7 Hal yang Wajib Kamu Bawa Saat Touring Motor. Biar Selamat Sampai Tujuan!

20 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kamu hobi touring dengan motor? Atau berencana akan touring motor untuk pertama kali? Memang, pengalaman touring pertama bagi penggemar otomotif bikin susah tidur karena saking senangnya. Tapi jangan hanya renacana touring aja yang harus disiapkan, kamu juga harus memperhatikan apa aja yang bisa kamu bawa selama touring agar perjalananmu menyenangkan. Masukkan ke daftar barang bawaanmu, ya!

1. Jas hujan

Selama touring mungkin kamu nggak akan tahu kondisi cuaca yang kamu hadapi. Bisa aja siangnya terik banget tapi sorenya hujan deras. Selalu sedia jas hujan di tas atau jok motormu. Kalau bisa pilih jas hujan yang setelan baju dan celana agar nggak ribet. Selain jas hujan, kamu juga bisa lengkapi dengan jaket anti air yang nggak akan bikin kamu mudah masuk angin kalau kedinginan atau kehujanan.

2. Tool kit

Sebelum touring memang sebaiknya kamu servis motor dan melakukan pengecekan. Tapi kamu juga harus menyediakan tool kit untuk motormu kalau-kalau di jalan terjadi apa-apa. Kalau ada perbaikan minor seperti mengencangkan baut yang kendur atau mengganti part minor di motor. Biasanya tool kit bisa kamu beli di bengkel. Kalau udah bekal tool kit, ada yang bisa diperbaiki sendiri kamu nggak perlu repot ke bengkel atau mekanis kan?

3. Baju dan alas kaki yang nyaman

Mengendarai motor dalam waktu yang lama dan jarak tempuh berjam-jam memang harus mengenakan pakaian yang super nyaman. Pilih kaos yang bahannya bisa menyerap keringat dengan baik. Pakai juga jaket agar kamu nggak terpapar sinar matahari ataupun kedinginan saat malam hari. Pilih celana yang nyaman seperti jeans atau katun dan tentunya sepatu yang memang khusus premotor biar nggak mudah lecet!

4. Obat-obatan pribadi

Nggak bisa dipungkiri, ketika touring tenagamu pasti terkuras karena harus berjam-jam dan puluhan kilometer di jalan. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk membawa obat-obatan pribadi. Mulai dari obat pusing, mual, masuk angin, obat diare, maag, obat merah, plester, hingga kasa. Meskipun kamu udah yakin banget akan aman, tapi waspada dan preventif itu perlu. Pokoknya pastikan kotak P3K-mu isinya lengkap, ya!

5. Powerbank

Bagi kamu yang menggunakan GPS di handphone, ada baiknya kamu menyediakan powerbank yang telah di-charge penuh. Meskipun sinyal di jalan nggak stabil, tapi kalau lagi perlu handphone, kamu jadi nggak perlu khawatir low batt. Tapi selain mengandalkan handphone, powerbank, dan GPS digital, kamu juga perlu melengkapinya dengan peta fisik. Intinya, bawa perlengkapan gadget-mu tapi jangan lupa juga yang manualnya!

6. Uang tunai

Kalau kamu berencana touring ke luar kota dan akan melewati wilayah yang sepi penduduk, kamu harus siap bawa uang tunai. Nggak perlu banyak, kamu bisa kira-kira berapa jumlah uang tunai yang cukup untuk makan dan isi bensin. Siapa tahu di daerah yang kamu lewati akan kesulitan menemukan ATM. Maka dari itu, bawalah uang tunai secukupnya dan simpan dalam tas dengan benar!

7. Alat-alat untuk melindungi diri

Perjalanan jauh, terutama ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya tentu ada rasa was-was. Kamu bisa membekali diri dengan pisau lipat, senter, dan pemantik api. Pisau lipat umumnya tersedia dalam berbagai jenis pisau yang tajam. Selain berguna untuk pelengkap tool kit, pisau lipat juga bisa untuk melindungi diri. Kalau senter untuk penerangan di malam hari dan pemantik api bisa digunakan untuk membuat api unggun atau memasak.

Gimana? Udah persiapkan semua hal di atas? Yang penting jangan lupa baca doa dan patuhi semua aturan berkendara yang baik. Semoga selamat sampai tujuan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES