin nggak bosen ketika berkunjung.

Lalu keseruan apa saja sih yang bisa dilakukan di Kalibiru? Yuk simak ulasannya dari Yukepo ini, guys!

1. Menikmati pemandagan alam yang masih alami dan terawat

Menghabiskan waktu di tengah alam Kalibiru bisa sangat menyenangkan. Kamu juga bisa mendengarkan suara kicauan burung yang merdu, menikmati hutan yang rindang, hingga berswafoto di sana.

Sebab alam dan kelestarian Kalibiru sangat terawat yang dikelola oleh Komunitas Lingkar sekaligus sebagai pengelola hutan lindung di daerah Kulon Progo. Bahkan karena hal ini pula, ekonomi masyarakat sekitar hutan Kalibiru juga meningkat.

2. Menikmati indahnya Waduk Sermo dan Bukit Menoreh dari ketinggian

Dari ketinggian, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo yang lokasinya juga tak terlalu jauh dari Kalibiru. Mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu hijau yang membuat mata dan pikiran terasa fresh.

3. Berburu foto asik di salah satu spot foto Kalibiru

Spot foto di ketinggian memang menjadi salah satu andalan di Kalibiru. Kalau kamu datang ke sini tapi belum sempat berfoto, rasanya belum lengkap. Spot fotonya juga sangat indah, dengan pemandangan waduk, perbukitan, dan pepohonan yang melatarbelakanginya.

Namun untuk berfoto di ketinggian ini kamu perlu merogoh kocek, tapi tenang nggak mahal kok, cukup 10 ribu sampai 15 ribu saja. Namun kamu perlu antre ya, terlebih di hari libur atau weekend.

4. Kamu bisa melakukan outbond dan trekking yang menantang

Selain menikmati alam dan berswafoto, kamu juga bisa melakukan kegiatan outbond di sini. Kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti trekking jalur Kalibiru yang sudah disiapkan (panjang rute dari 2-5 KM), climbing, meniti jaring, berjalan di atas tali tambang.

Setelah itu juga ada jembatan yang bisa kamu lewati dari ketinggian, hal ini bisa cukup menantang dan memacu adrenalin kamu. Kemudian sebagai penutup, kamu bisa melakukan flying fox. Seru bukan?

5. Menikmati udara sejuk di bawah pepohonan yang rindang

Polusi perkotaan membuat kita rindu akan udara yang bersih dan sejuk. Nah hal ini juga bakal kamu dapatkan di Kalibiru. Pepohonan yang rindang, alam yang terjaga membuatmu merasa betah berlama-lama di sana. Selain itu juga ada beberapa tempat duduk, yang membuatmu merasa nyaman saat bersantai sembari menikmati alam Kalibiru.

6. Menyaksikan indahnya sunset dari ketinggian Kalibiru

Pernah menikmati sunset dari ketinggian? Kamu bisa melakukannya di Kalibiru! Datanglah sekitar pukul 4 sore. Kemudian kamu bisa jalan-jalan menikmati alam di sana. Setelah menjelang sunset, kamu bisa untuk naik ke papan kayu yang sudah disediakan di ketinggian. Menikmati sunset dari sini dijamin kamu bakal merasakan sensasi yang berbeda, terlebih pemandangannya juga sangat bagus untuk foto.

7. Kalau ingin bermalam di sana, di Kalibiru juga terdapat homestay dengan harga yang sangat terjangkau

Saat ini di Kalibiru memiliki fasilitas yang cukup memadahi seperti tempat makan hingga homestay atau pondok wisata. Ini sangat membantu kamu jika ingin bermalam dan berwisata di sana lebih lama. Kamu juga bisa datang ke desa wisata Kalibiru, gardu pandang, dan lainnya.

Untuk homestay-nya per malam juga cukup terjangkau, yakni kisaran 130 ribuan per malamnya. Tempat ini juga cukup luas, bisa menampung banyak orang hingga 100, karena biasa dijadikan tempat makrab, retreat, gathering, dan lainnya.

Bagaimana? Cukup banyak kan kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Kalibiru? Untuk alamatnya ada di Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo (40 KM dari pusat kota Jogja). Buka dari pukul 6 pagi hingga 5.30 sore. Harga tiket masuk 10 ribu dan weekend atau hari libur 15 ribu.

Tips saat berkunjung ke Kalibiru:

1. Bawalah payung atau topi karena Kalibiru merupakan kawasan terbuka dan dataran tinggi, sehingga cuaca sewaktu-waktu bisa berubah.

2. Persiapan fisik dan stamina yang baik. Karena untuk naik ke kawasan wisatanya cukup menguras tenaga.

3. Waktu terbaik datang ke sini saat pagi atau senja, di mana matahari tidak terik.

4. Terakhir bawalah air minum.

Selamat berwisata!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES