7 Hewan yang Sering Banget Dianggap Sepele, Tapi Wajib Dihindari Saat di Pantai

26 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
1.7 KSHARES

Angin yang semilir serta ombak yang berdesir menjadi ciri khas dari sebuah tempat wisata bernama pantai. Yap! Tempat favorit bagi banyak orang ini memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari keunikan dalam wujud garis pantainya, pasir putihnya, habitat alaminya, dan masih banyak lagi deh! Semua pantai tidak sama dengan pantai lainnya. Ada yang bisa buat berenang, ada pula yang cuma bisa buat main air di tepiannya. Itu bergantung pada faktor alami dari pantai itu sendiri.

Berkaitan dengan hal itu, siapa pun yang pergi ke pantai pasti pengen ngerasain yang namanya berenang, terlebih jika airnya itu jernih dan segar. Meski sebagian besar pantai yang notabene-nya daerah wisata itu aman untuk berenang, namun kamu tetap harus waspada, terutama pada hewan-hewan yang acap kali mengganggu para pengunjung ketika berenang di pantai.

Meski kadang kita menganggap remeh hewan-hewan yang ada di pantai, namun ketujuh hewan ini wajib banget buat kamu hidari demi keselamatan nyawamu. Hewan apa sajakah itu? Langsung aja kita kepoin bareng. Yuk, kepo!

1. Ikan Pari

Meski terlihat jinak dan keren kalau di foto, namun hewan ini dapat membahayakan kamu karena memiliki sebuah alat penyengat yang disebut stinger. Kalau terkena kulit, maka akan menyebabkan nyeri, bengkak, serta infeksi.

2. Bulu Babi

Hewan yang cukup sering ditemui di perairan Indonesia ini memiliki duri yang cukup beracun. Jika kamu tidak sengaja menginjaknya, maka kamu akan segera merasakan gatal-gatal. Salah satu cara untuk mengobati rasa gatal tersebut adalah dengan menggunakan obat antiseptik atau dengan menggunakan air seni. 

3. Ubur-Ubur

Tubuhnya yang bening terkadang membuat kita sulit untuk mendeteksi kehadirannya. Meski tampak unyu kalau difoto, namun jika kamu bertemu dengan ubur-ubur yang berbentuk menyerupai payung dengan rumbai-rumbai di bagian bawahnya, maka kamu harus waspada karena jenis ini dapat menyengat dan menimbulkan efek gatal-gatal.

4. Kutu Laut

Meski sebenarnya tidak menyerang manusia, namun kamu harus tetap waspada akan kehadiran dari kutu yang satu ini. Terlebih setelah ada berita tentang kaki dari seorang remaja di Australia yang mengalami pendarahan usai merendam kakinya di laut dalam waktu yang cukup lama.

5. Ular Laut

Bisa yang dikandung oleh ular laut itu 60 kali lebih kuat daripada ular kobra sehingga hewan yang satu ini wajib banget banget buat kamu hindari. Meski terbilang kecil dari segi ukurannya, namun bisanya dapat membuat seseorang mengalami gagal jantung!

 

6. Bulu Seribu

Bulu seribu termasuk ke dalam keluarga bintang laut. Hewan ini memiliki banyak duri yang terdapat di sekujur tubuhnya. Lazimnya, hewan ini berwarna cokelat muda atau abu. Namun, di beberapa tempat, ada pula yang berwarna mencolok. Meski tidak menyengat, namun jika kamu tidak sengaja menyentuhnya, maka kamu akan segera merasa nyeri selama berjam-jam diikuti dengan pendarahan serta mual. Untuk menghilangkan duri-duri yang menancap di tubuhmu, salah satu caranya adalah dengan melakukan pembedahan untuk mencari duri yang masih menempel agar tidak terjadi efek yang lebih serem lagi.

7. Ikan Batu

Penampakannya yang mirip dengan membuat ia sulit untuk dideteksi oleh para pemangsanya. Begitu pun oleh manusia. Ikan ini termasuk ke dalam ikan paling beracun di dunia. Habitatnya biasanya ada di bebatuan karang. Kalau kamu nggak sengaja menginjaknya, efeknya bakalan langsung terasa. Kamu akan merasa shock hingga mengalami kelumpuhan! Hal ini disebabkan oleh duri tajam yang terdapat di tubuh ikan tersebut. Selain tajam, duri tersebut juga mengandung racun. Salah satu cara yang mungkin cukup efektif untuk meminimalisir efek racunnya adalah dengan merendam bagian tubuhmu yang terkena racun yang berguna untuk menetralisisr kandungan protein yang ada pada racun tersebut.

Nah, itu dia tujuh hewan laut yang kadang dianggap remeh, tapi wajib banget buat kamu hindari. Jadi, kalau kamu lagi main ke pantai, udah tahu kan hewan mana saja yang nggak boleh kamu sentuh. Selamat main air!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
1.7 KSHARES