7 Kendaraan Umum dari Berbagai Negara yang Unik hingga Bikin Deg-degan! Berani Nyoba?

01 Agustus 2017
|Olphi Disya
1SHARES

Berbeda negara, berbeda pula kendaraan umumnya. Transportasi publik yang diandalkan di setiap daerah tentu bergantung pada kondisi alam dan juga budayanya. Ada yang mengandalkan transportasi di darat dengan kendaraan bermotor, ada juga yang mengandalkan transportasi air dengan tenaga manusia. Kalau traveling ketujuh negara ini, jangan lupa buat cobain kendaraan umum khas berikut ini, ya!

1. Tuk Tuk di Thailand

Inilah salah satu kendaraan umum yang sangat populer di Thailand. Hampir di setiap sudut kota kamu bisa melihat Tuk Tuk berkeliaran membawa penumpang dengan rute tertentu. Kendaraan beroda tiga ini dicat berwarna-warni dan membawa penumpang di belakangnya. Bagi pejalan kaki, kamu harus berhat-hati ketika berpapasan dengan Tuk Tuk, ya!

2. Coco Taxi di Kuba

Kenapa disebut dengan Coco Taxi? Karena bentuknya mirip dengan coconut alias buah kelapa. Kendaraan beroda tiga ini dicat berwarna mencolok dan secara sekilas tampak seperti helm dari samping. Taksi berwarna kuning ini dikhususkan untuk wisatawan yang berada di Havana dan sekitarnya, sedangkan yang berwarna hitam untuk warga lokal. Harganya? Murah dan bisa dinego!

3. House Boat di India

Kendaraan ini merupakan transportasi andalan warga sekitar Perairan Kerala, India. Jalannya yang cukup lambat cocok bagi kamu yang ingin menikmati perjalanan dan pemandangan di sekitar perairan tersebut. Konon, House Boat dibuat oleh ahlinya tanpa menggunakan model rancangan terlebih dahulu. Hebat banget, ya!

4. Gondola di Italia

Udah bukan rahasia lagi kalau Gondola di Venice, Italia merupakan kendaraan yang paling romantis, bahkan ketika kamu naik sendirian. Gondola akan mengantarmu melalui kanal-kanal dan melihat bangunan-bangunan ikonik nan cantik yang berada di sekitarnya. Terkadang, sang pendayung Gondola akan bernyanyi untuk menghibur para penumpangnya. Uh, romantis deh!

5. Habal-habal di Filipina

Kalau di Indonesia, mungkin kendaraan ini bakalan sering ditilang kali, ya. Tapi di Filipina, sepeda motor beroda dua bisa mengangkut sepuluh orang sekaligus, lho! Biasanya kendaraan ini digunakan di jalan-jalan kampung yang sempit. Nggak hanya mengangkut penumpang, tapi sopir kendaraan ini juga bersedia mengangkut barang-barang petani. Kira-kira aman nggak, ya?

6. Matatu di Kenya

Kalau di Indonesia punya angkot, kalau di Kenya punya Matatu yang mirip banget sama minibus antarkota bila disamakan dengan negara kita. Badan kendaraan ini dicat sangat atraktif sehingga para penumpang bisa mengenalinya dari jauh. Kendaraan umum ini juga akan menyetel lagu dengan volume yang kencang. Nggak hanya bentuknya yang mirip angkot, tapi juga kelakuannya yang suka ngetem!

7. Funicular di Australia

Kereta yang berjalan di tanah datar? Ah, udah biasa. Di Australia, tepatnya di Melbourne, ada kendaraan umum yang beroperasi mengangkut penumpang untuk naik dan turun gunung, lho! Pada lereng-lereng bukit dibangun sebuah rel untuk memudahkan transportasi antartempat wisata atau desa. Kemiringannya bisa mencapai 52 derajat alias seperti naik roller coaster!

Mungkin ada kendaraan yang unik banget, tapi ada juga yang bakal bikin kamu deg-degan saat menaikinya. Apa pun itu, kamu harus tetap berhati-hat,i ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
1SHARES